Ragam Persiapan penting yang Harus Dilakukan Bila Ingin Mendaki Gunung

Monday, March 26th, 2018 - Umum

Kalau kita mulai merasa penat dengan rutinitas harian, berarti kita harus mencari cara yang menyenangkan melepas kepenatan tersebut. Salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa kita lakukan adalah mendaki gunung.

Aktivitas olahraga yang satu ini memang tergolong ekstrem. Namun kita bisa melakukannya secara lancar jika sudah menyiapkan kebutuhannya secara matang. Beberapa persiapan ini tidak boleh kita abaikan bila ingin perjalanan mendaki gunung berlangsung lancar:

Memilih Gunung yang Kondisinya Aman

Untuk tujuan wisata, sebaiknya kita memilih gunung yang tidak terlalu tinggi dan kondisinya aman. Sehingga kita bisa menginap dalam waktu singkat ketika mendaki gunung. Tenaga kita pun tak akan terkuras habis karena durasi perjalanan yang panjang. Utamakan memilih gunung yang ramai dikunjungi pendaki supaya karena tingkat pengamanannya pasti lebih memadai.

Berolahraga Teratur Sebelum Mendaki Gunung

Jangan mengabaikan persiapan fisik ketika ingin mendaki gunung. Karena kondisi fisik kita harus benar-benar prima agar tidak gampang sakit. Oleh sebab itu, sebaiknya kita meluangkan waktu untuk berolahraga secara teratur minimal 1 bulan sebelum mendaki gunung. Persiapan fisik yang prima akan membuat daya tahan tubuh kita lebih maksimal selama proses pendakian berlangsung.

Membawa Perbekalan Air dan Makanan yang Cukup

Persiapan logistik untuk mendaki gunung memang sangat penting. Kita wajib memastikan kalau perbekalan air dan makanan sudah disiapkan secara cermat. Berbagai jenis makanan instan seperti biskuit, minuman sereal, cokelat, dan madu merupakan sumber energi yang mudah dicerna ketika tubuh membutuhkan banyak energi. Oleh sebab itu, kita tak boleh kekurangan perbekalan makanan. Agar stamina tak mudah menurun ketika menghadapi perubahan cuaca di gunung.

Jam Tangan Sport dengan Fitur yang Lengkap

Jangan lupa menyiapkan jam tangan sport untuk kebutuhan pendakian gunung. Jam tangan sport biasanya memiliki berbagai fitur penting seperti alarm, kompas, dan stopwatch. Fitur-fitur tersebut akan membantu kita ketika membutuhkan penunjuk saat mendaki gunung.

Salah satu merek jam tangan berkualitas yang cocok untuk mendaki gunung yaitu jam tangan Expedition. Kita bisa memilih varian jam tangan Expedition sesuai kebutuhan di MatahariMall. Karena MatahariMall memiliki berbagai pilihan jam tangan Expedition yang berkualitas. Harga jam tangan yang terjangkau akan membuat kita tidak boros ketika mempersiapkan proses pendakian gunung. Jangan sampai kita melewatkan penawaran harga jam tangan Expedition yang istimewa di toko online terpercaya se-Indonesia tersebut.

Pakaian Ganti yang Nyaman

Kita membutuhkan pakaian ganti yang tebal dan nyaman saat berada di gunung. Jadi, kita tak boleh lalai menyiapkan jenis pakaian yang tepat. Jangan hanya membawa kaos. Karena kita juga membutuhkan jaket dan celana yang tebal. Pakaian tebal akan membuat tubuh tetap hangat meski cuaca di gunung sedang dingin di malam dan pagi hari.

Perlengkapan Sederhana Lainnya yang Tak Kalah Penting

Apakah kita benar-benar sudah menyiapkan perlengkapan pendakian gunung secara lengkap?

Ada berbagai benda penting lainnya yang tak boleh tertinggal saat menyiapkan perbekalan. Benda-benda sederhana seperti korek api, senter, pisau lipat, kotak P3K, tali, dan kantong plastik besar juga harus kita siapkan. Benda-benda tersebut akan mempermudah proses pendakian gunung. Sehingga kita tak akan mengalami kesulitan akibat hal-hal tak terduga yang terjadi ketika pendakian gunung.

Kalau kita sudah merasakan pengalaman menakjubkan ketika pertama kali mendaki gunung, kita pasti ketagihan ingin merasakannya lagi di lain waktu. Pengalaman mendaki gunung berkali-kali pasti membuat kita makin sigap mempersiapkan segala perbekalan.[BP]

Ragam Persiapan penting yang Harus Dilakukan Bila Ingin Mendaki Gunung | Daeng Bolang | 4.5
Leave a Reply
IBX5981A64F736A4