Wisata Museum Sisa Hartaku, Saksi Bisu Keganasan Lahar Gunung Merapi

Sunday, January 7th, 2018 - Jogja

Wisata Museum Sisa Hartaku, Saksi Bisu Keganasan Lahar Gunung Merapi – Sahabat Travellers, pada kesempatan kali ini Berkahir Pekan akan share informasi mengenai Destinasi Wisata Unik di Lereng Gunung Merapi.  Gunung Merapi pernah meletus dahsyat beberapa tahun silam. Saksi bencana ini masih bisa ditemui traveler di Museum Omahku Memoriku atau Mueseum Sisa Hartaku. Terdapat beberapa destinasi yang kami kunjungi saat Lava Tour Merapi diantaranya adalah Bunker Merapi, Batu Alien dan Museum Omahku Memoriku. Destinasi yang disebutkan paling terakhir adalah yang paling memberikan kesan mendalam bagi kami.

Museum yang terletak di bekas Dusun Petung (disebut bekas dusun, karena paska erupsi, warga dilarang untuk kembali menempati dusun ini), Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta ini menjadi saksi bisu dikala Gunung Merapi sedang meluapkan amarahnya. Museum yang dulunya adalah bekas rumah Mbah Lurah Petung ini dapat disaksikan aneka bekas peralatan rumah tangga yang kini ditata dengan rapi. Mulai dari sendok, termos, sepeda motor yang tinggal rangka serta sisa tulang belulang hewan ternak dapat disaksikan disini.

Erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 yang memakan banyak korban jiwa manusia, hewan-hewan ternak dan mengubur ratusan rumah. Selama memandu kami, beliau bisa menceritakan secara detail tiap kejadian yang terekam dalam bingkai foto-foto yang terpajang di dinding rumah tak beratap ini. Bagi sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke museum ini, ada satu barang yang menjadi favorit, yaitu jam dinding bekas yang hangus terbakar. Jarum jam menunjukkan saat kejadian awan panas menghanguskan rumah tesebut.

Tapi bagi saya pribadi ada yang lebih menjadi favorit daripada jam dinding bekas itu, yaitu mushaf Al Quran yang tersimpan di dalam lemari kaca. Di lemari ini saya menyaksikan beberapa mushaf Al Quran yang masih utuh keberadaannya, walaupun pada bagian cover ada yang rusak namun tidak dengan isi di dalamnya. Hal ini tentunya membuat saya terus bertanya-tanya dalam hati, bagaimana mungkin ini bisa terjadi? Padahal menurut referensi yang saya baca, awan panas yang dimuntahkan Gunung Merapi sewaktu meletus memiliki suhu mencapai 600 derajat celcius atau enam kali panas air mendidih. Bagaimana mungkin dengan suhu sepanas itu mushaf-mushaf berisikan Kalam Allah ini tidak terbakar? Melihat bukti nyata di Museum Omahku Memoriku ini semakin memberikan kesan mendalam bagi saya bahwa di balik sebuah bencana, Tuhan selalu memperlihatkan kebesaran dan kuasa-Nya, Ia tetap menjaga kalam-Nya. Bagaimana Tertarik untuk datang ketempat ini?

Untuk mengunjungi destinasi bekas amukan lava Gunung Merapi, kita bisa mengikuti lava tour. Dengan membayar mulai Rp. 350 ribu per jeep, 1 jeep berisi 5 dewasa, kita udah bisa merasakan serunya off road ke Merapi. 1,5 jam kami mengelilingi Merapi. Ke batu alien, museum ini omahku merupakan saksi bisu kehebatan Merapi. Yang pasti Merapi menawarkan pemandangan alam yang luar biasa.

Lokasi Wisata Museum Sisa Hartaku

  • Dusun: Petung
  • Desa/Kelurahan: Kepuharjo
  • Kecamatan: Cangkringan
  • Kab/Kota: Sleman
  • Provinsi: Jogjakarta

Lokasinya dalam Google Maps DISINI

Video Suasana Wisata Museum Sisa Hartaku

Demikianlah artikel mengenai Wisata Museum Sisa Hartaku, Saksi Bisu Keganasan Lahar Gunung Merapi semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Wisata Museum Sisa Hartaku, Saksi Bisu Keganasan Lahar Gunung Merapi | Daeng Bolang | 4.5
Leave a Reply
IBX5981A64F736A4