Breaking

Cara Merawat Bayi agar Selalu Sehat

Memiliki bayi memang selalu dinanti oleh pasangan suami istri. Nah, bagi kamu yang mungkin baru menikah, perlu tahu bagaimana cara merawat bayi baru lahir agar nantinya si kecil selalu sehat dan ceria.
Sebab, bagi yang belum berpengalaman mungkin akan bingung bagaimana cara merawat bayi yang benar. Apalagi kalau sampai mengalami hal yang tidak diinginkan, seperti kulit mengalami iritasi atau ruam. Orangtua perlu tahu cara mengobati iritasi kulit bayi.
Begitu pun dalam pemilihan produk eprawatan bayi, harus pilih produk yang tepat. Seperti dengan memilih shampoo dan sabun bayi tidak pedih dimata. Begitu juga dengan memilih minyak telon atau krim pelembab yang tepat.
Semua itu dilakukan sebagai wujud cinta orangtua terhadap si kecil sehingga bayi pun akan selalu keadaan sehat.
Prinsip penting yang perlu diperhatikan ketika merawat bayi adalah sebagai berikut.

1. Selalu Jaga Kebersihan
Pastikan kebersihan bayi dan ruangan selalu terjaga. Begitupun saat orang tua ingin memegang bayi, pastikan tangan orangtua harus dalam keadaan bersih. Ini untuk mencegah agar tidak sampai ada kuman atau virus yang menempel pada tubuh bayi. Sehingga ruam atau iritasi kulit pada bayi dapat dicegah.
2. Ganti Popok Rutin
Ini juga perlu diperhatikan bagi orangtua yang baru memiliki bayi. Pastikan untuk sering mengganti popok. Sebab biasanya bayi akan sering buang air kecil. Karena itu, orangtua perlu sering-sering kondisi popok bayi apakah basah atau tidak.
3. Sigap dan Cekatan
Orangtua harus bisa tahu apa yang dibutuhkan oleh bayi. Jika misalnya bayi menangis, mungkin bayi tersebut perlu menyusui atau ingin digendong.
Kepekaan ini nantinya akan dimengerti sendiri oleh orangtua seiring dengan terbangunnya hubungan batin antara orangtua dan anak.
Begitupun saat misalnya ada masalah pada si kecil, misalnya mengalami ruam atau iritasi. Orang tua pun dengan sigap segera berusaha mengobati iritasi kulit bayitersebut.
4. Ajak Jalan-Jalan
Untuk menghirup udara segar, sekali waktu ajak bayi untuk keluar rumah. Bisa diajak untuk jalan-jalan ke tetangga atau ke rumah saudara.
5. Pastikan Kebutuhan Si Kecil Tercukupi
Orangtua perlu selalu memastikan kebutuhan si kecil tercukupi. Seperti misalnya shampoo, minyak telon, sabun bayi tidak pedih dimata, dan perlengkapan lainnya.
Begitu ya cara untuk belajar menjadi orang tua. Walau melelahkan, tapi pasti menyenangkan bisa memiliki buah hati yang bisa menghibur kita setiap hari.