Jembatan Nasional Suramadu Mempersatukan 2 Nusa Jawa & Madura

Jembatan Nasional Suramadu Mempersatukan 2 Nusa Jawa & Madura – Sahabat Travellers pada kesempatan kali ini Berakhir Pekan akan share informasi mengenai Jembatan Terpanjang di Indonesia yang panjangnya 5,4 KM yang menghubungkan Antara Nusa Jawa Dengan Nusa Madura. Jembatan Nasional Suramadu (singkatan dari Surabaya-Madura) yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Madura semakin memudahkan kita yang berada di Jawa untuk berkunjung ke pulau Madura tanpa harus menaiki kapal penyeberangan. Selain digunakan sebagai jembatan penyeberangan, dengan keindahan struktur jembatannya, Jembatan Suramadu juga dijadikan sebagai salah satu objek wisata baru di Surabaya dan Madura.




















Kami punya beberapa informasi keren tentang Jembatan Suramadu ini yang belum banyak diketahui orang Indonesia. Bahkan, mungkin orang Surabaya atau Madura sendiri belum tahu tentang fakta-fakta ini. Posisi jembatan terpanjang di Indonesia yang sebelumnya dijabat oleh Jembatan Posopati berhasil direbut Jembatan Suramadu dengan panjang dua kali lipat dari jembatan yang berada di Bandung itu. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini menjadi jembatan terpanjang yang ada di Indonesia untuk saat ini. Ide pembangunan jembatan ini diprakarsai oleh presiden kelima Indonesia, Ibu Megawati Soekarno Putri. Maka yang melakukan seremoni peresmian mulainya pembangunan jembatan ini pada tahun 2003 juga beliau.












Jembatan ini dibuat untuk meningkatkan proses pembangunan, baik dari infrastruktur maupun ekonomi di Madura, karena setelah dievaluasi, kabupaten/kota di Madura sedikit tertinggal dari kabupaten/kota yang ada di pulau Jawa. Setelah melewati masa pembangunan selama kurang lebih 6 tahun, pada tanggal 10 Juni 2009 jembatan ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Oh iya, total biaya yang dikeluarkan Negara untuk pembangunan ini mencapai angka 4,5 Triliyun. Fantastis! (sumber: Wikipedia) Jembatan Suramadu sebenarnya adalah sebuah jalan tol dengan sedikit perbedaan, yaitu diperbolehkannya kendaraan roda 2 dan sejenisnya untuk melalui jembatan ini. Sebagaimana jalan tol pada umumnya, jembatan ini pun mempunyai tarif apabila anda ingin melaluinya. Biaya masuk Jembatan Suramadu terbagi menjadi 5 golongan, yaitu:
Tarif Tol Jembatan Suramadu Terbaru
  • Sepeda Motor: Gratis.
  • Golongan I (sedan, jip, pikap/truk kecil dan bus Rp 15.000
  • Golongan II (truk dengan dua gandar) Rp 22.500
  • Golongan III (truk tiga gandar) Rp 30.000
  • Golongan IV (truk empat gandar) Rp 37.500
  • Golongan V (truk lima gandar atau lebih) Rp 45.000
Jawa Timur kini telah mempunyai Jembatan Suramadu. Jembatan modern yang bisa menjadi ikon serta landmark yang membanggakan bagi masyarakat jawa timur khususnya di Surabaya dan Madura. Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan Surabaya di Jawa dan kota Bangkalan di Madura. Jembatan ini merupakan jembatan yang banyak manfaatnya bagi masyarakat, selain bermanfaat untuk kelancaran transportasi, jembatan ini juga bermanfaat untuk ekonomi. Jembatan sepanjang 5,4 kilometer itu akan menjadi pembangkit perubahan bagi Madura, tentu jembatan terpanjang ini mempunyai sejarah yang panjang, bagaimana kira-kira ya guys? Yuuk kita baca sama-sama. Prof. Dr. Sedyatmo (alm) mengusulkan sebuah ide mengenai hubungan langsung antara pulau Sumatera dan Jawa. Sebuah ide dan teroboson berani di zaman itu. Pada tahun 1960 ide tersebut mulai di gagas. Dan ternyata Ide itu mendapat respon dari pemerintah, sebagai tindak lanjut, tahun 1965 dibuatlah uji coba desain (jembatan Sumatera-Jawa (Jembatan Selat Sunda) yang dibuat di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada awal Juni 1986 gagasan dan konsep-konsep pengembangan jembatan antar pulau selanjutnya disampaikanlah kepada Presiden. Kala itu presiden nya adalah bapak Soeharto.
Bulan Februari 1986, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bertemu dengan delegasi dari perusahaan perdagangan Jepang. Kemungkinan kerjasama proyek-proyek di Indonesia pun dibahas. Gayung disambut oleh delegasi Jepang. Dan menyatakan memberi angin positif untuk kerjasama dalam proyek hubungan langsung Jawa-Sumatera-Bali. Setelah itu terus melakukan pengkajian, pengkajian dicoba pulau sumatra dengan jawa, jawa dengan bali dan jawa dengan madura.
Pada tahun Maret-Oktober 1990 menjadi langkah konkret dengan dilaksanakannya Preliminary study on Pra Studi Kelayakan Jembatan Suramadu Surabaya-Madura Bridging Project oleh JIF dan BPPT atas biaya dari pihak Jepang, Akhirnya diputuskan pada tanggal 14 Desember 1990.Proyek Pembangunan Jembatan Surabaya-Madura dan Pengembangan Kawasan dikukuhkan sebagai proyek nasional melalui penerbitan Keputusan Presiden Nomor 55
Upaya pemerintah Jawa Timur khususnya tetap ingin meneruskan cita-cita pembangunan jembatan suramadu. Untuk ini Pemerintah provinsi mendapat semangat desentralisasi yaitu diberikan kewenangan untuk untuk berperan dalam Pembangunan Jembatan Surabaya-Madura. Pada bulan Desember 1999 dilakukan rapat penting untuk koordinasi, dalam rapat tersebut diputuskan menyepakati beberapa hal berikut ini. Pemerintah Daerah Tingkat I Jawa Timur bermaksud untuk mengambil alih tanggungjawab pelaksanaan proyek Jembatan Suramadu dari Departemen Pekerjaan Umum pada bulan September 2000. Jasa Marga akan bertindak sebagai fasilitator dalam melakukan evaluasi biaya investasi dan penyelenggaraan jalan tol untuk Pemerintah Daerah Tingkat I Jawa Timur. Engineering Design Jembatan beserta hasil pengujian dan studi pendukung lainnya yang telah ada, akan diminta dari BPPT dan Departemen Pekerjaan Umum untuk memudahkan dalam kegiatan Kaji Ulang Studi Kelayakan (Review Feasibility Study) dan redesign jembatan. Pada tanggal 14 Januari 2002 dilakukan sosialisasi pembangunan jembatan Suramadu di depan alim ulama dan tokoh masyarakat Madura di Pamekasan. oleh Gubernur Jawa Timur, waktu itu gubernur Imam Utomo. Rencana tersebut disambut baik oleh masyarakat disana, masyarakat juga berharap protek tersebut segera dan benar-benar di realisasikan.
Dalam Keputusan Presiden tersebut juga dinyatakan pembangunan Jembatan Suramadu dilaksanakan sebagai bagian dari pembangunan kawasan industri, perumahan dan sektor lainnya dalam wilayah kedua sisi ujung jembatan. setelah itu proyek berjalan terus dan akhirnya terpampanglah jembatan megah dan panjang, dan menjadi jembatan kebanggaan masyarakat Indonesia khususnya Surabaya dan Madura.
Lokasi Jembatan Suramadu
  • Antara Kota Surabaya dengan Kota Bangkalan Madura
Video Jembatan Suramadu
Demikianlah artikel mengenai Jembatan Nasional Suramadu Mempersatukan 2 Nusa Jawa & Madura semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Destinasi Terbaik