Pasar Bolu Rantepao – Pasar Kerbau Terbesar di Dunia


Pasar Bolu Rantepao – Pasar Kerbau Terbesar di Dunia – Sahabat travelers pada kesempatan kali ini berakhir pekan akan share informasi mengenai Salah satu pasar unik di Indonesia, tepatnya di pasar bolu rantepao Toraja Utara. Pada umumnya pasar di indonesia itu adalah sebuah tempat bertemunya antara para penjual dengan pembeli mengenai bahan – bahan pokok. Namun di Toraja Utara, tepatnya di Kota Rantepao ada sebuah Pasar unik yang khusus menjual Kerbau, Babi dan Ayam. Kita ketahui ketiga heewan tersebut adalah hewan wajib yang mesti ada dalam ritual Upacara adat di Toraja, upacara Rambu solo, upacara manene dan upacara adat khas suku Toraja lainnya yang bermukim di Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Tana Toraja.













Pasar Bolu terletak di Rantepao, pusat wisata Toraja, dan merupakan objek wisata yang populer, dan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Sesuai jadwal, pasar hanya dibuka sekali dalam 6 hari, dan merupakan pusat penjualan utama kerbau maupun babi. Sayuran, buah, kopi dan produk makanan lainnya juga bisa ditemukan di pasar ini. Pada hari pasar, "jalan-jalan" Bolu ramai dikunjungi orang lokal untuk transaksi jual beli, begitu juga wisatawan asing dan domestik yang datang menyaksikan pertunjukan tersebut. Jumlah kerbau yang terjual bisa mencapai hingga 500, terutama pada saat upacara. Harga kerbau mencakup berbagai macam, tergantung warna, corak, dan ukurannya. Kerbau hitam kecil harganya sekitar 5 juta rupiah, sementara yang lebih besar dengan warna yang sama bisa dijual seharga 10 - 15 juta rupiah. Tedong Bonga, atau kerbau berbintik, yang dianggap lebih unggul bisa dijual puluhan juta rupiah, sementara kerbau albino yang sangat langka bisa mencapai harga jual bahkan ratusan juta.















Jika Kerbau adalah komoditas utama yang dijual di Bolu, pasar Makale setara dengan babi. Pasar Makale bertempat di blok sekitar 50 x 20 meter, dan sering disebut sebagai "Pasar Swine." Pasar dibagi menjadi tiga bagian yang berbeda: satu untuk anak babi yang hidup, satu lagi untuk babi dewasa yang hidup, dan satu lagi untuk daging babi . Babi yang masih muda disimpan dalam karung beras, hanya dibuka agar calon pembeli bisa mengintip, sedangkan babi dewasa biasanya terikat pada tiang bambu di aula utama. Anak babi biasanya dibeli untuk dipelihara dan dibesarkan. Harga pada babi mulai sekitar 500.000 - 750.000 untuk anak babi, sementara ukuran yang lebih besar menghabiskan biaya antara 3 - 9 juta rupiah, meskipun beberapa dapat dijual seharga puluhan jut. Kadang-kadang, bobot mereka secara kebetulan menyaingi seekor kerbau. Berbeda dengan kerbau, babi hitam lebih mahal dari pada albino atau babi buram. Seperti pasar lainnya, Makale hanya buka sekali dalam enam hari.





Meskipun mayoritas penduduk Toraja adalah orang Kristen, sebagian besar masih menganut ajaran Animisme, menjadikan hewan memiliki peran yang sangat penting dalam budaya Toraja. Kerbau adalah persyaratan yang harus dipenuhi dalam upacara adat, terutama pemakaman, karena diyakini bahwa kerbau, saat disembelih, bertindak sebagai wahana semangat orang meninggal untuk mencapai Nirvana. Kerbau dan babi juga berfungsi sebagai simbol status. Semakin tinggi posisi keluarga, semakin banyak kerbau yang harus disembelih. Untuk keluarga kelas menengah, 8 ekor kerbau dan 50 ekor babi merupakan jumlah wajib yang harus dipenuhi saat melakukan pemakaman tradisional. Bagi bangsawan, sebanyak 25 - 100 ekor kerbau bisa dibantai. Meskipun banyak hal telah berubah selama berabad-abad, beberapa hal tetap sama. Di Toraja, keberadaan pasar ini sangat terintegrasi dengan budaya dan tradisi mereka, dan hari pasar merupakan bagian dari warisan masyarakat Toraja yang tidak pernah bisa dipisahkan.
Lokasi:
  • Alamat: Tallunglipu Matalo, Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan 91833 Disini.
Video:

Demikianlah artikel Pasar Bolu Rantepao – Pasar Kerbau Terbesar di Dunia mengenai semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]