15 Tempat Wisata Yang Lagi Hits di Kabupaten Sinjai

15 Tempat Wisata Yang Lagi Hits di Kabupaten Sinjai – Sahabat sekalian setelah pandemi Covid-19 mereda, hal pertama yang dilakukan masyarakat adalah mencari Destinasi wisata yang akan di tempati berpiknik ria setelah sekian lama dirumah aja, nah kali ini Berakhir Pekan akan share 15 tempat wisata di sinjai yang wajib anda kunjungi.

1. Air Terjun Pincuni
Air terjun ini menjadi tempat wisata di Sinjai yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Objek wisata ini terletak di Sinjai Barat dan bisa dikatakan menjadi wisata yang paling direkomendasikan. Tak hanya indah, panorama sekitarnya juga masih asri dan terjaga sehingga udaranya masih sangatlah segar. Pengunjung yang ingin melihat keindahannya memang harus membawa perbekalannya sendiri sebab masih belum ada fasilitas yang memadai.
2. Bukit Vandiam

Objek wisata yang banyak dikunjungi dan terbilang hits selanjutnya adalah Bukit Vandiam. Bukit ini bahkan tidak pernah sepi pengunjung meskipun terbilang baru. Panorama alamnya yang disajikan akan mampu menjernihkan pikiran para pengunjung. Menariknya untuk mampir ke lokasi ini tidak ada biaya yang harus dibayarkan oleh pengunjung. Ada beberapa spot foto yang bisa menjadi lokasi untuk mengambil foto yang keren.
3. Pulau Kanalo

Sinjai memang memiliki banyak pulau cantik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pulau Kanalo menjadi pulau yang banyak dikunjungi karena aksesnya yang mudah. Pulau ini memiliki 2 bagian pulau yang hanya dihubungkan dengan jembatan kayu. Pulau Kanalo berada di Desa Pulau Persatuan, Kecamatan Pulau Sembilan. Pengunjung akan meningkat di akhir pekan dan terdiri dari pengunjung lokal hingga luar daerah.
4. Bendungan PLTA Manipi

Bagi yang menyukai tempat yang sejuk, Bendungan PLTA Manipi bisa menjadi salah satu destinasi liburan yang mengesankan. Berada di dataran tinggi membuat daerah yang berbatasan langsung dengan Malino ini sangat sejuk. Daerah ini juga merupakan tempat dikembangkannya aneka sayur mayur. Masyarakat bahkan menyebutnya sebagai kota agrowisata. Menuju lokasi ini dibutuhkan waktu 60km perjalanan dari Ibu Kota Sinjai.
5. Air Terjun Laliako

Menjelajah Sinjai hingga puas ada baiknya untuk mendatangi air terjun satu ini. Air terjun bahkan menjadi favorit dan primadona untuk para wisatawan yang datang. Air terjun satu ini cukup luas, sehingga memungkinkan untuk dijadikan tempat berenang. Airnya yang jernih tentu akan mengundang pengunjung untuk merasakannya langsung. Meskipun jalan untuk menuju lokasi ini cukup menantang namun pemandangan yang ditawarkan sangat menakjubkan.
6. Pulau Liang-Liang

Pulau satu ini memang jarang didengar dibandingkan dengan tempat wisata di Sinjai yang lainnya. Namun keindahan yang ditawarkan akan mampu menyihir para pengunjungnya. Pesonanya ini juga tidak akan bisa ditemui dengan mengunjungi pulau yang lain. Terumbu karangnya sangat beragam akan sangat cocok digunakan tempat snorkeling. Apalagi air di pulau ini sangatlah jernih sehingga bisa melihat pemandangan dengan jelas.
7. Rumah Adat Karampuang

Seperti mengunjungi sebuah desa adat menjadi hal yang menarik dan memberikan sensasi tersendiri. Karena tidak semua kota di Indonesia masih memiliki kampung adat yang masih alami dan natural. Mengunjungi kabupaten Sinjau dan menuju ke objek budaya Karampuang tentu akan memberikan pengalaman tak terlupakan. Kampung Karampuang menjadi tempat yang masih menjaga serta melestarikan kebudayaan Sinjai yang asli satu satunya. Pada kampung adat ini, pengunjung juga masih bisa menikmati rumat adat dengan struktur Bugis kuno yang masih berdiri kokoh. Hingga kini rumah adat ini juga masih dihuni yakni, oleh Raja atau To Matoa dan rumah kedua ditinggali oleh Kepala Pemerintah Adat yang dikenal dengan sebutan Gella. Jika rumah adat tersebut akan direnovasi maka harus diselenggarakan upacara adat terlebih dahulu. Tertarik mengunjungi desa adat satu ini?
8. Mangrove Tongke-Tongke

Perjalanan liburan tak akan lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisata di Sinjai ini. Mengunjungi hutan mangrove memang kerap menjadi liburan yang menyenangkan, sebab udara yang sejuk dengan teduhnya hutan bakau mampu mengusir segala penat. Pengunjung bisa mengelilingi hutan ini dengan melewati jalan setapak dari kayu. Bahkan bisa mengunjungi kafe terapungnya. Objek wisata ini terletak di Kecamatan Sinjai Timur.
9. Pulau Larea Rea

Menikmati keindahan pantai pasir putih dengan airnya yang jernih bisa dilakukan dengan mengunjungi pulau Larea Rea. Pulau yang tidak berpenghuni ini memang sangat mempesona dan berhasil menarik perhatian banyak wisatawan. Setiap akhir pekan atau musim liburan tiba akan banyak yang mengunjungi pulau ini. Aktivitas yang bisa dilakukan di pulau yang terletak di Kecamatan Pulau Sembilan ini banyak sekali, mulai dari berenang hingga hanya sekedar berswafoto.
10. Air Terjun Barania

Nuansa alam dengan air yang jatuh dari ketinggian memang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Air Terjun Pussanti merupakan tempat wisata di Sinjai yang sangat direkomendasikan. Air terjun ini terletak di kaki gunung Bawakaraeng yang tentu udaranya sangat sejuk. Untuk mencapai air terjun ini dibutuhkan perjalanan kurang lebih 55 km dari pusat kota Sinjai. Meskipun membutuhkan perjalanan yang panjang keindahan yang diberikan tak akan mampu ditolak.
11. Bukit Pelangi

Menikmati nuansa perbukitan yang dipenuhi dengan kelap kelip lampu saat malam hari, memang mampu menentramkan hati. Hal ini bisa didapatkan dengan mengunjungi Bukit Pelangi yang berada di Sinjai Utara. Bukan berarti tidak bisa mengunjungi di siang hari, namun pemandangan malam harinya memang yang paling direkomendasikan. Menghabiskan waktu dengan orang yang tersayang tentu akan semakin berkesan dan menyenangkan.
12. Bamboo Village Tanassang

Objek wisata ini sangat cocok untuk yang menyukai berjalan kaki ringan menikmati pemandangan. Panorama alam yang cantik juga akan sangat cantik untuk dijadikan spot foto yang kece. Apabila mencari tempat wisata yang mampu menyediakannya maka kunjungi saja Bamboo Village Tanassang. Kampung Bambu ini memang memiliki banyak spot foto yang terbuat dari bambu. Tempat ini juga menyajikan pemandangan dari ketinggian yang mengagumkan.
13. Dermaga Setia

Tempat Wisata di Sinjai yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Dermaga Setia. Di dermaga ini selain bisa menikmati hamparan laut biru yang luas, juga bisa berenang. Airnya yang jernih menjadi salah satu daya tariknya sehingga, tempat ini seringkali dijadikan tempat berburu sunset. Pemandangannya yang menakjubkan memang bisa melepaskan segala penat dan lelah yang ada pada kepala. Dermaga Setia terletak di Jl. Setia Kelurahan Lappa, Sinjai Utara.
14. Pulau Burungloe

Sinjai memang memiliki banyak pantai menawan yang bisa dijadikan destinasi liburan. Pulau Burungloe contohnya, pulau ini memiliki keunikan tersendiri. Pulau ini dikelilingi tujuh sumur yang tertutup ketika air laut pasang dan akan muncul ketika surut. Uniknya air di dalam sumur masih air tawar. Hingga banyak mitos yang berkembang jika mandi dengan air sumur bisa enteng jodoh. Pulau ini juga tak begitu jauh hanya memakan 20 menit dengan speedboat.
15. Kampung Galung Barania

Kampung Galung ada sejak tahun lalu, dan dikembangkan oleh kepala desa dan masyarakat setempat. Kampung Galung menawarkan pemandangan indah khas pedesaan, sawah terasering. Di lokasi ini juga terdapat gazebo dan spot selfie yang menakjubkan. Lokasinya sangat mudah dijangkau oleh kendaraan umum. Makan di tepi sawah dengan pemandangan asri, tentu memberikan sensasi aduhai. Hal yang menarik dari Kampung Galung adalah sebagai tempat pas berswafoto. Apalagi menyajikan pemandangan hamparan sawah yang menghijau, ada gazebo yang bisa ditempati bersantai dan berteduh.[bp]