Pantai Kuta, pantai Yang Legendaris, Salah Satu Dari Sedikit Wisata Bali yang Gratis

Pantai Kuta, pantai Yang Legendaris, Salah Satu Dari Sedikit Wisata Bali yang Gratis - Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di kecamatan Kuta, sebelah selatan Kota Denpasar, Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Selain itu, Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta. Sebelum menjadi objek wisata, Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang tempat produk lokal diperdagangkan kepada pembeli dari luar Bali. Pada abad ke-19, Mads Lange, seorang pedagang Denmark, datang ke Bali dan mendirikan basis perdagangan di Kuta. Ia ahli bernegosiasi sehingga dirinya terkenal di antara raja-raja Bali dan Belanda. Selanjutnya, Hugh Mahbett menerbitkan sebuah buku berjudul “Praise to Kuta” yang berisi ajakan kepada masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata. Tujuannya untuk mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Buku itu kemudian menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan tempat hiburan. Pantai Kuta terkenal memiliki ombak yang bagus untuk olahraga selancar (surfing) terutama bagi peselancar pemula. Selain keindahan pantai, wisata pantai Kuta juga menawarkan berbagai jenis hiburan seperti bar, restoran, pertokoan, restoran, hotel, dan toko-toko kelontong, serta pedagang kaki lima di sepanjang pantai menuju Pantai Legian. Pantai Kuta dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai dalam kondisi jalanan lancar. Sebagai tempat wisata pantai, pantai Kuta dilengkapi lahan parkir di sepanjang pantai, kamar mandi umum, payung pantai, kios makanan dan minuman, serta tempat penyewaan papan selancar.

Apa Keistimewaan Pantai Kuta? Bagi kamu yang belum pernah liburan ke Pantai Kuta Bali, maka pertanyaan ini akan muncul sebelum kamu memutuskan untuk mengunjungi Kuta Beach. Berikut ini, saya akan tuliskan untuk kamu mengenai keistimewaan pantai Kuta sebagai tempat liburan di Bali. Sebagai salah satu tempat wisata pantai yang ada di pulau Bali, pantai Kuta adalah jantungnya pariwisata pulau Bali. Mungkin dapat saya katakan, pantai Kuta adalah tempat wisata yang paling terkenal di Bali dan paling ramai di kunjungi wisatawan. Bagaimana menurut anda, apakah anda berpendapat sama? Garis pantai di Kuta Bali memiliki bentangan sejauh 2.5 kilometer dan dapat saya katakan garis pantai terbaik di pulau Bali. Kemudian hamparan garis pantai sangat landai, dan bibir pantai sangat luas dengan tekstur pasir putih halus. Di sisi utara pantai Kuta berbatasan dengan Pantai Legian. Sedangkan pada sisi selatan Kuta beach berbatasan dengan pantai Tuban dan pantai Kelan. Di sepanjang garis pantai Kuta, pengunjung akan dengan mudah menemukan hotel, restoran, shopping mall serta bar.

Pantai Kuta sangat aman untuk tempat liburan, baik untuk liburan keluarga dengan anak atau untuk bulan madu. Selain itu kebersihan pantai Kuta lumayan terjaga karena area pantai Kuta di kelola oleh desa adat Kuta. Oleh karena itu, walaupun hamparan garis pantai begitu panjang, namun selalu di penuhi wisatawan. Andai kamu ingin liburan ke pantai terbersih di pulau Bali, maka ada baiknya kamu mengunjungi pantai Mengiat Nusa Dua dan pantai Geger Nusa Dua. Saat ini, selain pantai Kuta Bali, pantai yang banyak di kunjungi saat liburan oleh wisatawan domestik adalah pantai Pandawa Bali.

Aktivitas wisatawan saat liburan ke pantai Kuta, sebagian besar berjemur di tepi pantai, berselancar, berenang, serta jalan-jalan pada tepi pantai. Apabila saya liburan ke Kuta beach, biasanya saya duduk santai di pinggir pantai sambil menikmati minuman dingin. Karena pantai Kuta Bali, memiliki gelombang ombak besar, jadi sangat cocok untuk lokasi aktivitas berselancar. Oleh karena itu, banyak peselancar dari belahan dunia memilih pantai Kuta Bali, sebagai lokasi surfing di Bali.

 







Bagi peselancar pemula, tidak perlu khawatir untuk membawa papan selancar jika ingin berselancar di Kuta Beach. Di sepanjang garis pantai banyak tersedia tempat penyewaan papan surfing dengan harga yang bervariasi, tergantung besar dan kualitas bahannya. Rata-rata harga sewa papan selancar sekitar Rp 150,000 untuk dua jam. Jika anda ingin belajar selancar juga tersedia di Kuta Beach, anda akan di temani pemandu selancar yang sudah berpengalaman dan selalu siap membantu anda memecah gelombang ombak pantai. Jika pantai Sanur Bali, lebih cocok untuk lokasi melihat sunrise, maka berbeda dengan pantai Kuta yang lebih cocok untuk melihat pemandangan matahari terbenam. Sebagian besar wisatawan Indonesia yang liburan ke pantai Kuta, akan jalan-jalan di sekitar pantai. Menjelang matahari terbenam, banyak wisatawan akan mencari tempat duduk di tepi pantai sambil menikmati minuman dingin. Menjelang sore hari wisatawan yang menginap di sekitar Kuta, biasanya berjalan-jalan menuju pantai untuk sekedar berjemur, sambil menikmati matahari terbenam. Jika cuaca lagi cerah, matahari akan terbenam sekitar jam 18.00.

Pedagang makanan dan minuman kecil juga tidak kalah bersaing dengan restoran yang ada di sekitar pinggir pantai. Penjual minuman dingin di tepi pantai Kuta ada banyak. Selain itu, mereka menyediakan tempat duduk yang dapat anda gunakan tanpa adanya bayaran tambahan jika anda membeli minuman dengan mereka. Lelah menyusuri pantai, ibu – ibu penduduk lokal setempat, sudah siap menanti menawarkan jasa pijat. Dengan berbekal selembar tikar, minyak urut dari kelapa, di campur garam bertarif Rp 75.000/jam. Terutama para peselancar selalu langganan dengan jasa pijat ibu-ibu tersebut. Selain sebagai tempat wisata, pantai Kuta Bali sering di jadikan lokasi syuting serial televisi anak muda di Indonesia. Anak-anak pantai setempat kadang-kadang ikut terlibat. Mereka kebagian sebagai peran pembantu. Sayangnya pengambilan gambar sering terganggu karena pantai selalu ramai pengunjung.

Lokasi pantai Kuta Bali sangat strategis membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Jika anda menyusuri area bibir pantai menuju arah utara, maka anda akan menemukan lokasi pantai Legian, kemudian pantai Seminyak. Jika anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Maka hanya perlu 15 menit untuk mencapai lokasi pantai Kuta. Namun jika terjadi kemacetan di jalan raya, maka waktu tempuh menjadi lebih panjang.[bp]