Bunker Kaliadem Jogja - Wisata Gunung Merapi Nan Indah

Bunker Kaliadem Jogja - Wisata Gunung Merapi Nan Indah - Bunker Kaliadem yang sudah ada semenjak era kolonial ini dibangun untuk berlindung dari ganasnya Gunung Merapi. Namun tempat ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Saat kejadian erupsi pada tahun 2006, dua relawan yang berlindung di dalam bunker ini tewas tersapu awan panas di dalamnya. Tak heran jika saat ini Bunker Kaliadem menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di sekitar Merapi. Tempat ini menyimpan cukup banyak jejak ganasnya Gunung Merapi. Di Bunker Kaliadem terdapat pintu utama yang terbuat dari baja setebal 15 cm, ruangan bunker yang masih memiliki sisa-sisa material Merapi, dan bagian atas yang dilapisi batu serta pasir vulkanis. Dari Kota Yogyakarta, tempat ini berjarak sekitar satu jam perjalanan menggunakan roda empat. Namun kendaraan pribadi hanya diperbolehkan hingga Desa Kinahrejo. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan menyewa jeep yang dapat memuat 6 orang, menyewa trail, atau naik ojek. Secara administratif Bunker Kaliadem berada di Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Gunung Merapi di Jawa Tengah tidak hanya sakral, namun juga diselimuti kisah mistis. Salah satu kisah misteri adalah bunker di Kaliadem. Konon kabarnya, sering terdengar suara orang menangis dari dalam bunker saat sore hari. Selain sisa-sisa pasir dan permukaan tanah tandus, tampak juga sebuah bunker yang konon digunakan sebagai tempat perlindungan dari bahaya lahar panas. Berhubung saat itu adalah hari Minggu, tidak sedikit wisatawan yang datang berkunjung dan terlihat menyemut di sekitar bunker. Penasaran, saya pun menghampiri bunker yang memiliki tangga menurun ke arah pintu. Herannya, tidak ada satu pun wisatawan yang turun dan menengok situasi di dalam bunker yang memang gelap. Adapun Pak Heru yang merupakan driver jeep malah mengajak untuk masuk ke dalam. "Ayo masuk ke dalam bunker, boleh kok," ujar driver jeep dari komunitas Tlogo Putri, Heru, yang memandu rombongan.











Setelah pintu besi bunker yang berat didorong, terlihat satu ruangan lapang seukuran ruang kelas di dalam bunker. Bentuk ruangannya berbentuk setengah lingkaran, dengan bekas lahar panas yang telah membatu di tengah bunker. Satu-satunya sumber penerangan hanyalah cahaya dari pintu masuk bunker. "Bunker ini dulu digunakan sebagai tempat sembunyi waktu lahar panas turun. Dulu sempat ada dua relawan yang tewas kena lahar panas di bunker ini," ujar pak Heru sambil menunjuk toilet gelap yang merupakan lokasi ditemukannya jenazah. Spontan bulu kuduk pun langsung berdiri setelah mendengar cerita Pak Heru. Masalahnya, kisah tragis itu langsung diceritakan di lokasi kejadian! Tidak berapa lama rombongan pun segera beranjak keluar dari bunker dan kembali menuruni gunung dengan jeep.















Percaya tidak percaya, suasana di dalam bunker Kaliadem memang begitu suram dan menyedihkan. Dengan adanya kejadian naas yang menimpa dua sukarelawan di dalam bunker, semakin menambah misteri yang ada di Gunung Merapi. Berada di lingkaran cincin api pasifik, membuat Indonesia memiliki beberapa gunung berapi yang masih aktif.



















Salah satunya adalah Gunung Merapi. Sepanjang sejarah, tercatat 5 kali kejadian erupsi terjadi di tempat ini. Kekuatan alam memang maha dahsyat, cari informasi bagaimana langkah untuk berlindung dari letusan gunung berapi ya.
Alamat Bunker Kaliadem
  • Alamat: Kinarejo, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Video Wisata Merapi:
Demikianlah artikel mengenai semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel