Wisata Batur Kintamani Volcano Jeep Yang Keren

Wisata Batur Kintamani Volcano Jeep Yang Keren – Sahabat Traveller, pada kesempatan kali ini Berakhir pekan akan share informasi mengenai Wisata menantang mengarungi Volcano Gunung Batur dan sekitarnya. Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia.Terletak di barat laut Gunung Agung, gunung memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 km dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia (van Bemmelen, 1949). Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1267 m – 2152 m (puncak G. Abang). Di dalam kaldera I terbentuk kaldera II yang berbentuk melingkar dengan garis tengah lebih kurang 7 km. Dasar kaldera II terletak antara 120 – 300 m lebih rendah dari Undak Kintamani (dasar Kaldera I). Di dalam kaldera tersebut terdapat danau yang berbentuk bulan sabit yang menempati bagian tenggara yang panjangnya sekitar 7,5 km, lebar maksimum 2,5 km, kelilingnya sekitar 22 km dan luasnya sekitar 16 km2 yang yang dinamakan Danau Batur. Kaldera Gunung Batur diperkirakan terbentuk akibat dua letusan besar, 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu. Gunung Batur terdiri dari tiga kerucut gunung api dengan masing-masing kawahnya, Batur I, Batur II dan Batur III.















Gunung Batur telah berkali-kali meletus. Kegiatan letusan G. Batur yang tercatat dalam sejarah dimulai sejak tahun 1804 dan letusan terakhir terjadi tahun 2000. Sejak tahun 1804 hingga 2005, Gunung Batur telah meletus sebanyak 26 kali dan paling dahsyat terjadi tanggal 2 Agustus dan berakhir 21 September 1926. Pura ini masih terkenal sebagai pura yang paling indah di Bali. Pura ini dipersembahkan untuk menghormati “Dewi Danu” yakni dewi penguasa air, seperti halnya pura yang terdapat di Danau Bratan juga dipersembahkan untuk memuja “Dewi Danu”. Kawasan Gunung Batur terkenal sebagai objek wisata andalan Kabupaten Bangli. Konon menurut cerita dalam Lontar Susana Bali, Gunung Batur merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan Batara Pasupati untuik dijadikan Sthana Betari Danuh (istana Dewi Danu).




















Pada waktu tertentu, seluruh umat Hindu dari berbagai daerah di Bali datang ke Batur menghaturkan Suwinih untuk mengusir bencana hama yang menimpa ladang mereka. Dengan menghantarkan suminih ini maka kawasan gunung Batur menjadi daerah yang subur. Daerah yang dapat ditonjolkan sebagai objek wisata adalah kawah, kaldera dan danau. Terdapat aliran air dalam tanah yang mengalirkan air Danau Batur, yang muncul menjadi mata air di beberapa tempat di Bali dan dianggap sebagai “Tirta Suci”.
Wisata budaya yang terdapat di kawasan Gunung Batur adalah Trunyan. Meskipun seluruh penduduk Trunyan beragama Hindu seperti umumnya masyarakat Bali, mereka menyatakan bahwa Hindu Trunyan merupakan Hindu asli warisan kerajaan Majapahit. Di sebelah utara Trunyan terdapat kuban, sebuah tempat makam desa, namun jenazah tidak dikuburkan atau dibakar, melainkan diletakkan di bawah pohon setelah dilakukan upacara kematian yang rumit. Tempat pemakamanan ini dipenuhi oleh tulang-tulang, dan bisa jadi kita menemukan mayat yang masih baru.
Wisata Adventure Bali di Batur dan sekitar Kintamani terdapat berbagai pilihan, sebab Kintamani memiliki alam yang sangat menarik diantaranya Gunung Batur, Danau Batur, Gunung Abang dan Puncak Penulisan. Bagi kebanyakan wisatawan domestik, selama ini mungkin hanya mengenal Kintamani sebagai tempat makan siang di daerah Penelokan, daerah yang mempunyai tempat strategis, dimana bisa menikmati pemandangan Gunung Batur Dan Danau Batur yang indah. Namun belum pernah mencoba menjelajahi dengan lebih berpetualang. Bagi wisatawan domestik yang gemar dengan wisata adventure, mungkin sudah mencoba dan merasakan kepuasannya menikmati wisata adventure Bali di Kintamani.










Sekilas informasi tentang Gunung Batur, adalah merupakan gunung berapi aktif yang ada di Pulau Bali, dan telah berkali kali meletus. Terakhir kali meletus adalah pada tahun 2004, letusan terhebat terjadi pada tahun 1926 yang sempat menimbun desa batur dan pura ulun danu dengan lava pijarnya.
Mengunjungi Gunung Batur sangat disarankan untuk menyewa Jeep, kami waktu kesana menyewa Jeep dari Bali Jeep Adventure. Mereka menjemput kami dari pengenipan, kebetulan saat itu kami nginap di Horison Sunset Road, kami berangkat pagi-pagi jam 06.00 melewati kota Badung trus masuk ke wilayah yang asri antara lain yang kami ingat desa ubud, kintamani. Selanjutnya masuk area Gunung Batur nan Indah. Jam 09.00 Kami tiba di persinggahan 1, di lereng batur yang dihiasi hamparan pasir bekas lava Gunung Batur, selanjutnya kami ke Kaldera Batur Purba, disini tampak gumpalan batu menghitam selanjutnya ke Melanjutkan perjalanan ke permandian air panas di Danau Batur.
Data Wisata Batur Kintamani Volcano Jeep Yang Keren
  • Tarif Masuk Lokasi: ditanggung Travel (silahkan pilih travel terbaik, tapi menurut penulis yang is the best adalah Bali Jeep Adventure, search di google) Letak Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Provinsi Bali.
Video Wisata Batur Kintamani Volcano Jeep Yang Keren

Demikianlah artikel mengenai Wisata Batur Kintamani Volcano Jeep Yang Keren semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Destinasi Terbaik