Event Wisata, Festival Pinisi Bulukumba 12-15 September 2019


Event Wisata, Festival Pinisi Bulukumba 12-15 September 2019 - Festival Pinisi merupakan event tahunan Kabupaten Bulukumba. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan Festival Pinisi tahun ini bukan hanya seremoni belaka akan tetapi akan menampilkan seluruh potensi wisata yang ada di Kabupaten Bulukumba yang religious. Untuk itu, nantinya akan ditampilkan trip Pinisi Tana Beru (tempat lahirnya Perhu Pinisi) menuju pantai Tanjung Bira (ikon tempat Wisata di Bulukumba). Pengunjung akan disuguhkan pemandangan iring-iringan kapal-kapal Pinisi yang sudah melegenda.
  • Destinasi : Para pengunjung bisa berwisata ke beberapa tempat menarik di pulau Bulukumba diantaranya Pantai Bira, Bukit Donggia, Tebing Apparalang, Puncak Pua Janggo, Pantai Ujung Tiro, hingga Pulau Kambing
  • Kuliner : Beberapa kuliner khas Bulukumba yang wajib dicoba antara lain coto kuda yakni Coto Kuda, yakni makananan dengan tekstur daging kuda yang lebih gurih dari sapi. Lalu ada kue uhu-uhu, barobo (bubur beras), hingga bolu peca
  • Akses : Jika memilih jalur darat, ada berbagai jenis transportasi yang bisa Anda pilih untuk menempuh jarak 200 km, mulai dari mobil sewaan, angkutan berjenis elf, atau bahkan menggunakan sepeda motor. Untuk biaya mobil sewaan, Anda bisa menghabiskan uang sekitar Rp300.000-Rp500.000 untuk sekali tempuh. Jika ingin lebih hemat, Anda bisa menggunakan jasa mobil berjenis elf atau minibus dengan tujuan Makassar-Bulukumba dengan biaya sekitar Rp90.000. Namun, jika menggunakan kendaraan umum, saat sampai di Bulukumba, Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum ‘pete-pete’ dengan kisaran biaya Rp10.000 untuk sampai ke Tanjung Bira.
  • Ada berbagai tempat penginapan yang ada di wilayah Bulukumba. Diantaranya Cosmos Bungalow, Amatoa Resort dan Kaluku Cottage yang berada di wilayah pantai Kaluku. Cosmos Bungalow dan Kaluku Cottage memasang tarif yang cukup terjangkau mulai dari harga Rp300.000. Anda yang ingin merasakan gaya liburan ala ‘koper’, bisa menjajal Amatoa Resort dengan kisaran tarif kamar mulai dari Rp850.000. Kelebihan ketiga penginapan ini sama-sama memiliki akses langsung ke pantai, jadi Anda bisa menikmati suasana pantai yang tenang dan bebas dari keramaian dan mendapatkan privasi.
  • Tanggal : 12 - 15 September 2019
  • Tempat : Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Penyelenggara :  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel