12 Tempat Wisata Keren di Takalar

Monday, March 26th, 2018 - Sulsel

12 Tempat Wisata Keren di Takalar – Kabupaten Takalar terletak antara 5031 sampai 50381 Lintang Selatan dan antara 1990221 sampai 1990391 Bujur Timur dengan luas wilayah 566,51 Km2. Keadaan Geografi wilayah Kabupaten Takalar terdiri dari pantai, daratan dan perbukitan.

Kabupaten Takalar berjarak sekira 36 km, bagian selatan Kota Makassar. Kabupaten Takalar yang menyimpan potensi sejuta pesona wisata kini berbenah diri menanti kunjungan wisatawan, beberapa tempat wisata yang harus dikunjungi oleh wisatawan sebagai berikut :

1.Pantai Punaga

Melakukan perjalanan wisata pantai memang mengasyikkan sebab pantai memberikan kesejukan angin laut, putihnya pasir dan jernihnya air. Sulawesi Selatan punya cukup banyak pantai yang keren sangat terkenal ke berbagai penjuru. Namun ada sebuah pantai bernama Pantai Punaga di Kabupaten Takalar mungkin belum banyak yang tahu. Pantai Punaga adalah sebuah kawasan wisata yang baru dikembangkan dan terletak di ujung kabupaten Takalar. Lokasinya benar–benar di ujung bila kita melihatnya pada peta, Pantai Punaga bukanlah pantai yang memiliki pasir putih melainkan sebuah pantai yang memiliki tebing batu karang cantik dipandang mata. Kawasan pantai punaga cukup mudah di jangkau, pantai punaga terletak di Kabupaten Takalar, desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang. Bila berangkat dari kota Makassar anda hanya butuh waktu 1 jam untuk sampai disana. Dari jalan poros takalar anda masuk ke kawasan puntondo karena pantai ini dekat dari puntondo.

Selama di perjalanan anda akan disuguhi pemandangan berupa padang rumput yang digunakan warga menggembalakan sapi, anda juga akan melihat warga yang asyik menata rumput laut yang akan di jemur maupun di tanam di pinggir laut. Mayoritas masyarakat disini memang bekerja sebagai pembudidaya rumput laut dan nelayan. Banyak – banyaklah bertanya kepada warga sekitar agar tidak salah jalur karena tempat ini cukup terpencil dan banyak jalan yang bercabang–cabang.

Saat sudah mendekati kawasan kira kira sepanjang 10 km anda akan melewati kawasan perkebunan disini tidak ada lagi warga yang kita temui, tetapi tidak usah khawatir karena perjalanan selanjutnya anda akan dituntun oleh petunjuk jalan yang dipasang pada setiap pertigaan menuju pantai Punaga sehingga setiap pengunjung dipastikan tidak akan tersesat selama mengikuti semua petunjuk tersebut.

Saat memasuki kawasan pantai punaga terlihat banyak pekerja yang merampungkan objek wisata ini, terlihat bahwa tempat ini sudah hampir 90% siap digunakan oleh pengunjung, biaya masuk ke tempat ini masih gratis karena belum diresmikan. Memasuki kawasan ini pengunjung disuguhi dengan tanaman yang tertata rapi, beberapa gazebo yang viewnya menghadap ke laut, beberapa buah pohon besar yang ada membuat kawasan ini sejuk walaupun di siang hari, di belakang gazebo terlihat akan dibangun kolam renang yang akan menambah nuansa keindahan tempat ini nantinya.

Pada bagian ujung pantai ini terdapat tebing besar dan cukup luas, tebing ini dipertahankan dan dibiarkan modelnya tetap alami. Saat berada di tebing ini saya sarankan sebaiknya hati–hati karena lantainya yang masih cukup tajam bagi kaki kita. Di pantai punaga tidak memiliki pasir putih tetapi air lautnya tetap jernih yang membuat siapa saja tertarik untuk mandi di ujung tebing pantai punaga, bagi pengunjung yang ingin mandi sudah disediakan beberapa anak tangga yang langsung menuju ke laut. Bila anda datang di sore hari cobalah untuk tinggal sejenak menunggu hingga datangnya cahaya orange dari matahari tenggelam. Dari lokasi ini anda dapat leluasa menikmati keindahan sunset tanpa ada yang menghalangi pandangan.

2.Pantai Bintang Galesong

Kawasan pantai ini terletak di Desa Tamalate, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 15 kilometer arah selatan dari pusat kota Makassar. Pantai ini memang terlihat sedikit berbeda dengan pantai lainnya. Suasananya masih cukup tenang.

Awalnya kawasan pantai ini tidak banyak dikenal oleh masyrakat luas. Namun setelah melakukan beberapa pengembangan dan perbaikan maka dibangunlah kawasan wisata ini menjadi sebuah sebuah tempat wisata yang menggabungkan antara konsep hotel, resort serta outbound. Beberapa fasilitas yang disediakan di tempat ini antara lain mobil ATV, taman outbound, skuter listrik, motor cross mini, sepeda listrik, kamar untuk menginap, rumah makan hingga kolam renang. Selain itu di resort ini, Anda bisa pula bermain jetski ataupun banana boat.

Tiket masuk ke kawasan wisata ini dikenakan biaya sekitar Rp 30.000 per orang pada hari biasa. Untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur tiket akan naik menjadi sekitar Rp 40.000 per orang. Bila Anda ingin menginap, disediakan pula beberapa pilihan kamar yakni standar room dengan biaya sekitar Rp 390.000 dengan dua kasur susun serta paket family room dengan biaya sekitar Rp 590.000 (empat kasur susun). Jangan khawatir setiap kamar sudah dilengkapi dengan fasilitas AC.

3.Pulau Sanrobengi, Keindahan Laut dan Pasir Putih

Pulau Sanrobengi. Pulau ini merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Desa Boddiya, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Hanya sekitar 15 menit menggunakan perahu dari dermaga Galesong Selatan, kita sudah bisa menikmati keindahan pulau ini.

Pulau Sanrobengi memiliki potensi sebagai pusat kunjungan karena selain berpasir putih kita juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan outdoor dilaut seperti berenang, menyelam, berjemur, memancing, membakar ikan dan berbagai kegiatan laut lainnya. Intinya pulau Sanrobengi ini menawarkan liburan alternative dengan kesederhanaan dan keindahan yang alami.

Satu hal lagi yang menjadi pesona daya tarik pulau ini yakni mandi cahaya dipagi hari tatkala mentari baru terbit dari ufuk timur. Kita yang memilih untuk bermalam di pulau Sanrobengi pasti tidak akan melewatkan keindahan mentari dipagi hari. Cahaya mentari pagi hari yang kita nikmati rupanya banyak mengandung vitamin D yang berfungsi membentuk dan memperbaiki tulang, penawar infeksi dan pembunuh bakteri, meningkatkan kebugaran pernafasan, kekebalan, meredam kolesterol darah, dan mengurangi gula darah.

Nuansa alami pulau ini masih sangat terjaga sebab hanya terdapat 5 rumah penduduk yang dibangun secara sederhana yang nantinya turut andil dalam menjaga pulau dari ulah tangan-tangan jahil serta terdapat satu mesjid yang sederhana. Alaminya pulau terlihat dari air laut yang ada disekitar pantai yang sangat jernih menampakkan bersihnya pasir putih didasar laut bahkan ikan-ikan yang berenang disela-selai bebatuan karang dapat terlihat sangat jelas.

4.Teluk Laikang

Teluk Laikang kini telah berubah. Dulu hanya kawasan pesisir yang kumuh, kini diubah menjadi area wisata eksotis. Laut biru, pasir putih, cottage, dan ombak menjadi satu kesatuan harmoni alam di Teluk Laikang. Keindahannya belum begitu popoler lantaran akses yang relatif masih butuh perjuangan. Lokasinya berada di kawasan pesisir barat Kabupaten Takalar.

Secara administratif, Teluk Laikang terletak di Dusun Puntondo, Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar. Ada satu spot khusus yang telah dibangun di teluk ini. Tujuannya menjadi satu lokasi wisata baru setelah sebelumnya dibiarkan tak terurus. Tak perlu banyak sentuhan sebab pada dasarnya, keindahan alam di Teluk Laikang memang telah ada. Kini dilengkapi dengan penginapan dan cottage-cottage beserta area memancing, menjadikannya lebih paripurna.

Fasilitas umum juga telah dibangun area parkir, masjid, kolam pancing, rumah singgah, serta lapangan olahraga. Jualan utamanya adalah pemandangan laut dan olahraga laut. Kawasan ini dikenal memiliki keindahan bawah laut yang relatif masih terjaga sehingga sangat cocok bagi mereka yang suka wisata bawah laut. Dari arah jalan poros Takalar-Jeneponto, untuk sampai ke Teluk Laikang, mesti menempuh jarak kira-kira 24 kilometer. Jalanan secara umum sudah layak, kendati di beberapa titik masih ada yang rusak dan berlubang. Namun panorama desa dan pantai akan mudah dijumpai dan menjadi pelengkap keindahan kawasan pesisir Takalar.

Keunggulan lain dari kawasan wisata Puntondo yang berada di Teluk Laikang ini adalah fasilitas yang disiapkan pengelola. Ada balai pertemuan dan rumah sewa yang bisa dimanfaatkan untuk menginap, Juga ada cottage tertutup yang dilengkapi dengan dua springbed kapasitas dua orang. Namun jika memilih berombongan, maka tempat yang paling cocok adalah penginapan berbentuk rumah panggung yang memang khusus disewakan bagi pengunjung baik hendak menginap atau hanya sekadar tempat mereso setelah mengitari kawasan itu.

Dari penginapan, lokasi olahraga air hanya berjarak kira-kira 400 meter. Bagi pecinta olahraga air, ada fasilitas berenang yang disiapkan oleh pengelola.

Bisa untuk olahraga diving, snorkeling, atau sekadar naik perahu keliling teluk. Jika ingin pemandu profesional, pengelola Teluk Laikang, Muh Kasim, sala satunya. Ia telah memiliki sertifiat diving. Namun jika tak butuh guide, pengunjung juga bisa melakukannya sendiri.

Jadi, buat para wisatawan, trippers, anak-anak trip, dll, yang suka mengunjungi tempat-tempat wisata jangan lupa untuk kunjungi wisata tersebut karena kabupaten takalar juga punya tempat wisatanya yang tak banyak orang ketahui. Serta masih banyak lagi tempat atau lokasi yang ada di kabupaten Takalar dapat anda kunjungi bersama teman, sahabat, dan keluarga untuk menghabisi akhir pekan anda.

5.Taman Cinta Palleko

Pemerintah Kabupaten Takalar tengah menyiapkan icon baru yang kekinian di perbatasan Takalar-Gowa, tepatnya di Taman Palleko, Kelurahan Palleko, Kecamatan Polongbangkeng Utara. Icon baru tersebut adalah taman dengan bentuk hati atau love yang akan memberikan pemandangan baru ketika memasuki kabupaten Takalar. Bupati Takalar Syamsari ketika mengunjungi taman ‘love’ menjelaskan jika taman ini di perbatasan menjadi tanda bahwa kabupaten Takalar butuh cinta. Kabupaten Takalar menurut Syamsari, perlu dibangun dengan budaya saling mencintai dan menyayangi sesama warga. Apalagi kata dia, hubungan kekerabatan antarwarga Takalar masih dekat apalagi jika masih satu desa. “Memang taman love yang kita bangun di perbatasan ini dimaksudkan untuk memberi kesan saat memasuki Takalar dan sekaligus memiliki filosofi yang dalam untuk kehidupan masyarakat kami, ya Taman Love multitafsir, tapi tafsirkanlah yang baik- baik,” ujar Syamsari. Ia menegaskan, budaya saling menyayangi juga berlaku pada seluruh aparatur di Pemkab Takalar. Para pejabat perlu mencintai pekerjaannya sehingga mereka bekerja sepenuh hati apapun amanah yang diembannya. Makanya, setiap ASN harus siap ditempatkan di mana saja di wilayah Republik Indonesia sebagai janji aparat negara. “Jika budaya saling mencintai dan sayang menyayangi tumbuh maka dengan hati yang ikhlas akan bangkit budaya saling bantu membantu, saling tolong menolong, kata peribahasa berat sama dipikul, ringan sama dijinjing,” jelasnya.

elaga Komara merupakan salah satu obyek wisata takalar yang bisa membuat anda terkagum karena obyek wisata ini memberikan banyak sekali keindahan karena telaga ini berada di antara pengunungan komara,dimana kawasan yang ada disini masih sangat asri, masih terjaga dan tentunya masih sejuk sehingga membuat orang yang datang kesini menjadi sangat nyaman, tapi ingat anda juga harus membantu menjaga kelestarian dari tempat ini agar bisa diwariskan untuk anak cucu kita kedepannya. Telaga Komara sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk menenangkan pikiran dan juga untuk merefleksi tubuh kita. Namun Wisata Telaga Komara ini masih belum diketahui banyak orang, dalam artian lain belum terpublikasi ke khalayak ramai. Wisata Telaga Komara terletak di Desa Ko’mara’, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Telaga Komara memiliki banyak sungai-sungai kecil disekitarnya yang mengalir dengan sejuk dan indahnya, maka dari itu di tempat ini terdapat beberapa air terjun kecil yang memiliki tingkatan, namun tingkatannya kecil-kecil. Air yang mengalir disini merupakan air segar dari pengunungan yang sejuk.

Selain itu banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan di telaga komara ini seperti mandi di air yang sejuk dan segar, dan menurut artikel lain yang membahas tentang telaga komara, bahwa di telaga ini anda juga bisa melakukan kegiatan memancing. Selain itu yang utama anda bisa menikmati keindahan alam yang ada disini.

Karena jalur dan keadaan alam yang ada di telaga komara takalar sangat menantang maka dari itu anda bisa melakukan kegiatan tracking disini,selain itu disini juga bisa berkegiatan panjat tebing, dan yang lebih bagusnya lagi anda bisa berkuda di sekitar daerah ini. Yang membuat petualangan anda semakin berasa dan semakin berwarna.

7.Pantai Puntondo

Sekitar 200 meter melewati gerbang, saya pun disuguhi pemandangan yang indah. Berupa rumah-rumah dengan arsitektur khas sulawesi utara. Pihak PPLH sendiri mendatangkan bangunan rumah tersebut dari Kota Minahasa Sulawesi Utara untuk dijadikan bungalow. Sementara bangunan restoran dan asrama memiliki arsitektur khas Makassar yang dipadukan gaya arsitektur eropa.  Rumah-rumah ini terdiri atas penginapan, asrama, restoran, perpustakaan, dan Putondo-takalarruang pertemuan yang dihubungkan dengan jembatan yang terbuat dari kayu. Hampir semua kamar mandi di sini tak beratap sehingga berasa seperti mandi di sumur umum. Untuk diketahui, sebelum benar-benar menikmati pemandangan di tempat ini kita perlu menemui petugas reservasi untuk mengetahui aturan dan biaya yang harus dikeluarkan. Untuk tarif masuk ke lokasi pengunjung hanya membayar Rp 15.000 termasuk mendapat sajian kopi atau teh hangat serta satu porsi keripik rumput laut. Sementara untuk bungalow pihak PPLH memasang tarif Rp. 400.000 hingga Rp.500.000 per bungalow.

Selaian bungalow, di PPLH Puntondo juga menyiapkan asrama untuk rombongan yang akan melakukan wisata sekaligus penelitian, per kamar mereka memasang tarif Rp.75.000 per orangnya. Harga tersebut tergolong murah dibanding dengan fasilitas serta ilmu pengetahuan yang dapat kita peroleh di dalam PPLH yang memiliki luas sekitar 5 hektare ini.

Di lokasi PPLH, pengunjung diwajibkan untuk ikut serta menjaga kebersihan pantai dan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, bahkan kita harus memilah dulu sampah organik dan sampah non-organik lalu membuangnya ke tempat yang sudah disediakan.

PPLH Puntondo mencoba untuk melindungi beberapa daerah dengan kondisi terumbu karang yang masih baik di Puntondo, dengan program Daerah Perlindungan Laut. Program ini bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk bersama melindungi dan menjaga terumbu yang masih ada.

8.Bendungan Bissua

Kolam permandian dan pemancingan yang sudah terkenal hingga berbagai daerah di Sulawesi Selatan Indonesia, kini sudah ditata secara apik menjadi kawasan wisata yang patut di andalkan di daerah Takalar. Berbagai sarana sudah tersedia, seperti swimming pool area, Fishing Area, Villa (Penginapan), (Mosque) Mushollah dan tempat wudhu, Paviliun (dilengkapi ruang tv, sound system dan hot spot area (wi-fi)), Kamar Mandi, (Changing area) Ruang ganti, Bungalow (Gazebo), Barbeque area (Tempat Pembakaran ikan), Jaccuzi (tempat duduk bersantai), serta Large Parking area (Area Parkir yang luas).Di tempat ini juga terdapat persewaan perlengkapan renang dengan tarif murah.

Bagi pengunjung yang selesai berenang di kolam, disediakan kamar mandi umum. Bagi pengunjung yang ingin menginap tersedia persewaan penginapan bersantai dengan tarif Rp.500.000/24 jam. dan Rp.250.000/12 jam. Objek wisata Bissua adalah tempat rekreasi keluarga yang berlokasi sekitar 14 km dari jalan pusat Pallangga, samping stadion kalegowa sebelah kiri arah menuju kampus IPDN Gowa.

Untuk Masuk bereakreasi menikmati sarana permandian dan pemancingan pengunjung cukup merogoh kantong sebesar Rp. 15.000,- (dewasa) dan Rp.10.000,- (Anak-anak). Wisata Bissua terletak sekitar 25 km dari Kota Gowa, atau kurang dari 30 km dari Kota Makassar. Perjalanan dari Kota Makassar ke Kota Sungguminasa gowa selain dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum, juga dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan sepeda motor. Selanjutnya, dari Kota Sungguminasa Gowa ke objek wisata bissua dapat ditempuh dengan menggunakan mobil angkutan pribadi, atau angkutan umum yang di carter. Total waktu perjalanan dari Kota Makassar ke Objek wisata bissua sekitar 45 menit – 1 jam. Di kawasan wisata bissua juga terdapat pemnadangan (view) waduk/bendungan pengairan bissua yang menakjubkan pengunjung.

9.Taman Wisata Rita

Kolam renang Rita memiliki beberapa fasilitas diantaranya dua buah kolam renang yang ada seluncurannya, cafe, musik, gazebo-gazebo, beberapa arena permainan serta pepohonan yang rindang sehingga pengunjung dapat menikmati udara yang sejuk dan segar. Selain tempat wisata, Galesong juga terkenal dengan produk laut yaitu telur ikan terbang dan rajungan  disamping produk-produk hasil laut yang lain.

10.Taman Sejarah Monumen Lapris Takalar

Monumen Lapris merupakan sebuah monumen yang terletak di Takalar, Indonesia. Monumen yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan dari tanah Takalar ini, menjadi satu daya wisata yang asyik untuk ditelusuri. Monumen yang berada di bukit desa Bulukunyi ini, lain dari monumen biasanya. Di mana pesona alam dan hamparan lereng pegunungan di kawasan ini tertata rapi, seakan membawa kita dekat pada suasana alam pedesaan yang sejuk dengan hamparan perbukitan alami. Monumen ini berjarak 12 km dari kota Takalar dan 50 km dari Kota Makassar.

Monumen Lapris menjadi peninggalan Laskar Pemberontak Rakyat Sulawesi (LAPRIS) pada tahun 1940-an, di bawah kepemimpinan Ranggong Dg Romo.Ranggong Dg Romo adalah seorang aktivis pejuang yang membentuk organisasi yang dikenal dengan nama Gerakan Muda Bajeng (GMB). Organisasi ini kemudian menjadi laskar perjuangan untuk melawan invasi militer jepang.

GMB adalah bagian dari terbentuknya laskar gabungan sulawesi dengan 19 organisasi perjuangan tersebar diseluruh daerah dan dikenal dengan nama Laskar Pemberontak Rakyat Sulawesi atau LAPRIS. Ranggong Dg Romo diangkat sebagai panglima LAPRIS dan memimpin hampir 100 orang prajurit pilihan.

11.Takalar Beach Waterboom

Objek wisata 15 kilometer dari Pattalassang, Ibu kota Kabupaten Takalar. Atau 50 kilometer dari Kota Makassar. Takalar Beach Waterboom objek wisata baru Kabupaten Takalar, di Desa Tope Jawa, Kecamatan Mangngarabombang.

Mau beli bibit tanaman? ada di tempat ini. Bibit mangga, jeruk, rambutan, lengkeng, dan bibit tanaman buah lainnya. Dari waterboom ini Juga Anda dapat menikmati panorama laut lepas dan sungai. Pada bagian belakang waterboom terdapat danau serta padang rumput.

Tiket Untuk masuk Rp 30 ribu per pengunjung. Selain fasilitas kolam renang dan waterboom, tersedia juga tempat karaoke, kafe, tempat bakar ikan, gazebo, dan villa untuk penginapan.

Tarif kamar vila Rp 600 ribu per malam hingga Rp 1,5 juta. Tarif gazebo Rp 50 ribu. Tersedia baju dan celana renang untuk disewa. Sewanya Rp 5000 sampai Rp 15 ribu. Takalar Beach Waterboom buka setiap hari, mulai pukul 08.00-18.00 wita.

12.Pantai Sampulungan

Pantai Sampulungan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan kini menjadi salah satu pilihan wisata alam bagi warga di sekitar Makassar.

Pantai yang disulap jadi tempat wisata ini dipadati begitu banyak pengunjung baik itu pasangan, keluarga maupun komunitas.

Pengelola wisata pantai Tina Taugi mengatakan, tempat wisata ini hampir tiap hari dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun manca negara. Tiket masuk yang terjangkau menjadi salah satu alasan untuk menjadikan Pantai Sampulangan salah satu tujuan berwisata. Berbagai fasilitas pun disediakan di tempat ini dan diberikan cuma-cuma bagi pengunujung.

Demikianlah artikel mengenai 12 Tempat Wisata Keren dan Kekinian di Kabupaten Takalar, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Tags:

Jalan menuju wisata Bissua Takalar ,jembatan bissua gowa ,jembatan bissua takalar ,taman wisata takalar ,tempat kekinian di takalar sulawesi selatan ,tempat wisata makassar kabupaten takalar ,wisata takalar
12 Tempat Wisata Keren di Takalar | Daeng Bolang | 4.5
Leave a Reply
IBX5981A64F736A4