15 Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Kota Makassar

Friday, July 28th, 2017 - Sulsel

15 Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Kota Makassar – Sahabat Traveller, Sulsel adalah surganya wisata, banyak destinasi wisata yang ada di Makassar, maupun daerah disekitarnya, misalnya di Gowa, Maros, Pangkep, Barru, Bulukumba, dll. Makassar yang terkenal dengan kuliner khasnya, pisang epe dan coto ini memiliki berbagai tempat wisata yang indah. Berada di pesisir Pulau Sulawesi, kota ini populer dengan Pantai Losarinya. Tapi ternyata Makassar masih memiliki beragam tempat wisata andalan, mulai dari pantai sampai dataran tingginya. Jangan sampai saat berada di Makassar, Anda tidak tahu harus ke mana. Agar tak menyesal karena melewatkan hal-hal menarik saat berkunjung ke Makassar nanti, berikut 15 tempat wisata di Makassar yang wajib masuk ke agenda liburan Anda:

1.Pantai Losari

Mampir ke pantai yang berada di Jalan Penghibur ini sudah menjadi kegiatan wajib bagi setiap pengunjung yang datang ke Makassar. Tempat wisata andalan ini memiliki keunikan tersendiri. Jika biasanya pantai dikenal dengan pasirnya, Pantai Losari tidak memiliki pasir. Jika Anda datang, Anda akan menemui beton di tepiannya. Tidak ada pasir bukan berarti pantai ini tak layak dikunjungi, ada banyak hal lain yang menarik dari tempat wisata ini. Di sini, Anda bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan seperti memancing, naik sepeda air atau banana boat, berlayar dengan perahu dan masih banyak lagi. Apa hal menarik lainnya dari sebuah tempat wisata? Tentu saja kulinernya. Ada banyak sajian kuliner khas Makassar yang bisa Anda nikmati di sini, mulai dari pisang epe, coto, sop konro sampai dengan es pallu butung.

2.Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam ini berada tak jauh dari kawasan Pantai Losari. Benteng ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun pada tahun 1545 oleh raja ke-9. Pada awalnya, benteng dibangun dengan menggunakan tanah liat dan putih telur, sampai kemudian bangunan disempurnakan oleh raja ke-14.

Jika dilihat dari atas, bentuk benteng ini menyerupai seekor penyu yang sedang merangkak ke arah laut. Penyu dipilih karena binatang ini dapat hidup di air dan di darat, hal ini sesuai dengan Keajaan Gowa-Tallo yang berjaya di lautan maupun daratan.

Nama awal dari benteng ini adalah ‘Benteng Ujungpandang’ sampai pada saat benteng ini jatuh ke tangan Belanda dan berganti nama menjadi Fort Rotterdam. Nama ini menjadi populer sampai sekarang. Pada zaman Belanda, benteng ini digunakan sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah hasil rampasan dari Indonesia bagian timur.

Di dalam kompleks benteng, terdapat 13 bangunan dan lima buah menara dengan sebuah menara di pintu masuk, sedangkan empat buah menara lainnya ada di setiap sudut kawasan benteng. Ada juga sebuah museum yang disebut Museum La Galigo yang berisi koleksi benda-benda sisa kebesaran kerajaan dahulu. Selain itu, ada sebuah ruangan yang diyakini sebagai tempat pengasingan Pangeran Diponegoro.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 sampai 18:00 dan gratis. Sedangkan untuk museum, Anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar 7.500 Rupiah per orang, Museum La Galigo buka setiap Selasa – Minggu, mulai pukul 08:00 sampai 12:30.

3.Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar menjadi sebuah ikon tempat wisata modern di kota ini. Dibuka pada tanggal 20 Mei 2009, Trans Studio berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektar. Di dalamnya, terdapapat 21 wahana dan empat zona permainan yaitu Studio Central, Cartoon City, Lost City, dan Magic Corner. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 10:00 sampai 19:00, kecuali pada akhir pekan dan hari libur nasional, Trans Studio Makassar buka sampai dengan pukul 21:00. Untuk tiket masuk, Anda akan dikenakan biaya sebesar 100.000 Rupiah pada hari biasa, 175.000 Rupiah pada akhir pekan dan 200.000 Rupiah saat ada event tertentu di sini.

4.Pantai Akkarena

Selain Pantai Losari yang lagi hits saat ini, objek wisata di Makassar ada juga pantai yang sudah sejak lama dibuka seperti Pantai Akkarena. Fungsi utama dari pantai ini adalah sebagai dermaga tempat berlabuhnya kapal-kapal yang mengantarkan wisatawan berkeliling di sekitar laut Makassar. Selain itu juga, di pantai ini anda bisa menikmati indahnya matahari terbenam serta mencoba fasilitas lain seperti banana boat, loker, tanam hidangan, flying fish, air jetskii dan tempat parkir yang luas.

5.Pulau Gusung

Di Makassar memang banyak pulau yang saat ini dijadikan destinasi wisata, salah satunya Pulau Gusung ini. Berletak tidak jauh dari Kota Makassar, untuk menuju kesana anda bisa melalui Dermaga Popsa dengan menyewa kapal yang hanya memakan waktu 10 menit. Tahukah anda ? Pulau Gusung awalnya adalah tanggul yang seiring berjalannya waktu menumpuk menjadi pasir putih sehingga terbentuk pulau kecil seperti saat ini.

6.Pulau Kayangan

Berwisata ke pulau kecil di tengah laut memang mempunyai sensasi yang berbeda. Melalui Dermaga Popsa, anda bisa coba menjelajahi pulau kayangan yang hanya berjararak 20 menit. Meskipun hanya pulau kecil, namun banyak fasilitas yang bisa anda nikmati disini seperti resortoran, resort maupun olahraga air ( jetsky, banana boat, dan kolam renang). Kamu juga bisa menikmati indahnya gemerlap kota Makassar melalui pulau ini disaat malam hari.

7.Pulau Lae-Lae

Dengan berpenghuni 2000 jiwa, Pulau Lae-Lae yang merupakan peninggalan jepang ini bisa anda datangi dengan motor boat dari dermaga yang berada di depan Fort Rotterdam. Tidak terlalu jauh, hanya sekitar 10 – 15 menit. Selain menyewa balai bambu untuk bersantai ria sambil menikmati indahnya pemandangan Pulau Lae-Lae, di pulau ini sebenarnya ada situs peninggalan terowongan bawah tanah saat perang dulu. Namun, kini tidak dapat dijelajahi lagi karena jalan masuknya sudah tertimbun.

8.Pulau Kodingareng Keke

Salah satu pulau tak berpenghuni, Pulau Kodingareng Keke berjarak kurang lebih 14 menit dari pusat Kota Makassar. Adapun daya pikat yang menjadikan tempat ini ramai karena air lautnya yang berwarna warni biru muda, biru toska sampai biru tua. Jadi, kalau anda pecinta snorkeling anda harus coba menyelam di sekitar pulau ini untuk menikmati pemandangan alam bawah laut dan biota laut yang mempesona dan tiada duanya. Namun, hal yang perlu anda perhatikan adalah bahwa di tempat ini tidak terdapat fasilitas apapun. Semua harus anda persiapkan sendiri sebelum berkunjung kesini seperti perbekalan makan, snorkeling, dll.

9.Pulau Samalona

Berletak cukup dekat dengan Pantai Losari, Pulau Samalona ini merupakan surganya terumbu karang seperti halnya Gili Trawangan yang ada di Lombok. Pulau ini sudah cukup terkenal di dunia, sehingga tidak heran lagi kalau ramai akan wisatawan lokal dan mancanegara yang datang hanya untuk menyelam dan menikmati indanya alam bawah laut. Jadi, kalau anda berkunjung ke Pantai Losari, wajib hukumnya untuk mencoba destinasi Pulau Samalona.

10.Desa Wisata Lakkang

Lokasi desa yang begitu asri dan sangat unik belom lagi jauh dari hiruk-pikuk kota Makassar, menjadikan desa ini ramai dikunjungi wisatawan untuk refreshing. Berletak di kecamatan Tallo, desa ini berbentuk delta karena dikelilingi oleh sungai-sungai. Selain itu, banyak objek yang memanjakan anda yang berkunjung disini yaitu seperti adanya pepohonan yang berusia tua, daerah pertanian, empang dan kawan nelayan. Dan yang tidak ketinggalan lagi adalah, adanya peninggalan bunker jepang yang berada dalam 7 titik.

11.Pantai Tanjung Bayang

Di Makassar Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati keindahan guna mengisi liburan. Di Pantai Tanjung Bayang kita bisa mendapatkan semuanya, kesenangan dan keindahan. Pantai Tanjung Bayang terletak di kelurahan Barombong, kecamatan Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan. Dari pusat kota, pantai ini hanya berjarak sekitar 4 km. Kelebihan utama pantai Tanjung Bayang karena lokasinya yang menghadap ufuk barat di selat Makassar. Hal itu membuat Anda bisa memandangi sunset sepuasnya. Matahari terbenam di pantai Tanjung Bayang merupakan hiburan favorit warga sekitar dan wisatawan yang sedang berlibur di Makassar. Menyenangkan sekali melihat matahari kemerahan mulai masuk ke garis horizon. Matahari yang disambut lautan itu membuat pemandangan di pantai Tanjung Bayang menjadi jingga. Belum lagi perahu para nelayan yang hilir mudik. Saat matahari tenggelam mereka beringsut pergi melaut.

12.Pantai Tanjung Anging mamiri

Pantai Anging Mamiri (begitulah orang menyebutnya, bukan ‘angin’). Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, sekitar 20 menit-an, dengan menggunakan motor maupun- ke arah luar kota melewati daerah Tanjung Bunga. Dari sini anda bisa terus mengarah ke wilayah kabupaten Gowa dan Takalar. Pantai Anging Mamiri ini sebetulnya adalah satu kesatuan pantai dengan tempat rekreasi pantai Akarena (yang berada sebelum pantai Anging Mamiri) kemudian pantai Tanjung Merdeka dan pantai Tanjung Bayam (yang berada setelah pantai Anging Mamiri ini). Konon, penamaan yang berbeda ini hanya disebabkan oleh perbedaan manajemen saja. Alasannya masuk akal juga, karena sebagai contoh, pengelolaan pantai anging mamiri diserahkan pada masyarakat sekitar pantai tersebut tinggal. Baik parkir, retribusi masuk maupun pondokan-pondokan yang berada di tepi pantai.

13.Pantai Tanjung Merdeka

Pantai Tanjung Merdeka Makassar berbatasan langsung dengan Pantai Barombong. Meskipun Pantai Tanjung Merdeka berada dalam kawasan Tanjung Bunga akan tetapi pantai ini diluar otoritas Town Management Tanjung Bunga dalam hal ini PT GMTD Tbk. Untuk memasuki pantai ini dari kota Makassar adalah melalui Jalan Metro Tanjung Bunga, terdapat jalan masuk yang diapit oleh dua cluster perumahan Tanjung Bunga yaitu cluster Rosewood dan cluster Blossom. Anda akan mendapati pos tempat membeli karcis sebelum memasuki pantainya.

Disekitar Pantai Tanjung Merdeka Makassar kebanyakan adalah rumah-rumah penduduk setempat yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Diantara rumah-rumah penduduk tersebut terdapat beberapa pondok atau villa-villa sederhana baik yang berbahan bangunan kayu maupun beton yang disewakan.

14.Bugis Waterpark

Bugis Waterpark makassar merupakan salah satu tujuan rekreasi wisata menarik di Kota makassar. Berlokasi di perumahan bukit baruga, Waterpark dengan konsep bugis ini Menawarkan beragam wahana permainan air yang lengkap dan patut untuk dicoba. Meyediakan kolam renang baik untuk dewasa maupun anak-anak. Tidak hanya itu, Bugis Waterpak juga menawarkan banyak wahana dan atraksi-atrakasi menarik yang semuanya seru dan meyenangkan pastinya. Wahana yang bisa dimainkan antara lain : Multislide dan free fall, body slide, black hole & rafting slide, whirpool, kidspool dan tentu masih banyak lagi. Wahana yang lengkap tentu akan sia-sia jika tidak dilengkapi fasilitas yang memadai. Namun, di Bugis Waterpark Makassar tidak perlu khawatir dengan fasilitas. Waterpark ini bahkan pernah mendapatkan penghargaan untuk fasilitas toilet yang sangat bersih.

15.Desa Nelayang Salodong

Masih dalam area pelabuhan, suasana sepi juga ditemukan di Kantor Administrasi PPI Untia & tempat pembongkaran ikan yang sebelumnya jadi lokasi audiensi Jokowi dengan para nelayan sesaat peresmian PPI Untia 26 November 2016 lalu. Dua lokasi yang bersebelahan itu sama sekali ngga ditemukan seorang pun pegawai atau staf. Akibatnya, ngak ada nelayan yang mau mengurus administrasi hasil tangkapannya. “Pokoknya mulai diresmikan dari Presiden Jokowi yang dihadiri Menteri Susi Pudjiastuti (Menteri KP) dengan sejumlah mentri daerah, PPI Untia ini enggak pernah ada kapal yang membongkar ikan hasil tangkapannya,” kata Abdul Rasyid, masyarakat Kampung Untia Salodong Hal itu dibenarkan Daud alias Rangga yang kesehariannya sebagai security bagian pintu masuk PPI Untia. Saat ditemui di pos penjagaan, Daud mengiyakan baru-baru ini, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo serta rombongan sempat menyambangi PPI Untia untuk mengecek fakta informasi yang menyebutkan nelayan ogah berlabuh di pelabuhan ikan yang diresmikan Presiden Jokowi itu.[bp]

Tags:

berwisata di kota makasar ,tempat wisata di kota makassar ,tempat wisata di makassar ,tempat wisata dimakassar yg ad ikan lumba ,tempat wisata populer di makasar
15 Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Kota Makassar | Daeng Bolang | 4.5
Leave a Reply
IBX5981A64F736A4