Lolai, Negeri Di Atas Awan Toraja Utara Sulsel

Monday, November 7th, 2016 - Sulsel

Lolai, Negeri Di Atas Awan Toraja Utara Sulsel – Salah satu destinasi wisata yang relative baru di Toraja Utara adalah Negeri Diatas Awan Lolai. Kampung Lolai memiliki gugusan pegunungan yang beberapa puncaknya bisa dijangkau dan saat berada di lokasi tersebut tersaji hamparan awan di sekeliling puncak pegunungan di Kampung Lolai tersebut.

Untuk menjangkau tempat ini ada banyak pilihan yang kendaraan yang bias dipilih, diantara lain bisa memilih Ojek ataupun Mobil Sewaan, Kami sewaktu kesana menyewa Mobil Angkot Jurusan Rantepao – Makale,Kami Bayar atau Carter Mobil Pak Gabriel, Kami sewa Rp.300.000 dengan start di Perwakilan Bus Primadona Rantepao – Lolai – dan Pulangnya Turun di Depan Mesjid Raya Makale Tana Toraja. Pak Gabriel, sang sopir begitu ramah, dia akan mejawab pertanyaan-pertanyaan kami mengenai Toraja dan Budayanya, lumayan kan disamping sebagai sopir dia juga bisa jadi ‘guide‘ pengunjung.

obyek-wisata-lolai-lempe-toraja

lolai-toraja-utara

lolai-torut-3 lolai-torut-4 lolai-torut-5 lolai-torut-6 lolai-torut-7 lolai-torut-8 lolai-torut-9 lolai-torut-10 lolai-torut-11

Berada di puncak Lolai dengan hamparan awan yang terlihat lebih rendah dari puncak seolah kita berada negeri di atas awan. Gugusan awan putih yang dihiasi pancaran sinar matahari di balik awan menimbulkaan lanskap alam yang sangat indah di mata. Beberapa rumah Tongkonan, rumah khas warga setempat juga berada di sekitar puncak Lolai. Deretan rumah Tongkonan di kampung ini dinamai Tongkonan Lempe.

lolai-torut-2

lolai-torut-3lolai-torut-1lolai-torut-2lolai-torut-3lolai-torut-4lolai-torut-5

Teras Tongkonan bisa ditempati pengunjung bersantai sambil memuaskan diri menikmati hamparan awan putih bersama segelas kopi Toraja yang disajikan warga penghuni rumah Tongkonan tersebut.

Rumah Tongkonan milik warga kampung itu juga bisa disewa sebagai homestay wisatawan. Belum ada tarif khusus yang diatur karena Kampung Lolai “di atas awan” ini belum dikelola langsung pemerintah setempat. Sewa rumah untuk menginap di kampung tersebut berdasarkan nego dan kesepakatan saja antar pengunjung dengan pemilik rumah. Biaya parkir dan jasa lainnya pun belum diberlakukan di kampung yang sejuk dan asri ini.

Namun, pengunjung juga bisa mendirikan tenda di puncak Lolai dan bermalam di tempat jika tak ingin melewatkan suasana siang dan malam di “negeri di atas awan” yang berada di ketinggian 1300 meter dari permukaan laut (mdpl).

Meski berada di pelosok, fasilitas listrik sudah masuk di Kampung Lolai sehingga pengunjung yang membawa gadget maupun perangkat elektronik bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan pengisian beterai (charge) maupun lainnya.

Untuk berkunjung ke Kampung Lolai yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Rantepao, ibu kota Toraja Utara, pengunjung maupun wisatawan bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan umum seperti pete-pete alias angkot maupun ojek.

Data Objek Wisata Lolai

  • Tarif Masuk Lokasi: Rp. 10.000/orang
  • Kategori: Wisata Alam Pegunungan
  • Jarak Dari Makassar: 372 Km
  • Jarak Dari Makale Tana Toraja: 52 Km
  • Jarak Dari Rantepao Torut: 20 Km
  • Letak Desa Lolai kecamatan Kecamatan Kapalapitu Kabupaten Toraja Utara Provinsi Sulsel
  • Fasilitas: Penginapan (waktu kami kesana sementara dalam Tahap Pembangunan)
  • Penginapan Saat ini: Tenda Bulan Rp. 100.000/Malam, Lumbung / Tongkonan: Rp. 300.000/Malam
  • Tarif Bus Makassar Toraja Bisa Dilihat Bus yang Melayani Jalur Makassar Toraja dan Tarifnya.

Tips Menikmati Awan Di Lolai

Untuk menikmati Hamparan Awan yang bergelayut di Bawah Lolai, Maka Sebaiknya Anda Naik Sore Kemudian Nginap Di Lolai, atau Naik Jam 04.00 Subuh, Karena Keindahan Awan Akam dirasakan saat subuh atau saat Matahari Sudah Mulai mengintip dari balik gunung di arah Timur. Kebetulan waktu kami kesana kami tidak mendapatkan awan awan yang bergelayut itu, soalnya kami tiba diLolai Jam 09.00 Pagi.

Video Lolai Negeri di Atas Awan Torut

Demikianlah artikel mengenai Lolai Negeri diatas Awan Toraja Utara, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita Semua.[bp]

Tags:

negeri diatas awan toraja ,angkot makale ,sewa mobil makale ke rantepao ,penginapan di lolai toraja ,pebagunan di toraja negeri di atas awan ,nginap di negeri atas awan ,Lolai Negeri Di Atas Awan Kabupaten Toraja Utara Sulawesi Selatan 91854 ,harga wisata lolai ,harga angkot makale rantepao ,tiket masuk di negri awan tator
Lolai, Negeri Di Atas Awan Toraja Utara Sulsel | Daeng Bolang | 4.5
Leave a Reply
IBX5981A64F736A4