Pantai Kuta Bali, Keindahan Ombak Nan Fantastis

Pantai Kuta Bali, Keindahan Ombak Nan Fantastis – Sahabat Traveller, pada kesempatan kali ini Berakhir Pekan akan berbagi informasi seputar Pantai Kuta Bali, setelah kita mengulas mengenai Pantai Pandawa, Toya Devasya, Gunung Batur, Pura Luhur Ulawatu dan GWK ParK Bali, maka kita akan membahas mengenai keesotikan Pantai Kuta Bali. Pantai Kuta Bali, terletak di sebelah selatan pulau dewata, dengan pemandangan laut samudra Hindia. Kuta adalah salah satu tempat wisata menarik di Bali yang menjadi tujuan utama wisatawan liburan ke pulau Bali. Pantai ini sangat tekenal dan menjadi andalan pulau Bali, sebagai tempat wisata pantai, sejak tahun 70-an.










Tempat wisata Kuta Bali khususnya area pantai, sampai saat ini masih menjadi daya tarik utama wisatawan liburan ke pulau Bali, terutama wisatawan muda yang berasal dari Australia dan wisatawan Indonesia. Sebelum terkenal menjadi tempat wisata pantai di Bali, pantai ini dulunya adalah perkampungan nelayan tradisional, kini berubah menjadi tempat pertemuan orang-orang dari berbagai negara. Selain itu, pantai Kuta dulunya adalah pelabuhan dagang dan banyak pedagang dari luar Bali melakukan transaksi dagang di sini. Pada abad ke 19, seorang pedagang yang berasal dari Denmark bernama Mads Lange, mendirikan tempat perdagangan di pantai ini. Karena kepandaiannya dalam bertransaksi dan negosiasi dagang, Mads Lange terkenal di kalangan raja-raja Bali. Dulunya pantai ini adalah habitat dari penyu hijau dan banyak orang yang tidak tahu akan hal ini. Penyu hijau keberadaannya hampir punah dan menjadi salah satu hewan yang dilindungi pemeritah Indonesia. Penangkaran penyu hijau di pulau Bali sekarang telah di pindahkan ke pantai Tanjung Benoa Bali.
Sebagai salah satu tempat wisata pantai Bali, pantai Kuta Bali adalah jantungnya pariwisata pulau Bali. Selain itu, keindahan pantai Kuta Bali, sangat terkenal ke mancanegara. Jika pantai Sanur Bali, lebih cocok untuk lokasi melihat sunrise, maka berbeda dengan pantai Kuta yang lebih cocok untuk melihat pemandangan matahari terbenam. Garis pantai di Kuta Bali memiliki betangan sejauh 5 kilometer dan dapat saya katakan garis pantai terbaik di pulau Bali. Hamparan garis pantai sangat landai dan juga bibir pantai sangat luas. Pantai ini sangat aman untuk tempat liburan, dan kebersihan pantai juga terjaga. Oleh karena itu, walaupun hamparan garis pantai begitu panjang, namun selalu di penuhi wisatawan.










Pantai Kuta salah satu destinasi wisata favorit di Bali. Bagi wisatawan yang berkunjung Ke Bali merasa belum lengkap liburnya jika tidak mampir ke Pantai Kuta yang lokasinya mudah ditempuh kendaraan. Lalu ada apa saja di Pantai Kuta?
Pantai Kuta yang berbatasan dengan Jalan Pantai Kuta yang searah dengan Jalan Legian ini memiliki panorama pantai yang cukup menawan. Dengan hambatan pasir putih, Pantai Kuta adalah kawasan lepas pantai selatan Indonesia yang terkadang ombaknya cukup tinggi.
Dengan ditumbuh pepohonan di sepanjang pantai, membuat wisatawan sangat betah bersama-sama di pantai pada saat siang dengan kondisi matahari terik sekalipun.
Di Pantai Kuta, wisatawan dijamin aman dan nyaman karena penjagaan dari Santgas Pantai Kuta memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan yang kemungkinan takut ada gangguan kriminalitas. Satgas Keamanan Pantai Kuta selalu memberikan peringatan dengan pengeras suara untuk tetap berhati-hati jika membawa barang bawaan dan anak-anak. Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan juga bisa berkunjung di patung penyu raksasa yang lokasinya berdampingan dengan kantor Satgas Pantai Kuta. Di tempat ini terdapat budidaya penyu.
Wisatawan bisa melihat langsung proses penetapan penyu dan pemeliharaan tukik atau anak penyu yang sudah menetas. Bahkan, wisatawan juga diberi kesempatan ikut serta kegiatan lepas tukik jika tukik tersebut sudah bisa dilepas ke pantai.
Di lokasi ini terdapat papan bergambar penyu yang berisi lubang untuk kepala manusia pada saat ingin berfoto sebagai kenang-kenangan. Wisatawan asing yang cinta penyu sering ikut melepas tukik, tidak hanya anak-anak, wisatawan dewasa juga beramai-ramai melepas tukik yang waktunya berkala.
Di Pantai Kuta, tato temporer cukup digemari oleh wisatawan terutama wisatawan domestik. Harganya juga relatif murah dari Rp 50.000 hingga Rp 300.000, tergantung ukuran dan motif gambarnya.
Tato yang terbuat dengan bahan serbuk Hena, dan akan hilang sekitar dua minggu. “Saya sudah lama sebagai tukang tato di Pantai Kuta, 30 tahunan. Yah lumayan untuk hidupi keluarga. Harganya murah, ada Rp 50.000, Rp 75.000, ada lebih dari itu, tergantung gambar yang dipilih. Bahannya ini dari henna, aman kok,” kata Ketut Carli, tukang tato temporer saat ditemui Kompas.com, di Pantai Kuta.
Jika wisatawan berkunjung ke Pantai Kuta dan tidak mau kotor bajunya, tenang saja, ada penyewaan Tikar dengan harga murah. Penyewaan tikar biasanya dihargai mulai Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Ukurannya memang kecil, sekitar 50 cm kali 100 cm.
Lumayan bagi yang tidak mau baju yang dikenakan kotor atau bisa saja menyewa tikar untuk meletakkan tas atau makanan yang dibawa. Berselancar di Pantai Kuta memang mengasyikkan terutama bagi yang menyukai surfing. Penyewaan papan surfing juga cukup murah sekitar Rp 100.000 per jam. Bagi yang belum pernah main surfing atau selancar, akan dipandu oleh instruktur handal agar tahu teknik berselancar khususnya bagi pemula.
Wisatawan bisa menikmati keliling Kuta dengan naik dokar yang siap antar. Dokar di Pantai Kuta sekitar 40 dokar yang parkir di beberapa titik sepanjang jalan Pantai Kuta.
Satu dokar diisi empat orang termasuk sang kusir, dengan tarif Rp 100.000 sekali jalan. Perjalanan dimulai dari Pantai Kuta, melewati jalan Poppies II, Jalan Legian dan kembali ke Pantai Kuta. Mereka operasional sejak lagi hingga malam hari. Penjualan baju, kain serta suvenir khas Bali, banyak dijumpai di sepanjang Pantai Kuta. Mereka menempati beberapa titik dengan promosi tawaran murah yang meyakinkan kepada wisatawan bahwa harganya tidak jauh beda dengan yang dijual di pasar oleh-oleh.






Bagi yang ingin membeli, banyak pilihan seperti kain pantai, baju pantai, celana pendek, kaus Bali dan lainnya. Selain itu suvenir berupa kalung, gelang dan pernak-pernik bisa dijumpai di Pantai Kuta. Memang cukup banyak yang bisa didapati di Pantai Kuta selain yang sudah dijelaskan, seperti pijat, Kepang rambut, makanan dan minuman di sepanjang pantai maupun yang tersentral dalam satu lokasi kawasan kuliner di Pantai Kuta.
Lokasi Pantai Kuta Bali
  • Kel. Kuta Kecamatan Kuta Utara Kab. Badung Provinsi Bali KodePos: 80361
Video Pantai Kuta Bali
Demikianlah artikel mengenai Pantai Kuta Bali, Keindahan Ombak Nan Fantastis semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Destinasi Terbaik