Wisata Garuda Wisnu Kencana GWK Terbaru Tahun 2022

Wisata Garuda Wisnu Kencana GWK Terbaru Tahun 2022 - Garuda Wisnu Kencana atau GWK merupakan sebuah tempat monumental yang merupakan mega proyek yang dikembangkan sebagai taman budaya yang menampung berbagai kegiatan seni dan budaya lokal, berada pada sebuah bukit tandus dengan luas 240 hektar. Tempat wisata yang berada di wilayah Bali Selatan ini menjadi destinasi tour wajib bagi mereka yang liburan ke pulau Dewata Bali. Garuda Wisnu Kencana atau disingkat dengan nama GWK, tempat ini menjadi salah satu tempat rekreasi dan objek wisata populer di kawasan Bali Selatan. Itulah sebabnya setiap agen perjalanan hampir dipastikan mengemas paket tour di Bali dengan mengagendakan berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana – GWK Bali.

Berbagai informasi tentang keberadaan tempat wisata ini memang sudah sangat mudah Kamu  temukan di Internet yang menawarkan daya tarik berbeda dengan keindahan dan budaya yang ditawarkan dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Bali, sehingga tidak mengherankan Garuda Wisnu Kencana – GWK Bali ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik asing maupun domestik, apalagi saat liburan tiba pengunjung yang datang semakin banyak.

Jadi Kamu  yang baru pertama kali datang dan liburan ke pulau Dewata Bali, maka objek wisata ini wajib Kamu  kunjungi, apalagi lokasinya yang strategis, berada berdekatan dan searah perjalanan tour dengan tempat rekreasi populer lainnya seperti pantai PKamu wa, Tanjung Benoa dan Pura Uluwatu. Dan GWK satu-satunya destinasi wisata selain pantai yang paling hits dan populer di wilayah Bali Selatan.

Nama dari objek wisata GWK Bali identik dengan keberadaan patung Garuda Wisnu Kencana, yang mana patung Dewa Wisnu sebagai simbol Dewa pemelihara alam semesta beserta isinya, mengendarai seekor burung garuda. Bagi umat Hindu, Dewa Wisnu adalah salah satu bagian dari Dewa Trimurti diyakini sebagai dewa Pelindung dan Pemelihara.

Proses pengerjaan patung Garuda Wisnu Kencana – GWK Bali tersebut memang pernah terjadi kendala, hanya beberapa bagian saja yang baru kelar dan ditempatkan di beberapa tempat terpisah, yang lebih sering kita lihat melalui media internet adalah kepala patung garuda yang menoleh ke kiri, bagian tubuh dan kepala Dewa Wisnu, namun sekarang warga Bali bisa bangga, karena patung tersebut sudah tuntas dikerjakan.

Patung Garuda Wisnu Kencana – GWK ini berdiri megah dengan ketinggian 120 meter dari atas permukaan bukit, dan merupakan hasil karya I Nyoman Nuarta seorang pematung terkenal di Bali. Penggarapan beberapa bagian patung yang sudah selesai dengan ketinggian 10 – 20 meter ini, kembali dilanjutkan sejak bulan Mei 2013 dan selesai dikerjakan pada tahun 2018.







Jika Kamu  berkunjung ke objek wisata GWK Bali, maka pada bagian selatan adalah tempat bertenggernya patung Garuda Wisnu Kencana ini. Ketinggian patung ini akan melebihi ketinggian patung Liberty yang hanya setinggi 93 meter.

Ini menjadi karya anak bangsa yang spektakuler dan mengukuhkan taman budaya Garuda Wisnu Kencana sebagai patung tertinggi ke-3 di dunia, menjadi tempat wisata dan destinasi tour wajib dikunjungi saat liburan di pulau Dewata Bali.

Tempat rekreasi taman budaya GWK Bali terletak di desa Unggasan, jalan raya Uluwatu, kecamatan Kuta Selatan, Badung, masuk dalam kawasan peta wisata Bali Selatan. Dari bKamu ra butuh sekitar 20 menit berkendaraan menuju ke arah objek wisata Uluwatu. Berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana bisa dengan sewa mobil di Bali, Kamu  bisa mengemas perjalanan dengan mengunjungi tempat wisata searah dan terdekat lainnya seperti objek wisata pantai , pantai Balangan, pantai Padang-padang, Suluban, Dreamland dan objek wisata Uluwatu. Memang kawasan pariwisata Bali Selatan ini didominasi dengan pemKamu ngan alam laut, kecuali Garuda Wisnu Kencana, menjadi salah satu objek wisata selain pantai yang menjadi tujuan tour wajib di Bali.

Kawasan pariwisata Bali Selatan memang selalu ramai dikunjungi, selain menawarkan banyak destinasi wisata indah, kawasan Bali Selatan berdekatan dengan pusat-pusat pariwisata di pulau Bali dan Kamu ra Ngurah Rai. Daya tarik dari objek wisata GWK Bali ini tidak hanya pada patung Garuda Wisnu Kencana yang sudah berdiri tegak, tetapi juga berbagai pementasan seni tari tradisional Bali yang dimulai pukul 10.00 sampai pukul 19.15 witsa.

Tempat wisata di Bali Selatan ini buka setiap hari, dari pukul 08.00 – 22.00 wita. Aneka macam hiburan yang ada bisa Kamu  saksikan tidak perlu ada biaya tambahan, semua Kamu  bisa saksikan dengan leluasa.

Tari Barong di GWK Bali

Adapun jadwal pertunjukan seni di tempat wisata Garuda Wisnu Kencana Bali, seperti berikut;

  • 10.00 – 10.40: Tari Barong dan keris dance.
  • 11.10 – 11.50: Tari Bali.
  • 12.00 – 12.50: Tari Bali.
  • 13.10 – 13.50: Garuda Wisnu Balet.
  • 14.00 – 14.40: Tari Bali.
  • 15.00 – 15.40: Tari Bali.
  • 16.10 – 17.20: Balinese Parade.
  • 17.30 – 18.30: Joged Bungbung.
  • 18.30 – 19.15: Tari Kecak.

Jika ingin menyaksikan sejumlah tarian, bisa bersantai sepanjang hari di GWK Bali ini, atau atur kunjungan tour di Bali Kamu  sesuai jadwal pementasan tari Bali tersebut di atas. Kamu  cukup membayar sekali tiket masuk saja, selain bisa menyaksikan alam indah sekitarnya, kemegahan patung juga berbagai hiburan yang disediakan. Perlu diketahui untuk bisa masuk ke dalam patung GWK dan naik menuju bagian puncak, maka akan dikenakan biaya tiket tambahan. Bukit kapur tempat wisata GWK Bali, tampil begitu indah dan menarik, bukit ini di keruk dan dipotong-potong, sehingga sekilas terlihat seperti tanah timbul yang berupa gundukan tanah berbentuk segiempat.

Potongan-potongan tanah tersebut enciptakan lorong-lorong indah dan terdapat tanah lapang yang cukup luas, tempat pementasan berbagai pertunjukan spektakuler dan instagramable. Garuda Wisnu Kencana ini berkembang menjadi tempat pameran seni dan budaya, menjadi wadah informasi dan juga komunikasi budaya terutama budaya Bali bahkan sampai budaya Internasional. Di objek wisata Garuda Wisnu Kencana terdapat juga dua buah restoran yaitu Jendela Bali dan The BerKamu s, butik dan toko souvenier, Amphitheatre, Street Theatre, Wisnu Plaza, Exhibition Hall, Lotus Pond dan juga Indraloka Garden. Berkunjung ke objek wisata di Bali ini Kamu  akan mendapatkan berbagai pengalaman liburan menarik. Ide pembangunan Patung GWK ini pada tahun 1989 ketika saat itu seniman Nyoman Nuarta bertemu dengan dua menteri di zaman pemerintahan Soeharto, yaitu Joop Ave dan IB Sujana, serta dan Gubernur Bali saat itu Ida Bagus Oka. Setelah pembebasan lahan tahun 1990, maka dilakukan groundbreaking dilakukan pada tahun 1997. Karena krisis ekonomi membuat pengerjaanya berhenti.

Setelah mendapatkan suntikan dana, maka pada tahun 2013 pengerjaanya dilanjutkan, melibatkan seniman Nyoman Nuarta dan  120 seniman lainnya, dan akhirnya rampung sekarang bisa rampung, setelah penantian panjang selama 28 tahun.

Tepatnya pada tanggal 4 Agustus 2018 akhirnya berdiri tegak, dengan ketinggiannya yang mencapai 121 meter dari permukaan tanah sanggup melebihi ketinggian patung Liberty di Amerika.  Dan pada tanggal 22 September 2018 akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dihadiri juga oleh bapak Gubernur Bali I Wayan Koster.

  • Tiket Masuk Ke Garuda Wisnu Kencana – GWK Bali
  • Dewasa: Rp 125.000/orang
  • Anak: Rp 100.000/anak

Harga tiket masuk tersebut untuk WNI, sedangkan WNA Rp 165.000/dewasa dan Rp 125.000/anak. Walaupun harga tiket masuk Garuda Wisnu Kencana terbilang lebih tinggi dibandingkan harga rata-rata tiket masuk ke sejumlah tempat rekreasi atau objek wisata di Bali lainnya. Namun demikian Kamu  bisa mendapatkan banyak hal di GWK Bali. Apalagi sekarang Kamu  setelah patung GWK tersebut diresmikan Kamu  bisa menyaksikannya dari dekat dan disediakan shuttle khusus menuju tempat patung tersebut.