15 Tempat Wisata Populer Terbaik di Kabupaten Maros Sulsel

Friday, July 21st, 2017 - Sulsel, Wisata Alam, Wisata Budaya, Wisata Pantai&Laut

15 Tempat Wisata Populer Terbaik di Kabupaten Maros Sulsel – Sahabat Traveller, Pada kesempatan kali ini Berakhir Pekan Akan share artikel mengenai Obyek Wisata Terbaik Terpopuler Kabupaten Maros. Sebelumnya Telah diposting mengenai 30 Tempat Wisata Terbaik Sulsel.

Kabupaten Maros adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Maros. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.619,12 km² dan berpenduduk sebanyak 322.212 jiwa pada tahun 2011. Sejarah tentang Maros senantiasa terkait dengan keberadaan manusia pra-sejarah yang ditemukan di Gua Leang-leang, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung (sekitar 11 km dari Kota Maros atau 44 km dari Kota Makassar). Dari hasil penelitian, arkeolog menyebutkan bahwa gua bersejarah tersebut telah dihuni oleh manusia sejak zaman Megalitikum sekitar 3000 tahun sebelum Masehi (nyaris satu zaman dengan Nabi Nuh yang wafat 3043 tahun sebelum Masehi) yang selanjutnya turun-temurun atau beranak-pinak hingga saat ini. Sehingga, untaian sejarah tersebut menjadi “benang merah” tentang asal-muasal orang-orang Maros atau biasa disebut dengan istilah “Putera Daerah”.

1.Kawasan Karst Maros/Rammang-Rammang

Kawasan karst Maros kaya akan potensi alam, keanekaragaman hayati, dan budaya. Potensi alam adalah keindahan panorama alami perbukitan dan potensi speologi berupa sebaran gua-gua alam yang eksotik dan unik. Diketahui bahwa gua terdalam dan terpanjang di Indonesia berada dikawasan ini, yaitu Leang Leapute (kedalaman 260 meter) dan Leang Salukkang Kallang (panjang 12.463 meter). Di dalam gua-gua terdapat ornament-ornament gua yang indah, seperti stalagtit, stalagmite, flowstone, helektit, pilar, dan sodastraw. Menurut hasil penelitian, leang salukkang Kallang merupakan satu kesatuan dengan leang Tanette. Apabila kedua gua ini ditelusuri dari satu arah, maka panjang lorongnya mencapai 22 km dan diduga merupakan gua terpanjang di Indonesia. Wisata minat khusus juga telah dikembangkan di kawasan karst Maros sperti panjat tebing di biseang labboro, hiking di kompleks bulusaraung, camping dan outbond. Dalam kawasan ini terdapat pula batu besar yang berbentuk perahu yang menyimpan legenda yang menarik. Menurut cerita rakyat bahwa pada zaman dahulu pernah ada saudagar cina yang datang untuk melamar dan mempersunting gadis Samangki, Namun karena lamarannya ditolak akhirnya saudagar tersebut malu dan mengkaramkan perahunya yang kemudian menjadi batu. Batu tersebut terkena di masyarakat dengan julukan ” Biseang Labboro” sekaligus merupakan asal-usul nama daerah tersebut yang berarti “perahu yang terdampar/tenggelam”

2.Kawasan Obyek Wisata Bantimurung

Obyek wisata alam Bantimurung adalah salah satu obyek wisata alam Kabupaten Maros yang terletak di Kelurahan Kalabbirang Kecamatan bantimurung dan terletak di lembah bukit kapur/karst yang curam dengan vegetasi tropis yang subur sehingga selain memiliki air terjun juga menjadi habitat kupu-kupu, burung dan serangga langka. Ditahun 1856-1857 seorang naturalis Inggris yang terkemuka bernama “Alfred Russel Wallace” menghabiskan sebagian hidupnya di kawasan ini untuk menikmati dan meneliti 150 spesies kupu-kupu yang terbilang langka dan tidak dijumpai di daerah lain seperti spesies Papilio Androcles. Lokasi Obyek wisata ini dari Makassar jaraknya 40 km dengan waktu tempuh sekira 1 jam berkendara. Setiap tahunnya ratusan ribu wisatawan dari mancanegara dan Nusantara mengunjungi obyek wisata ini.

3.Gua Pattunuang

Obyek wisata Gua Pattunuang selain kaya akan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan, juga panorama alam sekitarnya sangat menawan dan Indah. Berbagai spesies flora dan fauna yang tergolong langka dapat dijumpai ditambah dengan bentangan pegunungan yang curam dan bertebing menjadikan kawasan ini sangat ideal sebagai daerah tujuan wisata petualangan, panjat tebing dan pendidikan.

4. Air Panas Rea Toa

Rea Toa adalah satu-satunya dusun yang memiliki sumber air panas yang selama ini dijadikan laboratorium alam,riset biologi dan ilmu pengetahuan oleh mahasiswa dari Universitas yang ada di Kota Makassar dan Sul-sel. Sekaligus menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat sekitar. Obyek wisata ini berjarak 35 km dari kota Maros. Bagi wisatawan yang hendak ke tempat ini, dibutuhkan guiders karena lokasinya yang cukup terpencil dan belum didukung oleh sarana transportasi yang memadai.

5. Air Terjun Pung Bunga

Obyek Wisata air terjun ini terletak di Desa Bontosomba, Kecamatan Tompobulu, sekitar 35 km dari kota Maros. Desa ini berbatasan langsung dengan objek wisata alam Malino di Kabupaten Gowa. Terletak di kaki gunung pada ketinggian 300 meter diatas permukaan laut. Air terjun ini mengalir dari puncak pegunungan. kondisi alam pegunungan tropis, udara sejuk dan tanah yang subur sangat cocok untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata potensial.

6. Pantai Kuri

Pantai Kuri adalah salah satu potensi wisat alam yang bernuansa pantai dengan hamparan pasir putih yang membentang spanjang pesisir pantai. Disekitarnya juga terdapat aktivitas nelayan yang sekaligus menambah nuansa objek wisata ini.. Pada sore hari kita dapat pula menyaksikan terbenamnya matahari. Lokasi objek wisata ini berada 20 km dari pusat kota Maros. Namun sayangnya objek wisata ini belum dikelola secara maksimal oleh Pemkab Maros. Sehingga untuk menuju ke lokasi sebaiknya menggunakan guiders dan kendaraan pribadi karena belum tersedianya transportasi yang memadai.

7.Cagar Alam Karaenta

Karaenta merupakan kawasan hutan yang dilindungi karena selain berfungsi mempertahankan cadangan air bawah tanah juga menyimpan berbagai spesies flora dan fauna sebagai sumber daya hayati yang bermanfaat untuk kepentingan penelitian.

8.Taman Prasejarah Leang-Leang

Taman Prasejarah Leang-Leang terletak pada deretan bukit kapur/karts yang curam di kelurahan kalabbirang Kecamatan bantimurung. Lokasinya dapat ditempuh sekitar 15-30 menit dari Bantimurung. Para arkeolog berpendapat bahwa beberpa goa yang terdapat di sekitar kawasan tersebut pernah dihuni manusia sekitar 3000-8000 tahun SM bukti keberadaan ini ditandai dengan lukisan prasejarah berupa gambar babi rusa yang sedang melompat, puluhan gambar telapak tangan yang ada pada dinding-dinding goa. Selain lukisan prasejarah, juga terdapat benda-benda laut yang menandakan bahwa daerah tersebut juga pernah terendam air laut.

9.Helena Sky Bridge

Helena Sky Brigdge merupakan objek wisata baru yang menawarkan tempat penangkaran kupu-kupu dengan sensasi berbeda. Sebelum melihat kelucuan kupu-kupu beterbangan, pengunjung harus melakukan tracking terlebih dahulu dari loket. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan melintasi jembatan gantung sepanjang 50 meter di lereng tebing dengan ketinggian kurang lebih 100 mdpl. Selain dapat menikmati keindahan taman nasional dari atas, mereka juga bisa melihat aneka kupu-kupu yang berada di ‘kubah raksasa’. Sebagian besar dari wisatawan yang berkunjung ke Helena Sky Bridge ini memilih untuk berlama-lama di atas jembatan. Selain menikmati alam, mereka bisa berfoto untuk mengabadikan pengalaman seru. Kamu yang takut ketinggian, tidak perlu was-was saat ingin mencoba jalur lintasanya. Petugas Helena Sky Bridge sudah menyediakan alat keamanan yang lengkap dan tentu saja memadai. Jadi, siapapun yang berjalan di jembatan bakal aman hingga sampai tujuan.10. Bantimurung Waterpark

Beberapa pekan lalu, Dinas Pariwisata Maros pun membuka dan meresmikan wahana air baru. Lokasinya masih satu kawasan dengan wisata alam Bantimurung. Bahkan air yang digunakan untuk memenuhi semua wahananya langsung dari gunung. Wahana baru ini disebut Bantimurung Waterpark, berlokasi di Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Wisata Bantimurung Waterpark Maros, Sulsel. Jika sudah sampai di gerbang Bantimurung, pengunjung akan disambut patung kera raksasa. Kera ini merupakan ikon Bantimurung.

11. Pucak Teaching Farm

Pucak Teaching farm sudah dilengkapi dengan 3 buah kolam, kolam untuk orang dewasa dua buah dan kolam untuk anak anak. Pada salah satu kolam renang yang airnya jernih terdapat seluncuran yang bisa dipakai sebagai arena bermain baik anak anak maupun orang dewasa. Selanjutnya ada juga danau yang terletak dibagian belakang PTF, pada danau tersebut terdapat bnayak ikan peliharaan, jenis ikan yang dipelihara disitu adalah ikan patin. Selanjutnya ada padang rumput dengan tumbuhan rumput dan pohon pohon jeruk dan ada beberapa kuda peliharaan yang bebas merumput disana. Disamping itu ada padang yang ditempati beberapa ekor kijang, serta ada juga kolam buayanya.

12.Air Terjun Taipa

Kabupaten Maros Merupakan daerah pegunungan yang mempunyai letak geografis yang sangat menarik, di setiap wilayah khususnya kecematan mempunyai ciri khas masing-masing. Di sebelah Timur kabupaten maros tepatnya di Ujung Desa Masale, Kecematan Tompobulu, Kabupaten Maros, terdapat empat air terjun yang dapat memanjakan mata. Pemandangan yang disajikan memberikan kesejukan, dimana merupakan maha karya ciptaan Yang Maha Kuasa. Untuk kesana anda harus memarkir kendaraan roda dua di jalanan lalu anda harus berjalan untuk menelusuri air terjun tersebut sekitar kurang lebih 2 kilometer. Tentunya menghasilkan cerita tersendiri bagi anda untuk lebih menganal alam dan isinya. Jika anda kesasar, jangan khawatir anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar. Mereka juga bisa mengantar anda untuk mencari air terjun tersebut.

13.PTB

Mendengar kata Pantai Tak Berombak kalian jangan membayangkan sebuah pantai dengan hamparan pasir putih yang indah dan melihat pemandangan matahari terbenam. Jauhkan bayangan kalian yang seperti itu. Di Sulawesi Selatan kalian dapat menemukan pantai unik selain Pantai Losari sebagai destinasi wisata favorit di Makassar. Pantai tak berombak atau akrab disebut PTB adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Maros. Sebagai penyanggah perekonomian ibukota Sulawesi Selatan. PTB menjelma menjadi daerah kuliner terbesar yang pernah ada. PTB adalah sebuah area yang memiliki kolam terbesar yang ada di maros. Yah sebuah kolam besar, bukan sebuah pantai yang ada selama ini. Menarik bukan. Di bangun pada masa pemerintahan bupati maros terdahulu. Kolam ini dulunya adalah sebuah kolam yang tidak terurus. Kolam PTB di manfaatkan oleh sebagian warga maros sebagai tempat menyalurkan hobi memancingnya. Namun muncul pemikiran untuk merelokasi semua pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalan nasional maka Pantai Tak Berombak di bangun.

14.Air Terjun Lacolla

Kabupaten Maros telah tersohor akan kecantikan alamnya. Contohnya saja deretan pegunungan karst yang membentang sampai Kab. Pangkep yang punya beberapa destinasi seperti Rammang-rammang yang menjadi wisata andalannya, selain itu ada pula Taman NasionalBantimurung-Bulusaraung dengan kerajaan Kupu-kupunya, Taman PrasejarahLeang-leang dengan lukisan cap tangan manusia purba, dan masih banyak lagi yang bisa dieksplore termasuk goa-goa eksotiknya. Namun, destinasi yang bakal saya bahas kali ini tidak lagi dalam kawasan pegunungan karst, tapi untuk menuju kesitu perlu melintasi pegunungan karst tersebut. Tenang saja sudah dibuatkan akses jalan beraspal yang cukup nyaman untuk dilalui. Poin plusnya adalah sepanjang perjalanan melintasi karst akan disuguhi pemandangan yang luar biasa keren dan juga udara yang sangat sejuk. Jalan yang melintasi pegunungan karst ini tak lain juga merupakan salah satu akses bagi masyarakat dari Makassar yang hendak menuju ke Kab. Bone.

15.Air Terjun Tujua

Kabupaten Maros Merupakan daerah pegunungan yang mempunyai letak geografis yang sangat menarik, di setiap wilayah khususnya kecematan mempunyai ciri khas masing-masing. Di sebelah Timur kabupaten maros tepatnya di Ujung Desa Masale, Kecematan Tompobulu, Kabupaten Maros, terdapat empat air terjun yang dapat memanjakan mata. Pemandangan yang disajikan memberikan kesejukan, dimana merupakan maha karya ciptaan Yang Maha Kuasa. Untuk kesana anda harus memarkir kendaraan roda dua di jalanan lalu anda harus berjalan untuk menelusuri air terjun tersebut sekitar kurang lebih 2 kilometer. Tentunya menghasilkan cerita tersendiri bagi anda untuk lebih menganal alam dan isinya. Jika anda kesasar, jangan khawatir anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar. Mereka juga bisa mengantar anda untuk mencari air terjun tersebut.[bp]

Tags:

tempat wisata di maros ,wisata maros ,tempat wisata maros ,tempat wisata di maros sulsel ,objek wisata kabupaten maros ,destinasi wisata maros ,kota maros ,tempat penelitian maros ,tempat Wisata zaman Purba Di kabupaten Bone Yang Belum Diketahui ,tempat wisata di Maros sulawesi selatan
15 Tempat Wisata Populer Terbaik di Kabupaten Maros Sulsel | Daeng Bolang | 4.5
Leave a Reply
IBX5981A64F736A4