Terbaru!!! Inilah 13 TEMPAT WISATA DI MAROS Yang Layak Anda Kunjungi di Tahun 2023 Ini

13 Tempat Wisata di Maros – Salah satu daerah terdekat di Kota Makassar ibukota provinsi sulawesi selatan adalah Maros atau kabupaten maros. Maros merupakan daerah penyanggah ibukota provinsi sulsel, kota Makassar. Keadaan geografis Maros cukup beragam, dari pinggir pantai, dataran rendah, dataran tinggi sampai pegunungan. Dari pantai kuri sampai pegunungan camba mallawa cenrana. Nah berakhir pekan akan share informasi mengenai 13 tempat wisata di Maros Kekinian terbaru tahun 2023. Langsung saja disimak ya para travellers.

13 Tempat Wisata di Maros Terbaru 2023

1. Air Terjun Lacolla

Tidak hanya Air Terjun Bantimurung tetapi ari terjun Lacolla juga memiliki keindahan tersendiri. Objek wisata ini memang belum teerkspos di media online. Tatapi pengunjung tak akan rugi untuk melihat langsung bagaimana keindahannya. Sebab jarak dari kampung terakhir dengan air terjun kurang lebih 2 km dan dilanjutkan dengan jala kaki menuruni bukit agar sampai sungai sejauh 300 meter. Alamat air terjun lacolla ini berada di Dusun Malaka, Cenrana Baru. Tepatnya di Kabupaten Maros yang mana pengunjung harus menyiapkan kekuatan dan kesehatan fisik agar bisa menuruni 1000 anak tangga dari bukit.

2. Air Terjun Bantimurung

Air Terjun Bantimurung menjadi salah satu tujuan wisata paling favorite di Maros. Terletak di taman nasional Bantimurung, wisatawan akan dimanjakan dengan kesejukan yang berasal dari gunung Bulusaraung yang akan membuat liburan Anda menjadi menyenangkan. Suasana yang asri dengan aliran air yang jernih cocok untuk berlibur sekaligus melepas penat. Ketika berkunjung kesini Anda akan disambut dengan monument kera sakti di pintu masuknya. Anda bisa berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan alam, selain itu Anda juga dapat membeli cinderamata khas Bantimurung berupa kupu-kupu yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Air terterjun ini terletak di taman wisata bantimurung, Bantimurung, Maros.

3. Taman Purbakala Leang-Leang

Tempat wisata Taman Leang-Leang merupakan salah satu cagar budaya yang terletak di wilayah taman nasional Bantimurung. Terletak sekitar 11 km dari pusat kota taman ini dikelilingi oleh batuan kartz curam yang menambah keindahannya. Di taman ini Anda akan menemukan lukisan seperti kehidupan prasejarah di dinding gua nya, cocok bagi Anda yang menyukai hal-hal tentang peradaban manusia. Selain lukisan, Anda juga akan menemukan berbagai artefak berupa bilah, kulit kerang dan serpih yang terdeposit di bagian pintu masuk goa. Para wisatawan dapat menelusuri area gua dengan mendaki melalui anak tangga yang telah disediakan. Di lokasi Taman Leang-Leang juga dilengkapi dengan fasilitas berupa toilet dan jalur tracking untuk memudahkan para pengunjung.

4. Air Terjun Pung Bunga Tompobulu

Keindahan yang ditawarkan oleh Air Terjun Pung Bunga Bontomanurung akan membuat orang terpesona, sehingga tidak heran jika memasuki musim liburan air terjun ini akan banyak didatangi para wisatawan. Terletak 35 km dari maros, perpaduan dari keindahan air terjun, suara gemuruh air dan suasana asri akan membuat penat para pengunjung hilang seketika. Terdiri dari dua tingkat air terjun dengan ketinggian 20 m dan kolam tampungan alami dibawahnya membuat para pengunjung dapat menikmati air kolam dengan berenang atau hanya bermain air. Hal lain yang unik tentang air terjun ini adalah debit airnya yang tidak pernah surut sepanjang tahun, namun akan menurun pada puncak musim kemarau.

5. Air Terjun Jami Tompobulu

Masih dari wisata alam, air terjun jami terletak di kecamatan Tompobulu, Maros. Keindahan jernihnya air yang disuguhkan oleh air terjun ini membuat para pengunjung bahkan dapat melihat dasar kolamnya. Jalur menuju ke air terjun dipenuhi dengan rindangnya pepohonan yang memberikan kesan asri sehingga akan memanjakan mata para pengunjung. Selain itu cahaya matahari yang menerobos melalui celah dedaunan dan terpantul di bebatuan besar menghasilkan efek pencahayaan yang eksotis dan indah untuk diabadikan dengan kamera ponsel Anda. Hanya saja belum terdapat cukup fasilitas disini, oleh karena itu jika Anda berencana untuk berlibur kesini pastikan membawa perlengkapan yang memadai.

6. Danau Kassi Kebo

Wisatawan yang ingin mendapat tempat wisata berbeda juga bisa datang ke Danau Kassi Kebo. Pengunjung memang harus menempuh jarak kurang lebih 800 meter dari Air Terjun Bantimurung. Ada jalan setapak dan ratusan anak tangga kemudian ada pepohonan rindang di pinggirnya dan udara yang masih begitu sejuk. Disamping ada jalan setapak, pengunjung juga bisa melihat adanya aliran sungai yang berwarna hijau tosca dan inilah aliran daari Danau Kassi Kebo. Letak Danau Kassi Kebo ini berada di dalam Taman Nasional Bantimurung, Bulusaurung. Peringatan yang harus diperhatikan adalah tidak mandi atau berenang pada danau ini karena pusaran air di dalamnya yang kuat dan menelan banyak korban.

7. Tamangura Hills

Tenarnya tempat wisata yang diekspos ke mancanegara memang menarik minat mereka untuk berkunjung. Banyak pelancong dari penjuru dunia untuk bisa menyempatkan diri mencicipi tempat wisata ini. Seperti bukit tamangura yang mana pengunjung bisa menemukan bukit hijau, kars yang menjulang tinggi dan menghasilkan lorong batu yang indah serta batu yang berbentuk hewan. Pengunjung juga bisa datang untuk bermalam dan menikmati keindahan alam yang ada di malam hari. Bukit Tamangura ini berada di Desa Baruga, Dusun Samariga, Kabupaten Maros. Tempat wisata yang dianggap sebagai warisan dari nenek moyang yang bertahan sampai detik ini.

8. Air Terjun Taipa Tompobulu

Air terjun Taipa menjadi salah satu wisata alam tersembunyi di daerah Maros, karena terletak 30 km dari pusat kota Maros dengan medan tempuh yang sulit. Tapi percayalah, lelah yang Anda alami selama perjalanan akan hilang seketika sesaat Anda tiba di lokasi yang akan menawarkan keindahan air terjun dengan tujuh tingkatan ini. Tujuh tingkatan air terjun ini semakin ke atas semakin terjal, sehingga bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan air terjun dari atas wajib mempersiapkan kondisi fisik Anda sebaik mungkin. Di daerah sekitar air terjun ini juga terdapat penginapan bagi Anda yang merasa lelah setelah perjalanan dan berpetualang. Anda juga akan menemukan fasilitas penunjang lain berupa parkiran dan toilet.

8. Pemandian Reatoa

Tempat wisata Pemandian Reatoa ini tidak hanya menyajikan pemandangan alam yang indah namun juga suasana berendam di kolam air hangat. Tempat wisata yang satu ini ramai dikunjungi oleh wisatawan tiap akhir pekan. Di area ini terdapat dua air terjun yang merupakan air terjun panas alami dan air terjun dingin. Ketika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda tinggal memilih untuk berendam di kolam air panasnya atau kolam air dinginnya. Terdapat dua kolam besar dan kecil sehingga anak-anak bisa bermain sepuasnya. Selain itu sensasi berendam di kolam air panas memiliki manfaat yang bagus dalam meredakan sakit kepala dan membuat tubuh kembali fresh.

9. Waterboom Grandmall Maros

Mall yang juga memiliki nama lain Grand Mall Mandai ini merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang mengaplikasikan gaya arsitektur Eropa Klasik. Anda dapat melihatnya dari detail fasad bangunan dengan ciri khas pilar-pilar estetik. Nuansa Eropa Klasik terasa semakin kuat dari adanya ornamen-ornamen berupa lukisan dan patung khas Eropa. Hampir keseluruhan interior mall juga berhiaskan dekorasi bernuansa Eropa, terutama Yunani. Dengan luas sekitar 8 Ha, tempat wisata Makassar ini memang pantas mendapat predikat sebagai pusat perbelanjaan terbesar dan terlengkap di Makassar. Sama halnya ketika Anda masuk ke mall-mall terkenal di kota Anda, Anda tidak perlu membeli tiket untuk dapat masuk ke dalam kawasan pusat perbelanjaan. Demikian juga ketika Anda ingin masuk ke mall ini. Pengunjung hanya perlu membeli tiket untuk dapat masuk di gerai-gerai tertentu. Misal bioskop, waterboom, dan mall game. Ticketing system semacam ini berlaku untuk hampir semua mall di Indonesia.

10. Kampung Karst  Rammang-Rammang

Kampung Rammang-Rammang merupakan kampung wisata yang dikelilingi oleh gugusan batuan karst. Ditambah dengan adanya aliran sungai alami dan hamparan sawah yang luas membuat pemandangan di desa ini menjadi lebih indah. Batuan karst disini adalah yang terluas di Indonesia dan terluas ke 3 setelah Vietnam dan Thailand. Disini Anda bisa mengelilingi sungai sambil menikmati pemandangan batuan karst dan sawah yang indah dengan menyewa perahu. Selain itu Anda juga dapat menikmati keindahan Taman Batu Kapur, Telaga Bidadari, Gua Bulu Barakka dan Gua Tapak Tangan dimana Anda bisa menemukan cap tangan manusia purba. Lokasinya terletak tidak jauh dari kampung Rammang-Rammang.

11. Pantai Kuri Maros

Pantai Kuri Maros memiliki keindahan pada bibir pantainya dengan lempengan batu yang terbentang di atasnya. Selain menikmati keindahan pantai Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan hutan mangrove yang terbentang luas. Ekosistem di Pantai Kuri Maros terbilang cukup terjaga, dimana Anda tidak akan menemukan sampah berserakan dan suasananya yang masih alami. Pantai Kuri Maros terletak tidak jauh dari pusat kota Maros, dan berada di antara kota Maros dan kota Makassar. Anda bisa menyewa perahu di siang hari untuk mengelilingi keindahan hutan mangrove, dan menikmati keindahan matahari terbenam pada sore hari dan ketika malam tiba Anda akan disuguhi keindahan gemerlap lampu kota Makassar dari kejauhan.

12. Puncak Makkaroewa Cenrana

Dari atas puncak Makkaroewa ini Anda bisa menikmati pemandangan yang mempesona seperti pepohonan hijau rindang dan suasana yang sejuk. Waktu yang tepat untuk Anda berkunjung adalah siang hari karena Anda akan disuguhkan oleh perpaduan biru langit dan hijau pepohonan yang indah. selain itu Anda juga dapat menikmati beberapa spot foto yang telah disediakan.

13. Gunung Bulu Saukang Tompobulu

Jika Anda suka berpetualang ke alam Anda bisa mencoba berlibur ke Gunung Bulu Saukang. Dari atas puncak Gunung Bulu Saukang para pengunjung bisa menyaksikan keindahan gunung lain seperti gunung Lompobattang dan gunung Bulusaraung. Selain itu Anda juga bisa menyaksikan landscape beberapa kota yang indah seperti kota Makassar dengan hamparan biru lautan.

Demikianlah artikel mengenai 13 Tempat Wisata di Maros Kekinian terbabaru 2023, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]