Taman Pintar Jogjakarta, Mari Wisata Edukasi Disini

Taman Pintar Jogjakarta, Mari Wisata Edukasi Disini – Sahabat Travelers, pada kesempatan kali ini Berakhir pekan akan mengulas mengenai Taman Pintar Jogjakarta, Yup Sebelumya telah diulas mengenai Benteng Vredeburg, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Kraton Ratu Boko, Istana Yogjakarta, Situs Sisa Hartaku, Bunker Kaliadem. Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu wahana bermain sekaligus belajar untuk anak-anak yang disediakan oleh pemerintah kota Yogyakarta untuk menyediakan sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan serta memotivasi anak dan generasi muda untuk mencintai sains. Wahana bermain yang berada di sebelah timur jalan Malioboro ini menyediakan berbagai wahana permainan yang  tidak hanya mendidik, namun akan membuat buah hati Anda merasa senang. Taman pintar ini bisa dinikmati oleh anak-anak yang belum sekolah hingga anak-anak usia sekolah menengah untuk memperluas dan mempendalam pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung karena bisa dibilang secara sederhana, Taman Pintar Jogja adalah laboratorium dalam kemasan rekreasi.
Bangunan taman pintar dulunya merupakan bekas pusat perbelanjaan (shopping center) dan mulai dilakukan Relokasi area pada tahun 2004 dengan beberapa tahap pembangunan. Setelah semua tahap selesai, peresmian (Grand Opening) digelar pada 16 Desember 2008 oleh presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono. Target utama pembangunan Taman Pintar menurut pemerintah adalah mendukung program pembelajaran regular di sekolah sejak dini dengan mengasah kreativitas anak didik sedini mungkin dengan harapan akan semakin banyak inovator teknologi yang muncul dari Indonesia. karena lokasinya yang sangat stategis yaitu letaknya di Taman Budaya, Benteng Vredeburg dan Gedung Agung menjadikan bangunan taman pintar ini berfungsi sebagaimana mestinya dan berkaitan dengan bangunan bangunan yang ada disekitarnya. Selain itu juga terdapat ruko-ruko buku dibelakang bangunan taman pintar ini yang pastinya menyediakan berbagai macam buku dari kategori fiksi atau non fiksi.




Taman Pintar Jogja terletak di depan Bank Indonesia atau berada kurang lebih 200 meter di sebelah timur perempatan jalan Malioboro. Alamat lengkapnya adalah Jalan Panembahan Senopati No. 1 -3 Yogyakarta. Telp (0274) 583631, 583713 Fax. (0274) 583664
Begitu memasuki pintu gerbang, kita langsung disambut oleh area yang disebut sebagai Playground Arena. Jalan masuk dari pintu gerbang terpecah menjadi 2 oleh sebuah koridor yang terdiri atas 3 tiang berbentuk segitiga di masing-masing sisinya. Air akan menyembur dari masing-masing tiang tersebut hingga membentuk sebuah koridor air. Namun sayang, koridor ini hanya dioperasikan pada saat-saat tertentu saja. Di ujung koridor ada sebuah gong bertuliskan “Gong perdamaian Nusantara (sarana persaudaraan dan pemersatu bangsa)”. Di sekeliling gong tersebut nampak logo dari semua propinsi dan kabupaten yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Berbagai permainan menarik dan mendidik dengan nama menggelitik terdapat di Playground Arena ini. Selain Koridor Air, ada Parabola Berbisik, Dinding Berdendang, Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Warna, Air Menari, Forum batu, Tapak pintar, Desaku Permai, Sistem Katrol, Rumah pohon, Jembatan Goyang, Jungkat-jungkit, dan Istana Pasir.
Permainan-permainan ini dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan minat anak terhadap sains. Parabola berbisik misalnya, adalah 2 orang yang berdiri saling membelakangi di depan 2 buah parabola yang berjarak sekitar 10 meter. Jika salah satu orang membisikkan sebuah kalimat ke parabola yang ada di depannya, maka orang lain yang ada di depan parabola yang satunya lagi akan bisa mendengar kalimat itu. Permainan ini mengajarkan tentang prinsip penghantaran rambat gelombang. Jadi parabola itu berfungsi untuk menghantarkan rambat gelombang suara ke masing-masing titik focus. Sementara itu Dinding Berdendang adalah sebidang tembok berwarna merah yang ditempeli gendang-gendang dengan berbagai macam ukuran yang jika dipukul akan menghasilkan suara-suara dengan nada yang berbeda. Permainan ini menggambarkan hubungan antara tinggi rendahnya nada dengan luas permukaan gendang.




Juga terdapat pohon-pohon rindang dan taman-taman rumput lengkap dengan papan bertuliskan “tolong jangan injak aku”. Namun sayangnya, entah karena tidak melihat tulisan tersebut atau karena memang tidak peduli, beberapa orangtua yang sedang mengantar anaknya justru duduk seenaknya di atas rerumputan itu sambil menggelar makanan seolah sedang piknik. Playground Arena ini juga dilengkapi dengan beberapa stand yang menjual minuman dan aneka makanan kecil.
Berikut daftar harga tiket untuk wahana tertentu:
Wahana Teather 3D.
  • Umum: Rp. 20.000,-
  • Pelajar: Rp. 15.000,-
  • Rombongan: Rp. 15.000,- (minimal 20 orang).
Program Kreativitas.
  • Kreasi Batik: Rp.5000,- (Dewasa dan anak-anak).
  • Kreasi Gerabah: Rp.5000,- (Dewasa dan anak-anak).
  • Lukis Kaos: Rp.30.000,- (Anak-anak) dan Rp.40.000,- (Dewasa)
  • Lukis Gerabah: Rp.10.000,- (Dewasa dan anak-anak).
  • Hand on Science: Rp.5000,- (Dewasa dan anak-anak).
  • Latihan menjadi Presenter TV: Rp.10.000,- (Dewasa dan anak-anak).
Gedung Paud.
  • Khusus untuk anak-anak usia 2 – 7 tahun saja dan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp.3.000,-/anak.
Planetarium.
  • Wahana Planetarium dibuka untuk semua usia dengan harga tiket Rp.15.000,-/orang.
Wahana Bahari.
  • Harga tiket untuk masuk ke wahana Bahari adalah sebesar Rp.15.000,-/orang.
Taman ini berbentuk seperti rumah belajar. Memiliki banyak wahana yang bisa Anda coba untuk mempelajari berbagai hal, seperti; ilmu pengetahuan, sejarah, seni, dan berbagai hal lain yang bisa Anda dapatkan di sini. Taman ini dibangun dan mulai dikerjakan pada tahun 2004. Setelah itu rampung dan diresmikan oleh menteri pendidikan pada 20 Mei 2006. Namun, pemerintah dan daerah berusaha untuk terus mengembangkan taman belajar ini. Mereka menganggap Taman Pintar ini bisa jadi wahana wisata yang mendidik. Oleh karena itu, mereka melanjutkan pengembangan dan pembangunan tahap kedua. Lalu dirampungkan dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubowono X pada 9 Juni 2007. Pengembangan wisata Taman Pintar Jogja pun berlanjut ke tahap ketiga. Hingga rampung dan diresmikan ulang oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 16 Desember 2009. Taman ini diperuntukan anak sekolah dan mahasiswa. Pemerintah berharap dengan adanya taman ini, anak – anak bisa belajar banyak hal di sini. Di samping itu, beberapa pihak pun menginginkan kalau taman ini dijadikan sebagai wisata edukasi alternatif di samping Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Gedung Agung, dan tempat wisata edukasi lainnya.
Lokasi Taman Pintar Jogjakarta
  • Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Kelurahan Ngupasan Kecamatan Gondomanan Kota Yogyakarta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Kodepos 55122 No. Tlp.  (0274) 581631
Video Taman Pintar Jogjakarta
Demikianlah artikel mengenai Taman Pintar Jogjakarta, Mari Wisata Edukasi Disini semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Destinasi Terbaik