Bunker Kaliadem Jogja - Wisata Gunung Merapi Nan Indah


Gunung Merapi di Jawa Tengah tidak hanya sakral, namun juga diselimuti kisah mistis. Salah satu kisah misteri adalah bunker di Kaliadem. Konon kabarnya, sering terdengar suara orang menangis dari dalam bunker saat sore hari.
Selain sisa-sisa pasir dan permukaan tanah tandus, tampak juga sebuah bunker yang konon digunakan sebagai tempat perlindungan dari bahaya lahar panas. Berhubung saat itu adalah hari Minggu, tidak sedikit wisatawan yang datang berkunjung dan terlihat menyemut di sekitar bunker.
 Penasaran, saya pun menghampiri bunker yang memiliki tangga menurun ke arah pintu. Herannya, tidak ada satu pun wisatawan yang turun dan menengok situasi di dalam bunker yang memang gelap. Adapun Pak Heru yang merupakan driver jeep malah mengajak untuk masuk ke dalam.
"Ayo masuk ke dalam bunker, boleh kok," ujar driver jeep dari komunitas Tlogo Putri, Heru, yang memandu rombongan.
Setelah pintu besi bunker yang berat didorong, terlihat satu ruangan lapang seukuran ruang kelas di dalam bunker. Bentuk ruangannya berbentuk setengah lingkaran, dengan bekas lahar panas yang telah membatu di tengah bunker. Satu-satunya sumber penerangan hanyalah cahaya dari pintu masuk bunker.
"Bunker ini dulu digunakan sebagai tempat sembunyi waktu lahar panas turun. Dulu sempat ada dua relawan yang tewas kena lahar panas di bunker ini," ujar pak Heru sambil menunjuk toilet gelap yang merupakan lokasi ditemukannya jenazah.
Spontan bulu kuduk pun langsung berdiri setelah mendengar cerita Pak Heru. Masalahnya, kisah tragis itu langsung diceritakan di lokasi kejadian! Tidak berapa lama rombongan pun segera beranjak keluar dari bunker dan kembali menuruni gunung dengan jeep.
Video Wisata Merapi:
Dalam perjalanan kembali, tiba-tiba Pak Heru kembali melanjutkan ceritanya soal bunker Kaliadem.
"Jadi kalau sore itu sering kedengaran suara menangis dari bunker itu," ujar Heru.
Percaya tidak percaya, suasana di dalam bunker Kaliadem memang begitu suram dan menyedihkan. Dengan adanya kejadian naas yang menimpa dua sukarelawan di dalam bunker, semakin menambah misteri yang ada di Gunung Merapi.[bp]

Destinasi Terbaik