15 Tempat Wisata di Kabupaten Pinrang Paling Populer Tahun 2022

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pinrang Paling Populer Tahun 2022 – Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Berakhir Pekan akan berbagi artikel mengenai 15Tempat Wisata Paling Populer di kabupaten Pinrang terbaru 2022. Kabupaten adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kabupaten ini terletak 185 km dari Kota Makassar arah utara yang berbatasan dengan kabupaten Polewali Mandar, provinsi Sulawesi Barat. Luas wilayah kabupaten Pinrang yakni 1.961,77 km² dan terbagi ke dalam 12 kecamatan, yang meliputi 68 desa dan 36 kelurahan serta terdiri dari 86 lingkungan dan 189 dusun. Pada tahun 2021, jumlah penduduk kabupaten Pinrang sebanyak 407.882 jiwa, dengan kepadatan 208 jiwa/km2.

15 Tempat Wisata Pinrang Terbaru

1. Pantai Ujung Tape

Tempat wisata di Pinrang selanjutnya adalah Pantai Ujung Tape. Anda bisa menikmati keindahan sunset pada saat matahari telah beranjak pulang. Batu batu karangnya tak kalah menarik untuk dijadikan spot anda berpose. Berswafoto anda akan puas karena banyak spot yang menarik dan intagramable. Selain pemandangannya yang menggagumkan anda juga tak perlu khawatir akan fasilitas yang telah memadai.

2. Air Terjun Karawa

Menikmati keindahan air yang mengalir dari ketinggian berpadu dengan hijaunya alam sekitar pasti akan memanjakan mata anda. Air terjun Karawa adalah air terjun yang akan membuat anda betah berlama lama. Suasananya yang masih asri dengan udara yang sejuk dijamin akan membuat anda tak ingin pulang. Masyarakat setempat memberi nama air terjun dengan air terjun Batu Korang yang terletak di Betteng, Kec Lembang.

3. Rumah Adat Saoraja

Untuk lebih menyelusuri tempat wisata di Pinrang, anda harus mengunjungi rumat adat yang unik satu ini. Objek wisata budaya ini akan mengajak anda untuk lebih mengenal Pinrang Sulawesi Selatan. Rumah adat yang memiliki 101 tiang yang setiap tiang beratnya mencapai 2 ton. Letaknya yang dikelilingi oleh persawahan akan membuat suasananya asri. Akses menuju lokasi rumah adat ini tidak sulit karena akses jalannya juga telah mulus.

4. Pantai Dewata Wakka

Sulawesi Selatan memang memiliki objek wisata bahari yang melimpah. Namun bisa dipastikan jika setiap pantai akan memberikan pengalaman yang berbeda dengan keindahan yang berbeda. Menempuh jarak sektar 15 km dari pusat kota Pinrang, anda sudah bisa menikmati keindahan Pantai Dewata Wakka ini. Tak hanya melihat panoramanya yang indah anda juga bisa menyantap sajian ikan bakar dengan paket harga beragam.

5. Taman Lasinrang

Taman satu ini bisa anda kunjungi ketika malam menjelang dan taman ini juga menjadi kebanggaan warga Pinrang. Ketika liburan datang mengunjungi taman ini akan menjadi aktivitas yang menarik. Anda bisa menikmati suasana taman dengan fasilitasnya yang terbilang lengkap. Tak hanya itu anda juga bisa menikmati jajanan sekitar taman sambil berbincang. Atau anda juga bisa mengabadikan lewat beberapa jepretan foto.

6. Pantai Harapan Ammani

Lokasi yang tak jauh dari pusat kota menjadikan pantai ini menjadi tempat yang kerap dikunjungi wisatawan. Dengan menempuh perjalanan sekitar 40 km anda sudah bisa menikmati keindahan pantai ini. Menjelajah keindahan pantai dengan perahu katinting atau banana boat menjadi aktivitas yang bisa anda lakukan ketika kesini. Jangan lupa anda juga bisa menikmati ikan bakar yang akan memanjakan lidah anda.

7. Masjid Raya Pinrang

Salah satu tempat wisata di Pinrang yang tak boleh terlewat adalah Masjid Raya Pinrang. Masjid ini berdiri kokoh di tanah yang lapang dengan warna hijau tosca yang mendominasi. Bangunan yang unik ini bisa anda jadikan background ketika ingin berswafoto. Menikmati arsitektur bangunan ini sambil beribadah tentunya menjadi aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika masjid ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya.

8. Air Terjun Sarambu

Objek wisata alam yang dimiliki Pinrang memang tidak hanya pantai tapi juga air terjun yang memikat. Anda akan terpukau jika mengunjungi air terjun sarambu ini. Bukan hal mengherankan jika air terjun ini selalu dibanjiri oleh pengunjung untuk menyaksikan sendiri keindahannya. Untuk menuju lokasi memang dibutuhkan usaha yang cukup keras karena harus menempuh perjalanan cukup jauh. Namun pemandangannya akan menghapus semua lelah perjalanan anda.

9. Rumah Makan Terapung Malimpung

Setelah mengunjungi banyak tempat wisata, tak lengkap rasanya jika tidak menjajal wisata kulinernya. Untuk melengkapi perjalanan anda di Pinrang tak ada salahnya untuk anda mampir di rumah Makan Terapung Malimpung. Anda bisa menikmati berbagai menu olahan khas kota Pinrang yang memanjakan lidah anda. Selain berwisata kuliner tempat makan satu ini juga akan mampu membuat rasa lelah dan penat anda karena sangat asri.

10. Waterboom Pinrang

Objek wisata pertama yang harus anda kunjungi ketika ke Pinrang adakah waterboom Pinrang. Melakukan berbagai permainan air dengan seluncuran tinggi akan membuat anda bisa menghilangkan penat anda dan keluarga. Wisata air satu ini sangat terkenal dan menjadi tempat wajib untuk dikunjungi. Tempat yang didominasi oleh warna pelangi ini memiliki luas mencapai 2.400 meter. Fasilitas di tempat ini telah memadai karena dikelola langsung oleh Kepolisian Resort Pinrang.

11. Monumen Lasinrang

Mengunjungi suatu kota tak lengkap jika tak mengunjungi objek wisata sejarahnya. Begitu pula ketika anda berkunjung ke Pinrang, ada baiknya untuk mampir ke Monumen Larinsang. Monumen ini merupakan salah satu cara masyarakat untuk mengenang jasa para pahlawan. Tak hanya melihat monumen dalam bentuk patung, fasilitas di tempat ini juga tergolong lengkap. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ketika mengunjungi tempat wisata di Pinrang satu ini.

12. Pantai Lowita

Berlokasi di Tasiwalie, Kecamatan Suppa, Pinrang pantai Lowita menjadi destinasi yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Perpaduan pemandangan eksotis dengan deburan ombak akan membuat anda betah berlama lama di pantai ini. Ketika hari libur pantai ini selalu dibanjiri oleh pengunjung karena memang memiliki keindahan yang tak bisa dilewatkan. Perjalanan menjelajah Sulawesi Selatan akan semakin lengkap dengan mengunjungi pantai Lowita. Tak hanya memiliki keindahan yang luas biasa, untuk menuju lokasi pantai ini aksesnya juga mudah. Hanya dengan mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat anda sudah bisa menikmati keindahannya. Bukan hal mengherankan jika pantai Lowita selalu menjadi tujuan wisata masyarakat lokal maupun manca negara yang kebetulan mampir di Pinrang. Sebab selain pemandangannya memukau, harga tiketnya juga cukup terjangkau.

13. Air Terjun Kalijodoh

Wisata seperti air terjun selalu saja menarik perhatian, apalagi air terjun kalijodoh yang memiliki mitos yang beredar. Mengunjungi tempat wisata di Pinrang ini konon akan mendapatkan jodoh. Karena mitos tersebut banyak pasangan muda mudi yang datang dan berharap mereka berjodoh. Disamping mitosnya, keindahan air terjun ini akan membuat anda terpukau. Lokasi air terjun ini berada di Desa Benteng, Kec. Lembang, Pinrang.

14. Puncak Karomba

Ingin menikmati paronama alam dari ketinggian? Anda bisa mengunjungi destinasi wisata satu ini yakni Puncak Karomba. Berada di ketinggian 1.200 mdpl membuat tempat ini mendapat julukan negeri di atas awan. Para pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan dan juga bisa mencoba fasilitas jembatan gantung untuk menantang adrenalin. Jika ingin mengunjunginya anda tinggal menuju Supirrang, Kec Lembang, Pinrang.

15. Pemandian Air Panas Sulili

Menuju ke Mamminasae, Kec Paleteang jangan lewatkan untuk mengunjungi pemandian air panas Sulili. Objek wisata ini telah dibentuk menjadi pemandian wisata modern dengan waterboom di dalamnya. Hanya saja air yang digunakan memanfaatkan sumber alami yang berasal dari Gunung Paleteang. Air hangat ini memiliki manfaat untuk relaksasi dan juga kesehatan. Lelah perjalanan akan hilang jika mampir ke pemadian air panas Sulili.[bp]