Breaking

Kamis, 05 September 2019

Alun-Alun Merdeka Kota Watampone Kabupaten Bone Sulsel

Alun-Alun Merdeka Kota Watampone Kabupaten Bone Sulsel – Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Berakhir Pekan Akan share artikel mengenai Objek Wisata yang ada di Kota Watampone, ya apalagi kalau bukan Alun-alun merdeka atau lapangan merdeka atau lapmer Pusat Kota Watampone kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Awal tahun 1950, Presiden RI pertama Ir. Sukarno berkunjung secara khusus ke Kerajaan Bone dalam rangka mengajak Kerajaan Bone yang dipimpin Raja Bone terakhir Andi Mappanyukki untuk bergabung dengan NKRI. Ajakan tersebut tidak langsung disanggupi oleh Andi Mappanyukki, karena sang raja harus menjunjung kehendak rakyatnya.
Tujuh tahun kemudian (1957) sekitar 3000 orang sebagai refresentasi rakyat Bone, berkumpul di alun-alun kerajaan Bone. Mereka menggelar demonstrasi menyampaikan aspirasi agar kerajaan Bone bergabung dengan NKRI. Penyampaian aspirasi ribuan rakyat Bone itu, dilakukan dengan santun dan sopan, baik formulasi gerakan maupun tutur kata. Alun-alun inilah yang sekarang menjadi Lapangan Merdeka.
Lapangan Merdeka sekarang adalah alun-alun kota Watampone. Terletak di pusat kota, tepat di depan rujab Bupati. Lapangan ini baru saja selesai menjalani proyek revitalisasi sehingga menjadi lebih cantik di malam hari dan lebih nyaman. Lapangan ini selalu ramai di sore dan malam hari. Sebagai alun-alun kota, lapangan ini digunakan untuk kegiatan pemerintah daerah dan juga tempat melaksanakan sholat Ied.
Taman Arung Palakka yang dibangun tahun 2016 terletak di jantung Kota Watampone Kabupaten Bone Sulawesi Selatan kini tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota melainkan taman bunga ini juga berfungsi sebagai taman pendidikan yang dimanfaatkan warga untuk belajar. Di taman ini selain menikmati suasana damainya Bumi Arung Palakka, Anda juga bisa menikmati sarana Air Mancur Menari, dan berpose bersama keluarga di Patung Arung Palakka. Taman ini awalnya hanya berfungsi sebagai paru-paru kota yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman namun seiring dengan kebutuhan warga dalam memanfaatkan teknologi maka pemerintah Kabupaten Bone menjadikan taman ini menjadi taman wisata pendidikan lengkap dengan fasilitas internet gratis. Lapangan Merdeka Watampone yang dibangun tahun 2016 merupakan salah satu pilihan warga Bone bersantai bersama keluarga dan handai tolan. Terletak di Jantung Kota Watampone, bersebelahan dengan Taman Arung Palakka. Lapangan Merdeka Watampone selain menjadi sarana lapangan upacara juga menjadi tempat pelaksanaan berbagai event baik bertaraf lokal maupun nasional.[bp]
Video Lapangan Merdeka Kota Watampone Kab. Bone


Foto-Foto Lapangan Merdeka Kota Watampone Kab. Bone