Air Terjun Pelangi Manuju, Air Terjun Tersembunyi Dekat Dari Makassar

Tuesday, June 27th, 2017 - Sulsel, Wisata Alam

Air Terjun Pelangi Manuju, Air Terjun Tersembunyi Dekat Dari Makassar – Sahabat Traveller pada kesempatan kali ini Berakhir Pekan akan share informasi mengenai Salah Satu Air Terjun yang dekat dari Kota Makassar, yup air terjun tersembunyi di sekitaran Kota Makassar. Salah satu air terjun tersembunyi di sekitar Kota Makassar adalah air terjun pelangi yang terletak Di Dusun Pattene Desa Tamalate Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa, atau antarara Batas Desa Jonjo Kecamatan Parigi Dengan Kecamatan Manuju. Disamping disebut air terjun pelangi, air terjun ini disebut Air Terjun Cinta Manuju dan juga nama lainnya adalah Air Terjun Massimarangang. Kenapa disebut Massimangarang, konon dahulunya tempat ini menjadi tempat eksekusi mati bagi para pelaku Salimara’ atau orang yang melakukan incest.

Berwisata sudah menjadi tren. Bahkan seolah berubah menjadi life style anak muda atau bersama keluarga. Melakukan perjalanan mencari, menemukan, dan menikmati keindahan alam seakan kebutuhan; beristirahat dari kepenatan pekerjaan nyaris seminggu atau mencoba menghibur diri sendiri. Air Terjun Pelangi bukanlah pilihan terburuk untuk mengentaskan stres yang anda alami. Destinasi wisata di Kabupaten Gowa ini menawarkan pemandangan alam yang masih asri dan alami. Wajar saja, lokasi ini baru dibuka dan diperkenalkan sekitar sebulan yang lalu. Destinasi wisata ini terletak di Desa Jonjo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa. Jika dari Makassar, jarak tempuh menuju lokasi ini sekitar 60 km atau sekitar 2 jam dengan berkendara motor atau mobil. Setiba di Desa Jonjo, sebelum memasuki daerah Air Terjun Pelangi, kendaraan harus diparkir di pekarangan rumah yang dimanfaatkan warga. Biaya parkir sebesar Rp3.000. Itu belum termasuk biaya karcis masuk Rp5.000. Meski tergolong destinasi wisata baru, akses jalan menuju Air Terjun Pelangi sudah agak baik. Berkat swakelola warga desa di sana. “Biasanya kan yang dikeluhkan pengunjung itu kalau ke tempat (wisata) baru jalan masuknya yang susah, makanya itu dulu yang kita perbaiki,” tutur salah seorang warga yang ditemui di sana.

Nama pelangi untuk air terjun ini sendiri, menurut penuturan salah seorang warga asli di sana, sengaja diambil untuk menarik minat perhatian warga. Bisa jadi, keindahan pelangi juga menjadi representasi tempat wisata ini. “Sebenarnya biasa ada juga muncul pelangi di sekitar air terjun itu, makanya dinamakan Air Terjun Pelangi,” tuturnya.

Bahkan, pondok-pondok bambu tempat warga berjualan dan sebagai tempat peristirahatan pengunjung telah dibangun. Sesampai di sini, pondok sederhana sebagai tempat peristirahatan itu disewakan Rp20.000 setiap petaknya. Pun disediakan ban karet untuk berenang bagi dengan harga sewa Rp10.000.

Bagi anda yang ingin berenang diharapkan tetap hati-hati. Sebab ke dalaman air di dekat air terjun mencapai 6-7 meter. Papan peringatan di sekitar air terjun sengaja dipasang untuk mengingatkan warga maupun para wisatawan.

Lokasi Air Terjun Pelangi Gowa

  • Dusun Pattene
  • Desa Tamalate
  • Kecamatan Manuju
  • Kabupaten Gowa
  • Provinsi Sulawesi Selatan
  • KodePos: 92173

Lokasinya dalam Google Maps DISINI

Video Air Terjun Pelangi Manuju Gowa

Demikianlah artikel mengenai Air Terjun Pelangi Manuju, Air Terjun Tersembunyi Dekat Dari Makassar semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Tags:

air terjun cinta malino ,air terjun pelangi gowa ,Air Terjun Pelangi Jonjo Parigi Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan ,lokasi air terjun di kabupaten goea ,wisata tersembunyi makassar
Air Terjun Pelangi Manuju, Air Terjun Tersembunyi Dekat Dari Makassar | Daeng Bolang | 4.5
Leave a Reply
IBX5981A64F736A4