Patung Garuda Wisnu Kencana GWK, Mengalahkan Tingginya Patung Liberty USA

Tuesday, July 4th, 2017 - Bali, Wisata Budaya

Patung Garuda Wisnu Kencana GWK, Mengalahkan Tingginya Patung Liberty USA – Sahabat Travellers, pada kesempatan kali ini Berakhir Pekan Akan Berbagi Artikel mengenai Keindahan Patung Garuda Wisnu Kencana GWK Bali, setelah sebelumnya di Ulas mengenai Pura Luhur Ulawatu, Pantai Pandawa, Gunung Batur dan Permandian Air Panas Toya Devasya Kintamani. Mandala Garuda Wisnu Kencana atau kerap dikenal patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) digadang-gadang bakal menjadi salah satu simbol pariwisata Bali dan Indonesia. Berlokasi di Bukit Unggasan, Jimbaran, Bali, patung yang rencananya akan memiliki tinggi 126 meter dengan lebar 60 meter ini hingga sekarang masih dalam proses pengerjaan.

Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan – Jimbaran, Bali. Patung ini berdiri menjulang di dalam kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dan merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta.

Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia. Patung tersebut berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti), mengendarai burung Garuda. Tokoh Garuda dapat dilihat di kisah Garuda & Kerajaannya yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu. Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty.

Patung tersebut berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti), dan sedang mengendarai burung Garuda. Kisah Dewa Wisnu dan burung Garuda dapat dilihat di kisah Garuda & Kerajaannya yang menceritakan mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu Patung GWK diproyeksikan memiliki jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua bahkan hingga Tanah Lot. Megaproyek ini dibangun di atas lahan pribadi seluas 240 hektar milik Nyoman Nuarta yang juga menjadi kepala pengerjaan patung GWK. Menurut dia, patung GWK terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 3.000 ton. Jika pembangunannya selesai, patung ini diklaim akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat. Hingga 2015 lalu, tercatat Nyoman baru menyelesaikan patung Dewa Wisnu setinggi 23 meter, hanya bentuk tubuh dan kepala tanpa lengan, dan sebagian bagian tubuh Garuda. Kedua bagian patung tersebut hingga saat ini juga masih ditempatkan di lokasi terpisah. Namun begitu, Nyoman  pribadi menargetkan patung itu akan berdiri sempurna pada 2017 mendatang.

Berbagai komponen patung saat ini sedang dikerjakan di NuArt Galeri, workshop seluas 3 hektar milik Nyoman yang berlokasi di Bandung Utara. Sejatinya, pembangunan patung GWK sudah dimulai sejak 1997. Saat itu modal dipikul tiga pihak, yakni BUMN dan Bali Tourism Development Corporation (BTDC) sebesar 18 persen, serta sejumlah pihak swasta termasuk pematung Nyoman Nuarta sebesar 82 persen. Namun sayang, pembangunan patung langsung terhambat akibat krisis moneter yang terjadi pada 1998. Selain sempat diterjang badai krismon, pembangunan patung GWK juga sempat menyulut kontroversi. Para pemuka agama Hindu di Bali pada awalnya sempat protes dengan ukuran patung Garuda Wisnu Kencana. Sebab mereka menganggap hal itu bakal mengganggu keseimbangan spiritual di Pulau Bali. Mereka juga sempat menolak, patung itu tidak patut dijadikan objek wisata komersial karena dianggap sebagai perlambang suci. Namun, sebagian lagi mendukung dengan alasan hal itu menjadi salah satu penarik perhatian wisatawan asing supaya makin ramai datang ke Bali. Menariknya, di sela-sela masa pembangunannya hingga saat ini yangtak kunjung rampung, taman GWK kini justru beralih fungsi menjadi tempat (venue) sejumlah gelaran tinggkat nasional dan internasional.

Tercatat beberapa konser pemusik ternama dunia pernah digelar di sana. Sebut saja kelompok musik metal asal Inggris, Iron Maiden, yang tampil di depan tujuh ribu penggemarnya pada 20 Februari 2011. Lalu pada 17 Agustus tahun yang sama, kelompok musik rock asal Amerika Serikat, Paramore, pun menggelar konser di GWK. Dua tahun kemudian, gelaran ajang pencarian wanita tercantik sejagat, Miss World 2013, juga dihelat di tempat itu. Dan salah satu yang terbaru adalah gelaran Soundrenaline 2016. Sehingga memang patut dinantikan pada tahun mendatang akan seperti apa bentuk dan kemegahan GWK saat sudah selesai 100 persen. Semoga bisa terus menjadi daya tarik wisata andalanTanah Air.

Lokasi Patung Garuda Wisnu kencana Bali

  • Jl. Raya Uluwatu
  • Desa Ungasan
  • Kecamatan Kuta Selatan
  • Kabupaten Badung
  • Provinsi Bali
  • KodePos: 80364

Lokasinya dalam Google Maps DISINI

Video Patung Garuda Wisnu kencana Bali

Demikianlah artikel mengenai Patung Garuda Wisnu Kencana GWK, Mengalahkan Tingginya Patung Liberty USA semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Tags:

foto patung gwk di bali ,patung burung bali ,patung gwk ,patung gwk bali ,patung gwk merupakan simbol dari misi apa
Patung Garuda Wisnu Kencana GWK, Mengalahkan Tingginya Patung Liberty USA | Daeng Bolang | 4.5
Leave a Reply
IBX5981A64F736A4