Kolam Alam Tilanga Makale Tana Toraja, Punya Penunggu Belut Rakasasa

Kolam Alam Tilanga Makale Tana Toraja, Punya Penunggu Belut Rakasasa – Bukan hanya budaya rambu solo dan manenenya yang unik, Keindahan Toja juga pada kontur alamnya yang berbukit-bukit dan salah satu yang unik adalah Kolam Alam Tilanga yang terletak di Desa Sarira Kecamatan Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Jaraknya sekitar 15 kilometer sebelah selatan kota Rantepao atau 10 kilometer sebelah utara kota Makale.

Pemandian Atau Kolam Alam Tilanga adalah sebuah kolam alami yang jauh dari hingar bingar kota. Terbentuk pada batuan cadas yang dikelilingi pepohonan rimbun, lengkap dengan bunyi-bunyian alam. Sederhana, apa adanya. Tapi itulah daya tarik Tilanga. Sejuk dan menentramkan. Pemandian ini adalah kolam alam dengan sumber mata air di dalamnya. Ukurannya cukup luas, sekitar 15 x 25 meter dengan kedalaman sekitar tiga hingga lima meter di bagian tertentu. Bentuknya cerukan pada cadas tidak beraturan. Sebagian kolam didominasi batu alam yang langsung menyambung dengan dinding batu disekelilingnya. Di sekelilingnya, ada banyak pohon besar serta pohon pohon bambu yang menaungi air di pemandian. Sinar matahari hanya bisa menerobos sela sela dedaunan dan menciptakan bayang-bayang yang cantik. Menari-nari di permukaan air. Sesekali daun daun yang telah tua dan kering jatuh melayang di udara.


Yang unik dari obyek ini, belut berukuran selengan bagian bawah orang dewasa berenang dengan bebasnya. Tidak terganggu oleh manusia yang berada satu kolam dengan mereka. Boleh dicandai atau diberi makan. Tapi jangan ditangkap dan dibawa pergi. Penduduk asli di sana akan marah karena belut-belut itu dianggap sebagai binatang yang sakral. Tak jauh dari kolam, tersedia sebuah tempat ganti pakaian. Tapi, namanya juga pemandian alami, pengelolanya tidak menyediakan persewaan pakaian renang. Jika membawa pakaian ganti, nyebur saja langsung dan rasakan kesejukannya. Obyek wisata Tilanga dapat dicapai dari Rantepao atau Makale dengan mobil pribadi atau kendaraan sewa fasilitas hotel. Wisatawan juga dapat naik angkutan umum (petepete) dari kedua kota tersebut. Namun harus melanjutkannya dengan berjalan kaki cukup jauh.
















Kolam ini terbentuk pada batuan cadas yang dikelilingi pepohonan rimbun, lengkap dengan bunyi-bunyian alam. Sederhana, apa adanya.Tanpa berenang pun, Anda akan menikmati kesejukan yang menentramkan. Anda akan terhindar dari terik karena sekeliling kolam ditumbuhi pepohonan. Ukurannya cukup luas, sekitar 15 x 25 meter melingkari bebatuan dan pepohonan dengan kedalaman sekitar tiga hingga lima meter di bagian tertentu. 
















Ada pula kolam yang dangkal biasanya untuk digunakan oleh anak-anak. Untuk orang dewasa, ada juga kolam terdalam dan biasanya digunakan jika hendak melompat dari tebing. Bentuknya cerukan pada cadas meski tidak beraturan. Sebagian kolam didominasi batu alam yang langsung menyambung dengan dinding batu di sekelilingnya. Yang unik dari obyek ini, yakni keberadaan belut berukuran kecil hingga besar yang ikut meramaikan aktivitas berenang. Belut ini boleh dicandai atau diberi makan. Tapi jangan ditangkap dan dibawa pergi. Penduduk asli di sana akan marah karena belut-belut itu dianggap sebagai binatang yang sakral.





















Penduduk setempat mengatakan, kolam ini adalah warisan leluhur karena sudah ada sejak zaman dahulu. Tak jauh dari kolam, tersedia tempat berganti pakaian. Jika membawa pakaian ganti, nyebur saja langsung dan rasakan kesejukannya. Obyek wisata Tilanga dapat dicapai dari Rantepao atau Makale dengan mobil pribadi atau kendaraan sewa fasilitas hotel. Wisatawan juga dapat naik angkutan umum (petepete) dari kedua kota tersebut. Namun harus melanjutkannya perjalanan dengan berjalan kaki atau naik ojek motor dengan bayaran yang terjangkau.
Letak Objek Wisata Kolam Alam Tilanga
  • Alamat: Desa Sarira, Kecamatan Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja, Jaraknya kurang lebih 10 kilometer sebelah utara Makale, ibukota Tana Toraja.

Video Objek Wisata Kolam Alam Tilanga
Demikianlah artikel mengenai Kolam Alam Tilanga Makale Tana Toraja, Punya Penunggu Belut Rakasasa semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel