Pulau Liukang Loe Pulau Indah Di Bulukumba

Pulau Liukang Loe Pulau Indah Di Bulukumba – Sahabat traveler, pada kesempatan kali ini Berakhir Pekan akan share informasi mengenai Pulau Liukang Loe yang terletak di sekitaran kawasan Pantai Bira Bulukumba Sulawesi Selatan. Keindahan pesona alam bawah laut Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi dan Pulau Liukang Loe sudah menjadi destinasi favorit bagi para penikmat alam yang hendak berkunjung ke Tanjung Bira, Sulawesi Selatan. Penamaan dari Bahasa Konjo yang berarti Liu-Liukang = Kayu Hitam  dan Loe = Banyak, di mana memang sesungguhnya dapat ditemukan pada waktu itu banyak kayu hitam di pulau tersebut. Selain dikenal dengan nama Liukang yang berarti “banyak kayu hitam” pulau ini juga sangat terkenal dengan hamparan pasir pantainya sangat putih dan lembut serta pemandangan bawah lautnya yang juga sangat indah. Pulau Liukang merupakan pulau batu yang ditutupi gugusan batu karang yang berpusat di tengah pulau. Pantai Liukang Loe adalah sebuah pulau kecil yang terletak tidak jauh dari daratan Sulawesi dan terletak persis di depan Pantai Bira Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan.




















Untuk mencapainya pengunjung dapat pergi ke pantai pasir putih di Tanjung Bira terlebih dahulu kemudian menyewa perahu nelayan ataupun menyewa Speed Boat dan dengan waktu 15-20 menit saja pengunjung sudah dapat menikmati panti Liukang Loe yang sepi nan indah itu. Untuk mendapatkan cuaca cerah pengunjung sebaiknya melakukan perjalanan ke Pulau Liukang Loe pada saat pagi sampai dengan siang hari, karena biasanya cuaca setelah siang hari akan berubah sewaktu-waktu menjadi hujan dan ketinggian ombak dapat membuat goncangan cukup kuat di perahu. Di Pulau Liukang Loe, Wisatawan tidak hanya dapat menikmati keeksotisan terumbu karang tapi juga dapat menikmati aneka kuliner dan membeli cendera mata khas masyarakat Liukang Loe berupa sarung tenun Bangkuru Bira, Bulukumba. Di sebelah barat pulau merupakan permukiman penduduk yang berdomisili di tempat tersebut. Wisatawan yang datang ke pulau ini berasal dari beberapa negara Eropa, seperti Spanyol, Belanda, Jerman, Prancis, dan selebihnya wisatawan lokal.
Berkunjung ke Pulau Liukang Loe di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Anda para pecinta dan penikmat keindahan pantai, laut, dan alam bawah laut yang eksotis. Pulau Liukang Loe merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah barat Pantai Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Pengunjung di Pantai Liukang Loe pun tidak seramai dengan pengunjung yang ada di Pantai Tanjung Bira. Nama Liukang Loe konon berasal dari Bahasa Konjo. Liukang berarti kayu hitam dan Loe berarti banyak. Jadi Pulau Liukang Loe berarti sebuah pulau yang mempunyai banyak kayu hitam. Pulau ini merupakan pulau berpenghuni dan di dalamnya terdapat dua kampung yakni Kampung Buntutuleng dan Passilohe. Pulau Liukang Loe mempunyai pantai dengan hamparan pasirnya yang berwarna putih serta air laut yang berwarna biru jernih. Sekumpulan pepohonan nan hijau pun turut menghiasi bbir pantai. Snorkeling & Diving : Pulau ini mempunyai beberapa spot untuk melakukan kegiatan snorkeling maupun diving. Berjemur : Lokasinya yang cukup tenang, juga cocok untuk berjemur. Memancing : Anda bisa merasakan sensasi memancing di pulau ini.
Di pulau ini sudah banyak terdapat beberapa warung makan hingga restoran yang menawarkan menu lezat dan menggugah selera seperti ikan goreng, ikan bakar, dabu-dabu dan makanan khas lainnya. Selain itu, sebagian penduduk pulau ini berprofesi sebagai pembuat kain tenun khas Bugis. Kain tenun ini terbuat dari benang sutera, warnanya pun sangat cantik. Anda bisa membeli kain tersebut di pulau ini. Anda dapat dengan mudah menemukan beberapa penginapan di pulau ini. Untuk menuju ke lokasi pulau ini, Anda dapat mengambil penerbangan yang menuju ke Makassar. Dari Makassar, Anda dapat langsung menuju ke Pantai Tanjung Bira terlebih dahulu. Jarak dari pusat kota hanya sekitar 200 meter. Nah, dari Pantai Tanjung Bira, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa kapal dengan tujuan ke Pulau Liukang Loe. Tarif sewa per kapalnya sekitar Rp 250.000 hingga Rp 400.000, tergantung kesepakatan dengan si pengemudi.
Lokasi Pulau Liukang Loe
  • Desa/Kelurahan: Bira Kecamatan: Bontobahari Kab/Kota: Bulukumba Provinsi: Sulawesi Selatan
Video Suasana Pulau Liukang Loe

Demikianlah artikel mengenai Pulau Liukang Loe Pulau Indah Di Bulukumba semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Destinasi Terbaik