Situs Batu Alien, Kampung Yang Tertimbun Lahar Gunung Merapi

Friday, April 28th, 2017 - Jogja, Wisata Alam

Situs Batu Alien, Kampung Yang Tertimbun Lahar Gunung Merapi – Sahabat Traveller, pada kesempatan kali ini Kita akan membahas mengenai salah satu destinasi Wisata Lava Merapi, setelah kita membahas mengenai Bunker Kaliadem dan Museum Sisa Hartaku, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Destinasi wisata Lava Merapi lebih tepatnya Situs Batu Alien.

Erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada 2010 lalu telah menyisakan kepedihan bagi warga sekitar. Luapan awan panas dan lava panas telah menerjang wilayah sisi selatan Merapi sejauh 17 kilometer dari puncak gunung teraktif di Indonesia itu. Jejak dahsyatnya letusan Gunung Merapi bisa dilihat dari kawasan yang diterjang lava panas hampir lima tahun lalu. Satunya Anda bisa menyisir kawasan Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Kampung yang terletak di samping Kali Gendol, kali utama yang bersumber dari Gunung Merapi, menjadi saksi bisu keganasan lahar merapi tersebut.  Saat menyusuri kawasan ini, seakan mejadi kampung mati. Sebab, rumah di sebelah jalanan kampung kini tak dihuni lagi. Semua runtuh tersapu dan tertimbun dengan material hasil erupsi Merapi. Namun, ada keberkahan yang mengiringi erupsi yang menyapu 150 kepala keluarga di kampung Jambu tersebut. Salah satu yang menarik dari penanda dahsyatnya erupsi pada 5 November 2010 lalu adalah munculnya bongkahan batu besar yang disebut warga sekitar dengan ‘batu alien’.  Mendengar sebutan batu itu, tak salah pertama kali langsung menarik pendengaran. Ya batu aneh sudah pastinya. Batu besar itu terletak di tak jauh dari bibir jurang Kali Gendol.  “Batu alien ini memiliki wajah manusia, memang harus difoto agar bisa melihat ‘penampakan’ wajah dengan jelas.  Memang tampak sekilas batu itu tak ada yang unik. Hanya bongkahan batu besar di sebuah ketinggian. Namun, saat kami menuruti saran pemandu tersebut, dan mengeceknya, maka memang batu itu terlihat seakan memiliki mata, telinga dan mulut. Dari sisi kanan, maka penampakan wajah akan terlihat setelah melihat hasil foto kamera digital ataupun ponsel dengan seksama. Slamet mengatakan memang awalnya tak diketahui adanya keistimewaan penampakan aneh tersebut. Saat itu warga merasa biasa saja.  Namun, begitu ada penampakan wajah, maka warga kemudian menamai batu alien kepada batu tersebut.

Ihwal nama alien, kata Slamet, itu pun sebenarnya plesetan saja. Warga lokal awalnya menyebut itu adalah batu ‘alihan’ dalam bahasa Jawa. Jika diartikan pada bahasa Indonesia maksudnya adalah batu pindahan dari puncak Merapi yang telah terseret sejauh 7 kilometer hingga sampai kampung Jambu. Keunikan batu itu tak sampai di situ saja. Selain berpenampakan wajah alien, batu itu juga berpenampakan kepala singa. Slamet menunjukkan pada arah sebaliknya wajah alien, batu besar tersebut menampakkan kepala singa. Sama seperti sebelumnya, Slamet menyarankan untuk melihat penampakan itu, lebih baik melalui foto kamera ponsel atau perangkat lainnya.  Hasilnya pun muncul. Saat difoto, penampakan wajah singa terlihat dari arah belakang kepala alien. Pada ujung batu tampak ada hidung dan mulut singa dilengkapi dengan rambut sang raja hutan tersebut. Slamet juga menjelaskan Kali Gendol yang ada di dekat batu alien itu juga terdampak oleh erupsi. Ia mengatakan kedalaman kali yang berisi pasir dan material alami itu awalnya mencapai 90-an meter. Namun, setelah erupsi, kedalaman sungai tinggal 20-50-an meter.

Batu-batu yang bertebaran ini adalah saksi dari erupsi Merapi tahun 2010 silam. Bisa dibayangkan batu-batu sebesar rumah, mobil berterbangan bagaikan batu kecil yang kita lempar dari tangan kita menjadi bukti maha dahsyatnya kekuatan Tuhan yang diwakilkan oleh alam buatan-Nya. Dari batu-batu besar yang terhampar terdapat sebuah batu yang memiliki keunikan sehingga banyak orang ingin melihat serta mengabadikannya. Bentuknya menyerupai wajah manusia yang sedang menangis dengan kedua bola matanya melengkung menunjukkan kesedihan. “Warga di sini menyebutnya batu alien, karena memiliki keunikan menyerupai wajah seorang manusia. Sama sekali tidak ada hubungannya dengan alien. Penamaan alien untuk memudahkan bagi wisatawan ketika melihat batu tersebut”, ungkap Margono warga sekitar Kali Gendol. Pemilihan nama alien pada batu tersebut sangat berpengaruh pada tingkatan kunjungan wisatawan di dusun kami karena penasaran dengan batu tersebut banyak dari para tamu kembali lagi membawa teman-temannya untuk melihat fenomen alam ini.

Lokasi Batu Alien ini dulunya pemukiman penduduk, kini kondisinya sudah luluh lantah rata dengan tanah akibat tertutup jutaan meter kubik material dari Gunung Merapi. Batu Alien tidak sendirian saja teronggok, masih terdapat banyak bebatuan lain yang juga dilontarkan dari dalam Gunung Merapi.  Bagi teman-teman yang ingin berwisata di batu alien ini dapat menggunakan layanan jeep wisata maupun trail yang siap melayani perjalanan menikmati Batu Alien dan hamparan batu-batu besar material erupsi Merapi.

Disarankan untuk berkunjung di waktu pagi hari karena cuaca langit di sekitar merapi sangat cerah sehingga para wisatawan dapat melihat Gunung Merapi secara keseluruhan. Jangan lupa untuk membawa masker hidung maupun topi dikarenakan rute yang dilewati menghasilkan debu yang banyak serta berbahaya bagi pernapasan anda semuanya.

Untuk mengunjungi destinasi bekas amukan lava Gunung Merapi, kita bisa mengikuti lava tour. Dengan membayar mulai Rp. 350 ribu per jeep, 1 jeep berisi 5 dewasa, kita udah bisa merasakan serunya off road ke Merapi. 1,5 jam kami mengelilingi Merapi. Ke batu alien, museum ini omahku merupakan saksi bisu kehebatan Merapi. Yang pasti Merapi menawarkan pemandangan alam yang luar biasa.

Lokasi Wisata Situs Batu Alien

  • Dusun: Jambu
  • Desa/Kelurahan: Kepuharjo
  • Kecamatan: Cangkringan
  • Kab/Kota: Sleman
  • Provinsi: Jogjakarta

Lokasinya dalam Google Maps DISINI

Video Suasana Wisata Situs Batu Alien

Demikianlah artikel mengenai Situs Batu Alien, Kampung Yang Tertimbun Lahar Gunung Merapi semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Tags:

batu alien ,sejarah batu alien ,deskripsi batu alien jogja ,batu alien gunung merapi ,sejarah batu alien lavatour ,sejarah batu alien merapi ,asal usul adanya rumahku dan batu aliyen d gunung merapi kaliurang ,sejarah batu elien yogyakarta ,tentang batu alien ,penjelasan tentang batu alien
Situs Batu Alien, Kampung Yang Tertimbun Lahar Gunung Merapi | Daeng Bolang | 4.5
Leave a Reply
IBX5981A64F736A4