Kuburan Gua Londa Tator, Situs Budaya Fantastis di Toraja Utara

Thursday, July 20th, 2017 - Sulsel, Wisata Budaya

Kuburan Gua Londa Tator, Situs Budaya Fantastis di Toraja Utara – Sahabat Travellers, Pada kesempatan kali ini berakhir pekan akan berbagi artikel mengenai Situs Budaya Tana Toraja yang sudah kesohor, yakni Kawasan Budaya Kuburan Gua Londa di Toraja Utara. Londa terletak di desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalangi, yang berjarak 7 kilometer di sebelah selatan kota Makale, ibu kota kabupaten Tana Toraja dengan ketinggian 826 meter dari permukaan laut dengan posisi koordinat S 03°00’53.4” dan E 119°52’33.1”. Londa adalah salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan. Di dalam gua ini terdapat ratusan tengkorak dan ribuan tulang belulang yang sebagian sudah berumur ratusan tahun. Terdapat juga peti-peti mati yang masih baru. Walaupun demikian, udara di dalam gua terasa sejuk dan tidak berbau.

Goa Londa adalah kuburan pada sisi batu karang terjal, salah satu sisi dari kuburan itu berada di ketinggian dari bukit mempunyai gua yang dalam dimana peti-peti mayat/erong diatur dan dikelompokkan berdasarkan garis keluarga. Di sisi lain, daripuluhan tau-tau berjejer di depan liang kubur Londa memiliki dua gua yang dapat dimasuki oleh pengunjung. Menurut guide setempat bahwa dua gua ini sebenarnya saling berhubungan, tetapi pengunjung harus setengah merayap. Panjang gua ini sekitar 1.000 meter.

Gua Londa memiliki kisah romantik Romeo-Juliet versiToraja. Dikisahkan, ada sepasang kekasih yang dilarang berhubungan lebih lanjut dan kemudian bunuh diri. Kisah bunuh diri mereka ada dua versi. Versi pertama mengatakan mereka terjun dari tebing, tapi ada yang mengatakan mereka menggantung diri. Di gua Londa, tulang belulang sepasang kekasih ini diletakkan berdekatan.

Di atas pintu masuk goa di Londa terdapat patung-patung orang yang jenazahnya diletakkan di dalam goa. Patung-patung itu disebut tau-tau dalam bahasaToraja. Tau-tau adalah patung miniature dari jenazah yang dikuburkan di dalam gua. Hanya kalangan yang memiliki strata social tinggi yang dibuat patung miniaturnya. Tau-tau yang berusia puluhan bahkan ratusan tahun ini rawan pencurian mengingat harganya tinggi karena nilai seni dan budayanya. Dalam waktu tertentu, masyarakat Toraja datang ke Goa Londa untuk ziarah ke makam para leluhur mereka. Ketika berada di dalam goa, mereka tak hanya berdoa, melainkan juga mempersembahkan sesaji, seperti sirih, pinang, serta aneka bunga. Seringkali, mereka membawa sesaji yang diyakini sebagai kesukaan dari sang mendiang, seperti rokok, sepiring makanan, serta sebotol air putih. Tiket masuk untuk wisatawan local Rp. 10.000 dan Rp. 20.000 untuk wisatawan asing Kita dapat menyewa lampu petromaks bersama dengan pemandu lokal yang siap menemani dan memberikan penjelasan dengan membayar Rp 25.000,- Para pemandu ini biasanya masih mempunyai hubungan keluarga dengan jazad orang-orang yang diletakkan di dalam gua, sehingga mereka dapat menjelaskan kisah-kisah yang terkait dengan jenazah di tempat itu.

Londa merupakan sebuah gua alam yg difungsikan sebagai salah satu kuburan/makam dari sekian banyak makam batu oleh masyarakat Tana Toraja (Tator) Sulawesi Selatan Indonesia. Dan berumur sudah ratusan tahun, tetapi tetap masih di fungsikan hingga sekarang, hal ini terbukti masih banyak nya peti mati baru terlihat masih utuh dan bagus serta tertulis tahun kematian nya th 2010 yg di letak kan di dalam gua tersebut. Jenazah  orang meninggal ini tidak di kubur tetapi di masukan peti mati dan peti mati tersebut di letakan di dalam gua londa. Banyak sekali peti mati yg umur nya sudah puluhan bahkan ratusan tahun, dan juga banyak sekali tengkorak2 terlihat di dalam gua ini. Londa menjadi sebuah objek wisata menarik yang wajib di kunjungi apabila kita berkunjung di Tana Toraja Sulawesi Selatan. Gua nya tidak terasa pengap tetapi berhawa sejuk serta tidak berbau mayat meskipun di dalam nya terdapat banyak peti mati dan tengkorak. Ini persingahan kami terakhir sebelum meninggalkan Tana Toraja setelah hari sebelum nya kita sudah berkeliling menikmati objek wisata di Tator yg antara lain Lemo, Bori, Batu Tumonga, Kete Kesu dll. Londa terletak di Desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalangi yang berjarak sekitar 7km sebelah selatan Kota Rantepao, ibu kota Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan. Banyak celah-celah gua yg di fungsikan sebagai tempat menyimpan peti mati, yg menarik dari gua ini terdapat tengkorak sepasang kekasih yg bunuh diri karna jalinan percintaan mereka tidak di restui, hal ini di karenakan mereka masih mempunyai hubungan saudara. Yaaa ternyata kisah Romeo dan Juliet ada juga di kampung ini, tidak mengenal agama, suku dll kalo masalah cinta tak direstui, dimanapun sama. Di depan dinding pintu masuk gua terdapat banyak sekali patung2 mayat menyerupai wajah asli dari orang yg meninggal tsb. Ada tradisi disana, apabila ingin di buatkan patung seperti itu, maka harus di buatkan ritual pemotongan kerbau sebanyak 24 ekor.

Desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalangi yang berjarak sekitar 7km sebelah selatan Kota Rantepao, ibu kota Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan

Lokasi Gua Londa Toraja Utara

  • Lembang Saddan Uai
  • Kecamatan Sangalangi
  • Kabupaten Toraja Utara
  • Provinsi Sulawesi Selatan
  • Kodepos 92174

Lokasinya dalam Google Maps DISINI

Video Gua Londa Toraja Utara

Demikianlah artikel mengenai Kuburan Gua Londa Tator, Situs Budaya Fantastis di Toraja Utara semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Kuburan Gua Londa Tator, Situs Budaya Fantastis di Toraja Utara | Daeng Bolang | 4.5
Leave a Reply
IBX5981A64F736A4