Jadwal Ritual Adat Rambu Solo’ atau Ritus Pemakaman Toraja Terbaru Desember 2021

Jadwal Ritual Adat Rambu Solo’ atau Ritus Pemakaman Toraja  Terbaru Akhir Tahun 2021 - Rambu solo adalah sebuah upacara pemakaman secara adat yang mewajibkan keluarga almarhum membuat sebuah pesta sebagi tanda penghormatan terakhir pada mendiang yang telah pergi. Upacara rambu solo’ berasal dari kepercayaan aluk todolo’. Istilah aluk rambu solo’ terbangun dari tiga kata, yaitu aluk (keyakinan), rambu (asap atau sinar), dan turun. Dengan demikian, aluk rambu solo’ dapat diartikan sebagai upacara yang dilaksanakan pada waktu sinar matahari mulai turun (terbenam). Sebutan lain untuk upacara ini adalah aluk rampe matampu’. Aluk artinya keyakinan atau aturan, rampe artinya sebelah atau bagian, dan matampu’ artinya barat. Jadi, makna aluk rampe matampu ’adalah upacara yang dilaksanakan di sebelah barat dari rumah atau tongkonan.upacara rambu solo sudah dilaksanakan dimulai kira-kira abat ke-9 masehi dan dilaksanakan turun-temurun sampai saat ini. Kata Rambu Solo' dalam bahasa Toraja yang secara harafiah berarti asap yang arahnya ke bawah.Asap yang arahnya ke bawah artinya ritus-ritus persembahan (asap) untuk orang mati yang dilaksanakan sesudah pukul 12 ketika matahari mulai bergerak menurun. Rambu solo’ sering juga disebut Aluk Rampe Matampu’, ritus-ritus di sebelah barat, sebab sesudah pukul matahari berada di sebelah barat. Oleh karena itu ritus-ritus persembahan dilaksanakan di sebelah barat Tongkonan, rumah adat Toraja.

Bagi anda yang ingin menyaksikan langsung upacara adat rambu solo’ di Toraja, admin akan share jadwal rambu solo’ Toraja utara selama tahun 2021. Informasi ini valid karena kami dapat langsung dari sosmed dinas pariwisata Toraja Utara.

Jadwal Rambu Solo' Desember 2021

Lokasi: Lingkungan Tampak, Kelurahan Laang Tanduk, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara

  • Tgl 4 Desember 2021: Ma'pasonglo
  • Tgl 6 Desember 2021: Katongkonan
  • Tgl 7 Desember 2021: Katongkonan
  • Tgl 8 Desember 2021: Mantunu Tedong
  • Tgl 9 Desember 2021: Ma'kaburu'
Lokasi: Tongkonan Bai', Kelurahan Deri' Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara (Almarhumah Anastasya Mangallo)

  • Tgl 18 Desember 2021: Ma'palao
  • Tgl 20 Desember 2021: Katongkonan
  • Tgl 21 Desember 2021: Mantunu Tedong
  • Tgl 22 Desember 2021: Meaa'.

Ok bagi anda yang infin berwisata ke toraja dan melihat secara langsung rambu solo; toraja, silahkan catat tanggal diatas, dan bagi anda yang ingin tahu apa sih rambu solo’ toraja itu? Silahkan tonton video dibawah ini:



Jangan lupa ikuti kami di IG untuk update selanjutnya: