WISATA PUNCAK GUNUNG BUNTU SOPAI TORAJA UTARA, RUTE, TIKET DAN KEUNIKAANNYA

Toraja memang Penuh dengan potensi wisata unggulan, salah satunya yang sedang viral saat ini adalah Wisata Puncak Gunung Buntu Sopai yang terletak di Dusun Sanik Lembang Marante Kecamatan Sopai Kabupaten Toraja Utara. 

Wisata Buntu Sopai merupakan wisata nanjak gunung, namun anak-anak sampai orang tua pun bisa kesini. Objek wisata Buntu Sopai hanya berjarak 16 KM dari kota Rantepao dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dengan  menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Rutenya bisa dilihat dibawah video ini.

Desa Marante merupakan desa terpencil dan kategori desa termiskin, tapi memiliki objek wisata alam yang sangat menarik. Untuk itu jika pemerintah dengan  secepatnya lakukan pembenahan infrastruktur pada lokasi objek wisata Buntu Sopai maka akan mampu membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat di Kecamatan Sopai.

Rute Wisata Buntu Sopai

Wisata Panorama Gunung Buntu Sopai menawarkan keindahan alam toraja di ketinggian, puncak Buntu Sopai adalah 1.400 Mdpl. Untuk mencapai tempat ini jika dari Palopo, Rantepao maka terus-terus mengikuti jalan Poros ke Makale, sampai di Jembatan Alang-alang, belok kanan dan menuju kampung Landa, dipertigaan ke lembang Marante, Silahkan Belok Kanan lagi, dan ikuti jalan kecil namun berbeton sekitar 4 kilometer, sampai di atas ada pertigaan silahkan belok kanan lagi, dan yang naik kendaraan roda 4 silahkan simpan mobilnya di pekarangan warga, kemudian jalan kaki sekitar 1,5 KM ke puncak Buntu Sopai. Yang naik kendaraan roda 2 bisa naik motor ke gerbang pembayaran wisata buntu sopai, dengan catatan tidak hujan, karena jalan ke gerbang masih jalan tanah. 

Untuk mencapai tempat ini jika dari Makassar, Pare-pare, Sidrap, Enrekang, Kota Makale maka terus-terus mengikuti jalan Poros ke Kota Rantepao, sampai di Jembatan Alang-alang (sebelum Kota Rantepao), belok kiri dan menuju kampung Landa, dipertigaan ke lembang Marante, Silahkan Belok Kanan lagi, dan ikuti jalan kecil namun berbeton sekitar 4 kilometer, sampai di atas ada pertigaan silahkan belok kanan lagi, dan yang naik kendaraan roda 4 silahkan simpan mobilnya di pekarangan warga, kemudian jalan kaki sekitar 1,5 KM ke puncak Buntu Sopai. Yang nauik kendaraan roda 2 bisa naik motor ke gerbang pembayaran wisata buntu sopai, dengan catatan tidak hujan, karena jalan ke gerbang masih jalan tanah.










Lokasi Buntu Sopai


Tiket Masuk Wisata Buntu Sopai

  • Sejak 1 April 2021, Pemerintah lembang marante menerbitkan karcis tanda masuk wisata tangga 1.000 panorama buntu Sopai,yakni sebesar Rp.10.000 / Orang Dewasa, anak-anak free, dan biaya parkir Rp. 3.000 / Motor.

Pantangan di Wisata Buntu Sopai

Berhubung Puncak gunung Sopai di sakralkan oleh penduduk setempat maka di tempat ini ada pantangan atau larangannya, antara lain:

Larangan/Pantangan Khusus:

  • Dilarang Membawa bekal atau makanan dari pesta rambu Solo’;
  • Dilarang Membawa bekal atau makanan Pa’tong Kide (Menu RW/Anjing)’
  • Dilarang membawa Jagung;
  • Dilarang Memakai Baju/celana atau Kostum Serba Hitam;

Larangan dan Pantangan Umum:

  • Dilarang menebang pohon;
  • Dilarang mengambil barang atau alat di lokasi’
  • Dilarang mencoret-coret bangunan, pohon atau batu;
  • Dilarang membangun di lokasi;
  • Dilarang menjual di lokasi;
  • Dilarang merusak di lokasi;

Post a Comment

0 Comments