50 Tempat Wisata di Kabupaten Bangli Bali Terbaru 2024

50 Tempat Wisata di Kabupaten Bangli Bali Terbaru 2024 – Sahabat berakhir pekan pada kesempatan kali ini Blog ini akan share artikel mengenai 50 tempat wisata di Bangli terbaru 2024. Kabupaten Bangli adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di provinsi Bali, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kecamatan Bangli. Kabupaten Bangli adalah satu-satunya kabupaten di provinsi Bali yang tidak memiliki wilayah laut atau berbatasan langsung dengan laut, sehingga Bangli tidak memiliki pantai di tepi laut. Kabupaten Bangli berbatasan dengan Kabupaten Buleleng di sebelah Utara, kabupaten Klungkung dan Karangasem di Timur, dan Kabupaten Klungkung, Gianyar di Selatan serta Badung dan Gianyar di sebelah Barat. Bangli mempunyai luas sebesar 519,00 km², dan jumlah penduduk pada akhir 2023 sebanyak 258.146 jiwa. Objek wisata di daerah ini antara lain adalah danau Batur. Berikut ini 50 Tempat Wisata di Kabupaten Bangli:

1. Wisata Air Terjun Sangsang

Wisata yang ada di kota Bangli selanjutnya adalah wisata air terjun sangsang yang memiliki keindahan alam nan menawan. Terletak di antara tebing membuatnya terlihat sangat menawan. Aliran airnya yang cantik cocok sekali dijadikan tempat foto. Selain itu aliran air yang cukup tinggi ini memiliki volume air yang lebih banyak ketika musim penghujan jadi akan menghasilkan pemandangan yang lebih menawan lagi. Bebatuan besar yang tersusun rapi di bagian bawah sungai mempercantik penampakan sungai dan membuat siapa saja tidak sabar ingin segera mandi atau sekedar bermain air demi melepas rasa penat setelah berjalan cukup jauh ke lokasi air terjun.

2. Wisata Bukit Demulih

Ingin merasakan berlibur di kawasan bukit yang memiliki panorama alam nan menawan? Kamu bisa mencoba datang langsung ke wisata Bukit Demulih yang ada di Demulih, Kec. Susut, Kab. Bangli, Bali. Dari atas bukit kamu bisa mlihat hamparan tumbuhan hijau yang ada di lembah selain itu pemandangan di pagi hari saat sunrise merupakan momen terindah dimana lembah bukit akan tertutup kabut putih yang terlihat seolah kamu sedang berada di negeri atas awan.

3. Menikmati Indahnya alam Kintamani

Menikmati indahnya alam kintamani menjadi hal wajib yang harus kamu lakukan saat berkunjung ke kota Bangli, sebab kawasan ini sangat populer dan selalu ramai dikunjungi. Kamu tidak akan bisa membayangkan betapa indahnya alam semesta ciptaan Tuhan khususnya bumi Kintamani dimana panorama gunung yang begitu indah dengan udaranya yang sejuk membuat siapa saja betah berlama – lama disini. Pemandangan gunung Batur nan menawan semakin sempurna dengan adanya danau Batur di bagian lereng gunung Menanti sunset di kala senja menjadi hal yang sangat menyenangkan sembari menikmati secangkir kopi bersama pasangan akan membuat suasana semakin romantis. Terdapat pula deretan rumah makan yang menjual kuliner khas kota Bali yang pastinya enak dan murah.

4. Air Terjun Tibumana

Tempat wisata di Bangli selanjutnya adalah mengunjungi wisata air terjun Tibumana waterfall. Air terjun ini masih terbilang perawan karena belum begitu ramai dikunjungi wisatawan. Tapi justru banyak orang yang menyukai berlibur di tempat yang tersembunyi dan sepi sebab akan merasa seperti berlibur di tempat pribadi. Air terjun yang ada di tempat ini berjumlah dua atau sering disebut air terjun kembar  yang mengalir berdampingan. Pepohonan yang tumbuh di sekitarnya juga menjadi daya tarik yang bukan main – main dengan spot alamnya nan menawan sayang sekali jika dilewatkan.

5. Wisata Air Terjun Bunutin

Kota yang diapit oleh daratan ini memang memiliki deretan air terjun nan menawan, salah satunya adalah wisata air terjun Bunutin yang memiliki keindahan tiada duanya. Meski keberadaannya cukup tersembunyi namun keindahan alam dan aliran air terjunnya tidak kalah dengan wisata lainnya. Untuk mencapai lokasi dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah, sebab rute yang ada di lalui sedikit miring dan bergelombang jadi harus dipastikan bahwa kondisi tubuhmu selalu fit serta selalu meningkatkan kewaspadaan serta sebaiknya hindari datang pada musim hujan karena jalanannya sangat licin.

6. Wisata Air Terjun Slau

Satu lagi destinasi air terjun yang masih sangat alami di kota Bangli yaitu Wisata Air Terjun Selau yang letaknya di Tembuku Kelod, Kec. Tembuku, Kab. Bangli, Bali. Nama air terjun ini sendiri diambil dari nama sungai yang ada di bawahnya dengan ketinggian aliran mencapai 25 meter. Aliran air terjun mengalir dari sela – sela batu tebing yang eksotis dan mengalir langsung ke sungai yang jernih dan banyak bebatuan ukuran besar. Jadi buat kamu yang ingin segera bermain air bisa langsung lompat ke dalamnya, tapi ingat kalau kamu tidak bisa berenang cukup bermain air di pinggirnya saja.

7. Objek Wisata Pancoran Solas

Tempat wisata di Bangli yang cocok buat mengisi waktu libur kali ini adalah sebuah objek wisata Pancoran Solas. Banyak kepercayaan yang muncul bahwa pancoran yang ada di kawasan Ini memiliki khasiat untuk penyembuhan. Di lokasi ini air pancuran dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian atas dan bagian bawah. Pada bagian atas terdapat 1 buah pancoran yang berfungsi untuk keperluan upacara serta bagian bawah berisi 10 pancuran yang dipercaya mampu menyembuhkan secara spiritual atau disebut Malukat. 10 pancuran dijelaskan sebagai pelambanganan Dasa Aksara yaitu Sa, Ba, Ta, A, I, Na, Ma, Si, wa, serta Ya yang ada di tubuh manusia, sehingga dipercaya mandi di air pancoran ini akan membersihkan kotoran di pikiran dan tubuh manusia.

8. Wisata Gunung Abang

Kota Bangli selain memiliki sebuah gunung yang selalu aktif dan menjadi objek wisata terpopuler juga terdapat objek wisata gunung lain yaitu wisata Gunung Abang yang masih satu lokasi dengan Gunung Batur yaitu berada di kawasan Kintamani. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.252 mdpl. Untuk mencapai puncak gunung Abang tentu saja membutuhkan perjuangan ekstra seperti pendakian pada umumnya. Kita akan melalui jalan setapak yang mendaki di tengah hutan yang tumbuh lebat di lereng gunung, tapi sayang sekali saat melintasi hutan akan terlihat abu sisa kebakaran hutan di beberapa lokasinya. Semakin naik ke atas maka perjalanan juga akan semakin melelahkan, tapi semua rasa lelahmu akan terbayar setibanya di puncak gunung yang memiliki pemandangan nan menawan.

9. Wisata Pura Dalem Balingkang

Wisata pura Dalem Balingkang merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer. Pura merupakan tempat suci untuk melakukan pemujaan dan acara keagamaan lainnya. Selain itu pura Ini juga menjadi salah satu objek wisata yang bisa menarik banyak pengunjung untuk datang dan menghabiskan waktu libur mereka di kawasan ini. Indahnya bangunan pura yang dikombinasikan dengan alam hijau nan menawan memang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu libur.

10. Wisata Air Terjun Tangkup

Tempat wisata di Bangli selanjutnya adalah wisata Air Terjun Tangkup yang terbilang masih perawan. Air terjun ini letaknya cukup tersembunyi diantara batu tebing, pepohonan serta semak yang tumbuh subur. Kondisi alam yang masih alami cocok sekali buat kamu yang tengah mencari ketenangan diri agar lebih fresh saat akan melanjutkan aktivitas seperti biasanya.

11. Wisata Air Terjun Ulu Bebengan

Wisata alam air terjun Ulu Bebengan menjadi salah satu tempat wisata di Bangli yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Sesampainya di lokasi air terjun kamu akan merasa takjub dengan pesonanya, dimana terlihat aliran air terjun yang mengalir seperti tirai bercahaya yang turun langsung ke sungai yang ada di bawahnya. Melihat jernihnya aliran air sungai pasti akan membuat siapa saja yang melihat ingin segera masuk ke dalamnya.

12. Wisata Pande’s Farm

Wisata yang cocok untuk dikunjungi saat berkunjung ke kota Bangli adalah wisata Pande’s Farm. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik domestic maupun mancanegara terutama pada musim libur sekolah tiba. Objek wisata ini menawarkan liburan yang berbeda dimana kamu akan melihat peternakan organic yang kotorannya digunakan untuk pupuk buah dan sayur. Ditempat ini kamu bisa merasakan kehidupan petani tradisional.

13. Wisata Pura ulun Subak Bukit Jati

Wisata Pura Ulun Subak Bukit Jati bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata di Bangli. Pura ini sudah berdiri sejak zaman prasejarah. Meski hingga kini belum diketahui secara pasti tahun berdirinya namun pura ini menjadi simbol kesejahteraan dan lambang kesuburan ekonomi petani di Bangli. Pura ini juga berdiri di lahan yang memiliki pemandangan yang masih alami.

14. Wisata Resto Apung

Ingin merasakan liburan yang berbeda di pulau Dewata, Bali? Kamu bisa mencoba datang ke kawasan wisata resto Apung yang ada di kabupaten Bangli. Wisata kuliner apung ini menjadi tempat favorit banyak orang karena selain menyajikan menu makanan dan minuman yang lezat, resto ini juga berada di lokasi yang unik dan indah. Terletak di atas danau yang cukup luas dengan background Gunung Batur sungguh membuat suasana terasa sangat romantic.

15. Wisata Pura Kawitan Maha Gotra

Satu lagi pura yang dijadikan tempat pemujaan oleh masyarakat Hindu yaitu Pura Kawitan Maha Gotra. Pura ini selalu dikunjungi banyak orang karena memang lokasinya cukup menarik yaitu di tengah sebuah taman. Tidak heran jika pemandangan alam di sekitarnya sangat indah dan tersusun rapi, dengan jejeran bunga warna – warni khas sebuah taman.

16. Danau Batur Kintamani

Tempat wisata di Bangli yang pertama adalah Danau Batur Kintamani yang merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Keindahan danau Batur ini sulit sekali dilukiskan karena memang sangat menawan. Selain keindahan danau yang sulit dilukiskan, kondisi alam di tempat ini juga tidak kalah menarik karena terletak di lereng Gunung Batur. Hal inilah yang menyebabkan danau ini disebut danau Batur. Danau yang letaknya di ketinggian sekitar 1.00 mdpl merupakan danau terluas di kota Bali dengan luas permukaan danau mencapai 16 kilometer persegi. Untuk kedalaman danau yang terbentuk secara alami dari rembesan air hutan yang ada di pegunungan serta air hujan ini mencapai 50.8 meter. Memang keindahan alam danau Batur sulit dilukiskan jadi kamu harus datang langsung melihat sendiri bagaimana pesona alam danau yang dikelilingi pegunungan yang ditumbuhi pepohonan hijau nan rindang.

17. Pura Kehen Bangli

Tempat wisata di Bangli yang kedua adalah Pura Kehen Bangli. Pura ini menjadi salah satu objek wisata di pulau Dewata, Bali dibangun dengan tujuan utama sebagai bangunan suci bagi umat Hindu yang ingin beribadah dan melakukan banyak kegiatan keagamaan. Kota Bali memang memiliki banyak Pura karena memang agama Hindu Budha menjadi agama mayoritas di tempat ini. Pura Kehen Bali memiliki keindahan yang tidak biasa membuatnya dijuluki sebagai pura Khayangan Jagat. Pura ini cukup unik karena tidak seperti pura pada umumnya yang menggunakan candi bentar namun menggunakan candi kurung pada bagian pintu masuknya. Keunikan lain juga bisa kita lihat dimana bale kulkul diletakkan di atas pohon beringin yang usianya sudah ratusan tahun  membuat posisinya bangunannya lebih tinggi. Menurut kepercayaan umat Hindu jika dahan pohon beringin patah maka akan terjadi bencana. Kembali lagi pada pesona pura Kehen Bangli yang dibangun di sekitar alam hijau nan asri. Jadi setiap pengunjung yang datang akan merasakan kesejukan serta kedamaian yang sebenarnya. Selain itu ada daya tarik lain dari pura ini, dimana banyak wisatawan yang penasaran dengan upacara Piodalan atau Pujawali yang dilakukan setiap 6 bulan sekali kalender Hindu atau bertepatan dengan hari Raya Pageswari yang dilaksanakan di pura ini. Lokasi pura ini ada di Jl. Sriwijaya No.8, Cempaga, Kec. Bangli, Kab. Bangli.

18. Desa Trunyan Kintamani

Perjalanan wisata di kota Bangli akan kita lanjutkan mengunjungi Desa Trunyan Kintamani. Kawasan ini cukup menarik banyak wisatawan dengan adanya tradisi meletakkan jenazah di alam terbuka yang terus dilakukan secara turun temurun hingga kini. Orang yang sudah meninggal tidak dikubur melainkan diletakkan di sekitar pohon Taru dan Menyan yang mengeluarkan bau wangi sehingga meski jenazah tidak dikubur tidak akan mengeluarkan bau busuk kalah dengan aroma wangi sanga harus dari pohon wangi. Daratan Bali dihuni oleh penduduk asli yang mendiami sebagian desa Bali yaitu suku Bali Aga. Warga penduduk asli inilah yang mendiami kawasan Desa Trunyan. Desa ini memiliki banyak tradisi unik yang membuat wisatawan penasaran. Selain itu kawasan Desa masih sangat alami dengan tumbuhan hijau mendominasi desa.

19. Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Untuk melepas penat setelah seharian berkeliling kota Bangli ada baiknya mandi di pemandian air Panas Toya Bungkah. Berendam di pemandian air panas ini pasti akan menghilangkan segala penat dan beban pikiran yang sedang kamu rasakan, belum lagi pemandangan alam Gunung Batur membuat takjub siapa saja yang melihatnya. Hal ini dikarenakan memang pemandian air panas ini letaknya tidak jauh dari Gunung Batur yang memang air panasnya bersumber dari gunung Batur. Pemandian air panas ini bersuhu sekitar 38 hingga 39 derajat Celcius yang sudah cukup membuat tubuhmu terasa segar, selain itu kandungan belerang yang ada di dalamnya cocok sekali buat kamu yang ingin mengobati berbagai penyakit kulit. Untuk bisa merasakan kehangatan pemandian Toyo ini kamu perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 50.000 untuk wisatawan domestic sedangkan untuk wisatawan asing dibandrol US 10.

20. Air Terjun Dusun Kuning

Tempat wisata di Bangli yang cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Indahnya aliran air yang jauh langsung ke sungai di bawahnya membuat siapa saja takjub dengan indahnya ciptaan Tuhan. Selain itu daratan di sekitarnya juga tidak kalah indah. Terletak di antara pepohonan serta dikelilingi tebing – tebing membuat banyak orang datang berkunjung untuk menghabiskan waktu di tempat ini. Kawasan yang selalu ramai ini akan lebih ramai lagi pada saat weekend atau musim libur tiba. Jernihnya aliran air serta kesegaran yang menunggu pasti membuat siapa saja yang datang ingin segera bermain air di dalamnya. Namun untuk diperhatikan siapa saja yang datang harus ekstra hati – hati saat bermain air, tetap perhatikan setiap anggota keluarga yang ikut serta jangan sampai liburan membawa petaka. Lokasi air terjun ini ada di Taman Bali, Kec. Bangli, Kab. Bangli.

21. Museum Geopark Batur

Perjalanan wisata kita di Kota Bangli akan mengunjungi tempat berbeda, yaitu mengunjungi museum Vulkanologi di Kintamani yang akan membawa kita berlibur sambil belajar. Beberapa edukasi bisa kamu dapatkan, salah satunya akan belajar mengenai jenis bebatuan yang berasal dari gunung berapi. Penjelasan yang detail mengenai Vulkanologi yang akan dijelaskan oleh pemandu museum. Bagi pengunjung yang datang akan diberi peralatan yang digunakan ilmuwan untuk meneliti gunung berapi. Selain mendapatkan berbagai penjelasan serta foto – foto mengenai beberapa gunung yang ada di Indonesia, selain itu dijelaskan pula mitologi mengenai gunung Batur serta gunung Berapi. Kamu juga menyaksikan film dokumenter mengenai perkembangan gunung Batur serta letusan dahsyat yang pernah terjadi di gunung Batur.

22. Desa Penglipuran

Tempat wisata di Bangli berikutnya adalah wisata Desa Pelipuran yang namanya diambil dari kata Pengeling Pura yang berarti tempat suci untuk mengenang para leluhur. Berwisata ke kawasan ini akan memberi pengalaman yang berbeda, dimana kamu akan melihat bangunan – bangunan dengan arsitektur yang hampir sama dari ujung desa ke ujung lainnya. Selain itu bentuk rumahnya yang sama persis sehingga dari satu rumah ke rumah lainnya terlihat tersusun sangat rapi penduduk di Desa ini juga sangat menjunjung tinggi kerukunan serta memegang amanah dari para leluhur mereka. 

23. Gunung Batur

Ini dia wisata utama yang ada di kota Bangli yaitu wisata alam Gunung Batur. Wisata alam yang satu ini selalu membuat pengunjung ingin terus kembali dan kembali datang. Selain itu indahnya alam gunung Batur membuat siapa saja betah berlama – lama. Gagahnya Gunung Batur yang diselimuti daratan hijau sejauh mata memandang akan memberi rasa damai. Spot foto pemandangan alam tentu saja tidak boleh dilewatkan. Untuk mencapai puncak gunung yang tingginya sekitar 5633 kaki atau sekitar 1717 meter membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Namun sesampainya di puncak gunung Batur segala kepenatan yang kamu rasakan akan hilang seketika dengan memandang indahnya alam sekitar. Suasana sunset di kala senja merupakan momen terindah yang ada di tempat ini. Romantisme sunset cocok sekali dinikmati bersama pasangan. Di bagian kaki gunung atau lereng gunung ada sebuah danau yang juga memikat hati pengunjung.

24. Desa Batukaang, Kintamani

Desa Batukaang yang terletak di kintamani merupakan objek wisata alam menakjubkan selanjutnya yang ada di kota Bangli. Desa ini terletak di sebelah bukit berbatu dengan pemandangan alam nan menawan dengan hamparan tumbuhan hijau nan subur membuat suasananya sangat sejuk. Selain itu pesona lain dari desa ini adalah terdapat deretan benda peninggalan bersejarah pada zaman purbakala yang umurnya mencapai ratusan juta tahun seperti arca yang jumlahnya mencapai 188 buah. Oleh warga desa arca tersebut di simpan di beberapa pura yang kemudian dikeramatkan hingga saat ini. Beberapa pura yang dijadikan tempat penyimpanan Arca seperti, Pura Sangambu, Pura Puseh Batan Ting, Pura Pusering Jagat, serta Pura Puseh Batan Tiing.

25. Pura Ulun Danu Batur

Tempat wisata di Bangli selanjutnya adalah wisata Pura Ulun danu Batur. Pura ini dibangun menghadap barat dengan latar belakang Gunung Batur nan menawan yang biasa dijadikan spot foto oleh pengunjung yang datang. Pura ini di bangun dengan tujuan sebagai tempat pemujaan Dewi Danu serta sering kali dijadikan tempat pelaksanaan upacara keagamaan Ngusaba Kedasa. Pura ini pernah hancur akibat letusan Gunung Batur pada tahun 1917 lalu yang menghancurkan semua bangunannya kecuali sebuah Pelinggih yang dipakai untuk memuja Dewi Danu. Menurut cerita yang beredar di masyarakat pada bulan ke 5 Dewa Siwa memindahkan mahameru di India ke Bali dan membaginya menjadi dua bagian, bagian kanan menjadi Gunung Agung  sebagai tahta anaknya dan bagian lainnya menjadi Gunung Batur sebagai tempat Dewi Danu

26. Waterboom Sidembunut

Rekomendasi tempat wisata di Bangli yang tidak boleh untuk Sobat Seru sambangi selanjutnya adalah waterboom sidembunut yang terletak di daerah Cempaga. Objek wisata keluarga ini memiliki wahana bermain air yang sangat lengkap, tersedia aneka perosotan seru. Selain wahana air, ada juga dengan wahana flying fox dan berbagai spot foto buat yang mau mengabadikan foto disini. Sobat Seru akan disuguhkan dengan air yang sangat segar karena airnya berasal dari mata air alami dengan kandungan klorin yang rendah dan tidak berbau. Untuk berenang di waterboom sidembunut ini, Sobat Seru cukup mengeluarkan kocek untuk tiket masuk sebesar Rp. 20.000 baik untuk orang dewasa atau anak-anak.

27. Pura Puncak Penulisan

Satu lagi pura yang di kota Bangli yang bisa menjadi tujuan wisata berlibur selanjutnya yaitu Pura Puncak Penulisan. Pura yang letaknya di puncak bukit yang diselimuti tumbuhan hijau bak permadani yang menghadirkan pemandangan alam nan mempesona. Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang bukan sekedar melihat detailnya bangunan pura, namun juga berburu spot foto alam nan menawan. Siapa sangka bahwa pura ini sudah ada sejak zaman Megalitikum atau merupakan pura tertua di Pulau Dewata. pada mula berdirinya pura ini difungsikan sebagai tempa para Raja untuk melaksanakan Yoga Semadi untuk melatih tubuh para Raja agar lebih bisa bertahan dari hawa dingin yang disebabkan rimbunnya pepohonan di sekitarnya. Banyak yang menyebut pura Puncak Panulisan ini sebagai Pura Tegeh Koripan yang berarti kehidupan yang inggi dan teduh.

28. Air Terjun Singsing

Saat kamu mengunjungi kota Bangli, Bali ada hal yang tidak biasa akan kamu temukan, Bali yang identik dengan laut birunya nan menawan tidak akan kamu temukan di kota Bangli sebab kota ini diapit oleh daratan,. Maka tidak heran jika deretan tempat wisata di Bangli adalah wisata alam seperti air terjun, Pura, danau dan lainya. Salah satunya adalah wisata air terjun Singsing. Menikmati waktu libur di tempat ini akan memberikan rasa aman dan damai. Hal ini disebabkan lokasinya yang masih cukup tersembunyi dan belum begitu banyak dikunjungi, jadi kamu yang datang bisa sepuasnya menikmati pesona alam nan rupawan dengan pepohonan serta semak belukar yang tumbuh subur. Indahnya aliran air terjun yang jatuh bak tirai alami yang mengeluarkan cahaya membuat siapa saja terpesona.

29. Hutan Bambu Di Kubu Bangli

Tempat wisata di Bangli yang bisa menjadi alternatif pilihan berlibur adalah mengunjungi hutan Bambu di Kubu Bangli. Biasanya kita akan mengunjungi hutan yang ditumbuhi pepohonan namun kali ini hutan yang akan dikunjungi ditumbuhi ribuan pohon bambu. Sungguh pemandangan yang berbeda dan menghasilkan spot – spot foto keren yang sayang untuk dilewatkan. Tempatnya yang sejuk karena cocok sekali buat kita berjalan – jalan sambil menyusuri hutan bersama keluarga. Jangan lupa siapkan kameramu untuk berburu spot – spot terbaik. Selain itu penduduk yang hidup di sekitar hutan juga sangat ramah kepada wisatawan yang datang. Jadi kamu bisa sembari mengobrol menghilangkan penat setelah beraktivitas selama ini. Dan liburanmu pun menjadi semakin menyenangkan.

30. Wisata Penelokan Kintamani

Satu lagi wisata alam seru yang gak boleh dilewatkan yaitu menikmati indahnya pemandangan Gunung Batur nan hijau serta kemolekan Danau Batur yang ada di lereng gunung Batur. Semua itu bisa kamu nikmati saat berkunjung ke wisata Penelokan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.. Banyak pengunjung domestic maupun asing yang sengaja datang ke tempat ini untuk merasakan ketenangan yang tidak didapat di perkotaan. Panorama gunung yang diselimuti pepohonan hijau serta tumbuhan pertanian milik warga memang menghadirkan sensasi berbeda. Pemandangan tidak biasa lainnya juga bisa kamu lihat dimana terdapat sebuah lava hitam padat yang berasal dari letusan Gunung Batur pada tahun 1917 lalu. Saat senja menjelang kamu tidak perlu buru – buru pulang sebab momen sunset yang menawan bisa kamu saksikan dari tempat ini. Terlihat matahari yang mulai menghilang di antara gunung membuat suasana senja semakin romantic.

31. Wisata Ayodya Oemah Strawberry 

Siapa sangka di kota Bali yang terkenal panas karena dikelilingi lautan kamu bisa berwisata ke oemah strawberry yang lazimnya bisa kita nikmati di kawasan Bandung, Cimahi, dan kawasan dingin lainnya. Ternyata kota Bangli memiliki udara yang sejuk tidak seperti kawasan Bali lainnya. itulah yang membuat buah strawberry bisa tumbuh subur di tempat ini dan mampu menarik banyak pengunjung yang penasaran dengan sensasi berkeliling di kebun strawberry. Ratusan bahkan ribuan pohon strawberry yang tumbuh subur sehingga menghasilkan buah yang berukuran besar dan berwarna merah membuat siapa saja antusias untuk panen langsung. Sensasi memetik buah ini memang sangat disukai. Selain menyajikan kebun buah strawberry di tengah kawasan hijau nan menawan ada beberapa fasilitas lain yang bisa kamu nikmati seperti café shop, rumah pohon, dua buah ayunan, panggung strawberry, dan ada tempat untuk meletakkan gerobak yang bernama gerobak cinta, dan lainnya.

32. Desa Kedisan

Tempat wisata di Bangli selanjutnya adalah wisata Desa Kedisan yang memiliki pemandangan alam yang tiada duanya. Pemandangan nan menawan kerap kali dijadikan wisatawan sebagai objek foto dan banyak pula calon pasangan pengantin yang melakukan sesi foto prewedding. Dari desa ini kamu juga bisa melihat indahnya Gunung Batur tidak heran jika spot yang ada sangat keren. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari gunung Batur juga membuat lokasinya subur karena bercampur dengan abu vulkanik. Tidak heran jika sebagian penduduknya adalah petani yang membudidayakan berbagai sayuran seperti kubis, bawang merah, tomat, kentang, cabai, wortel dan masih banyak tanaman dataran tinggi lainnya. Kawasan danau Batur juga tidak begitu jauh dari kawasan ini sehingga kamu juga bisa menikmati indahnya danau Batur sambil berperahu.

33. Desa Pengotan

Desa Pengotan merupakan salah satu kawasan atau tempat wisata di Bangli yang cocok untuk mengisi waktu liburmu. Desa yang sejuk dan damai ini memang menarik banyak minat pengunjung untuk menghabiskan waktu mereka di tempat ini. Desa ini terletak di ketinggian sekitar 1000 meter dengan jumlah penduduk sekitar 150 keluarga. Rumah mereka memiliki arsitek unik dimana terlihat deretan rumah penduduk yang hidup berkelompok di dalam benteng – benteng kecil. desa ini masih menjalankan budaya serta adat istiadat Bali kuno yang memang terkandung pada makna nama desa yaitu Pengotan yang artinya Bali purba dengan tiga mata suci Naga Barong yaitu upacara ngaben atau penguburan, budaya atau  tradisi serta pernikahan massal.

34. Wisata Pura Pucaksari

Sudah bukan lagi sebuah rahasia jika pulau Dewata Bali memiliki deretan Pura yang dijadikan tempat suci untuk beribadah dan melakukan berbagai ritual keagamaan. Selain itu bagi wisatawan yang datang ke Bali pura menjadi salah satu objek wisata tujuan. Salah satunya adalah wisata Pura Pucaksari yang letaknya di puncak bukit. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Pura ini letaknya cukup jauh dari keramaian dengan desain khas Bali dan begitu detail. Dari puncak bukit kamu juga bisa melihat indahnya hamparan daratan hijau nan menawan. Selain itu kamu juga bisa melihat pemukiman penduduk yang berjejer rapi dengan suasananya yang sejuk. Menunggu momen sunset dari pura ini juga menjadi pengalaman yang berbeda dan menyenangkan.

35. Anjungan Tukad Melangit

Saat kamu berada di kota Bangli coba mampir ke kawasan Dusun Antugan, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli disana terdapat wisata yang cukup populer yaitu wisata Anjungan Tukad melangit. Kawasan yang memberikan kepuasan tersendiri bagi pecinta fotografi karena ada banyak spot – spot keren yang bisa kamu nikmati. Kawasan yang indah dan nyaman ini cocok juga buat kamu yang mendambakan suasana pedesaan nan sejuk. Tidak heran jika kawasan ini selalu ramai, terutama pada musim libur sekolah. Penasaran dengan kondisi wisata Anjungan Tukad Melangit yang letaknya di puncak bukit ini, ayo segera masukkan ke jadwal perjalananmu kali ini.

36. Wisata N’jung Bali Camp

Kota Bangli memiliki sebuah wisata alam yang menawarkan area camping ground di tengah pesona alam nan sulit untuk dilukiskan. Arena camping yang cocok buat liburan keluarga bersama keluarga ini bernama wisata N’jung Bali Camp. Ada banyak kegiatan di luar ruangan yang bisa dilakukan seperti menikmati indahnya bintang di malam hari sambil bernyanyi gembira di depan api unggun. Selain itu acara bakar – bakar ayam atau ikan akan menjadi pelengkap acara camping malam ini. Buat kamu yang Cuma mau jalan – jalan aja juga bisa lho dengan menikmati panorama alam nan menawan di gazebo yang disiapkan di sekitar lokasi yang luasnya sekitar 2500 meter persegi yang baru dibuka sekitar 1 tahun lalu ini terus dikembangkan untuk menarik lebih banyak pengunjung lagi.

37. Air Terjun Tirta Payuk

Tempat wisata di Bangli yang cocok buat mengisi waktu liburmu bersama keluarga selanjutnya adalah wisata air terjun Tirta Payuk yang terletak di kawasan yang sangat indah. Dimana terletak di antara dua tebing yang agak menjorok ke dalam yang bentuknya menyerupai mangkuk. Meski aliran air terjun tidak terlalu tinggi dan aliran airnya tidak begitu deras tapi pemandangan alam yang ada di sekitarnya sangat mempesona. Selain itu jika kamu datang pada musim hujan akan melihat suasana yang berbeda dimana aliran air terjun bisa berubah sangat deras. Pepohonan serta semak belukar yang tumbuh subur di sekitarnya cocok sekali dijadikan spot foto keren.

38. Air Terjun Pengibul

Satu lagi destinasi wisata air terjun yang ada di kota Bangli yaitu air terjun Pengibul yang baru dibuka beberapa waktu yang lalu. Lokasinya ada di Apuan, Kec. Susut, Kab. Bangli. Meski begitu air terjun ini sudah banyak dikunjungi wisatawan karena memang memiliki kecantikan yang luar biasa. aliran air terjun yang deras terlihat segar dan jernih membuat kita tidak sabar ingin segera ain air di bawahnya. Air terjun ini dulunya digunakan oleh penduduk untuk mandi, namun potensi yang dimiliki membuat air terjun diubah menjadi destinasi wisata alam.

39. Wisata Air Terjun Tukad Cepung

Di kawasan tembuku, kota Bangli, Pulau Dewata Bali terdapat sebuah destinasi wisata air terjun Tukad Cepung yang letaknya diantara tebing batu. Lokasi air terjun ini ada di Jl. Tembuku, Penida Kelod, Kec. Tembuku, Kab. Bangli Sehingga untuk mencapai lokasi wisata dibutuhkan perjuangan ekstra, namun buat kamu yang datang tidak akan kecewa. Di sepanjang perjalanan kamu akan melihat pemandangan alam nan menawan dimana tumbuh pepohonan hijau dan terdengar nyanyian burung – burung nan merdu. Setibanya di lokasi kamu akan merasa lebih takjub lagi. aliran air terjun yang mengalir bak tirai bercahaya membuat siapa saja ingin berlama – lama di tempat ini. Spot – spot foto keren di sekitarnya tentu saja sayang sekali jika dilewatkan.

40. Wisata Pura pancering Jagat

Di kawasan Kintamani terdapat sebuah Pura yang sudah ada sejak zaman dulu yang diperkirakan berasal dari zaman Megalitik. Pura ini bentuknya cukup unik yaitu sebuah patung setinggi 4 meter bernama Datonta yang memancarkan ekspresi wajah yang menyeramkan. Pada awalnya pura ini ditemukan oleh seorang petani yang menemukan patung setinggi 9 cm. ketika ia ingin mengambil patung tersebut ternyata patung itu tertanam di tanah dan tidak bisa dicabut. Setelah sang petani pulang ia pun menceritakan penemuannya pada warga desa, kemudian keanehan pun terjadi dimana patung kecil tersebut tumbuh menjadi patung setinggi 4 meter yang merupakan sebuah pura.

41. Wisata Desa Guliang kangin

Wisata Desa Guliang Kangin merupakan salah satu tempat wisata di Bangli yang wajib kamu datangi. Kawasan Desa yang menawan dan masih mempertahankan suasana alami memang membuat siapa saja yang datang berkunjung merasakan kedamaiannya. Selain alam desa nan mempesona, penduduk yang tinggal di tempat itu juga sangat ramah dan bersahabat kepada siapa saja yang datang. Objek wisata unggulan desa ini adalah pesona hamparan sawah yang ditengahnya terdapat tempa aktivitas pariwisata yang luasnya mencapai 100 meter persegi. Beberapa fasilitas pendukung juga bisa kamu nikmati seperti cooking class, restaurant, ruang pertemuan, tempat atraksi pertanian seperti membajak, menanam, hingga menebuk padi.

42. Lembah Pantunan Tembuku

Satu lagi desa wisata yang menawarkan pemandangan hamparan sawah yang menghijau. Jika kamu datang pada waktu yang tepat kamu bisa melihat hamparan sawah yang sudah menguning seperti tanaman emas. Suasana persawahan nan alami di wisata Pantunan ini tidak bisa ditemukan di perkotaan, maka tidak heran jika banyak orang yang datang ingin merasakan suasana sejuk di tempat ini. Pesona lain yang bisa kamu nikmati adalah suasana lembah dengan latar belakang bukit nan menawan cocok sekali menjadi tempat relaksasi untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

43. Pondok Wisata Mahapraja Bangli

Tempat wisata di Bangli selanjutnya terletak di Yangapi, Peninjoan, Kec. Tembuku, Kab. Bangli, yakni pondok wisata Maharaja Bangli. Tempat yang instagenik ini memiliki banyak spot foto menarik dan kekinian. Kamu bisa menikmati waktu santai disini sembari mencoba spot memancing dan area taman bermain.  Pondok wisata ini juga menyediakan area untuk camping serta venyue untuk foto pre-wedding.

44. Agrowisata Buana Amertha Sari

Agrowisata Buana Amertha Sari merupakan salah satu tempat wisata di Bangli yang cukup populer. Memang berwisata di Agrowisata yang cukup luas dan bisa melihat langsung berbagai tumbuhan buah menjadi hal yang menyenangkan. Setiap wisatawan memiliki kesempatan memetik langsung buah – buah yang ditanam di sini. Terlihat banyak sekali tumbuhan buah yang subur dan menghasilkan buah dengan ukuran yang  besar. Selain dapat memetik buah secara langsung kamu juga berkesempatan mengikuti training cara pengolahan tumbuhan, mulai dari menanam pohon, perawatan, pemupukan, pemanenanan hingga pengoahan menjadi berbagai makanan lezat. Jika penasaran dengan wisata Agrowisata Buana Amertha Sari kamu bisa datang langsung ke Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut, Kab. Bangli.

45. Wisata Tour Panjat Tebing

Bagi kamu penyuka olahraga menantang dan memacu adrenalin kamu bisa coba datang langsung ke wisata Tour Panja Tebing yang ada di Kintamani. Kamu bisa mencoba memanjat tebing di kawasan Batur Global Geopark. Banyak sekali pecinta alam yang menghabiskan waktu libur mereka di kawasan ini. Untuk tingkat kesulitan tebing cukup bervariasi. Buat para pemula tentu saja disediakan panjat tebing dengan rintangan lebih mudah serta untuk pengunjung yang sudah handal bisa melakukan panjat tebing dengan rintangan yang lebih sulit.

46. Wisata Twin Hill

Tempat wisata di Bangli selanjutnya adalah wisata Twin Hill. Sesuai dengan namanya kamu akan melihat betapa indahnya pemandangan bukit kembar yang diselimuti tumbuhan hijau bak permadani alam nan menawan. Berburu spot foto tentu saja menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Dengan pengambilan sudut dan pencahayaan yang pas hasil fotomu bisa terlihat seperti jepretan profesional. Bukit kembar yang ada di kota Bangli kerap dikunjungi para pecinta alam yang ingin menikmati harmoni alam nan menawan.

47. Taman Narmada Bali Raja

Tempat wisata di Bangli yang menjadi tujuan banyak wisatawan adalah Taman Narmada Bali Raja yang memiliki pemandangan alam nan rupawan. Kondisi alamnya memang menjadi incaran banyak orang terutama bagi yang ingin  menyegarkan pikiran dan tubuh. Taman ini dilengkapi dengan sebuah pura tempat pemujaan serta kolam yang dibangun di lahan seluas 50 area.

48. Pura Tirta Sudamala

Satu lagi Pura kota Bangli yang bukan hanya dijadikan sebagai tempat suci tapi juga dijadikan objek wisata andalan. Pura ini dibangun di antara persawahan milik warga jadi pemandangan yang ada sangat cantik dan masih begitu alami. suasana di sekitarnya juga tidak kalah keren dengan pepohonan rindang dan hijau, sehingga meghasilkan suasana yang sejuk dan damai karena juga jauh dari keramaian. Belum lagi deretan tebing indah akan menjadi spot foto terkeren. Keistimewaan lain dari pura ini adalah memiliki sebuah pancuran yang mengalir dari mata air alami dari pohon – pohon besar di sekitarnya.

49. Pura Bukit Mentik

Memang bukan lagi rahasia jika kota Bangli memiliki deretan pura – pura indah yang memiliki latar belakang alam nan menawan, salah satunya adalah Pura Bukit Mentik yang terletak di Kintamani. Terdapat tiga pembagian palebahan di pura ini atau biasa disebut Tri Mandala, diantara jeroan, Jaba tengah sera jaba sisi. Jeroan menjadi bagian utama dari pura yang berisi menu tumpang 5 sebagai tempat pemujaan dewi Danu yang diapit oleh menu tumpang 3.  Menurut kepercayaan warga sekitar terdapat sebuah cerita legenda dari pura ini dimana pura memiliki berbagai tuah, jika memang kita berjodoh maka semua keinginan dan kesusahan akan mendapatkan jalan keluarga seperti tuah pengobatan.

50. Lava Tumuli Gunung Batur

Tempat wisata di Bangli yang cocok dikunjungi bersama keluarga adalah wisata lava Tumuli Gunung Batur. Tempat wisata ini menyuguhkan pengalaman melihat lava yang sudah mengeras yang bentuknya seperti bongkahan batu – batu besar. Bongkahan ini terbentuk akibat tekanan Horizontal dari bagian hulu aliran lava dan pada akhirnya terjadinya tkanan membentuk morfologi perbukitan elips yang menyerupai struktur antiklin.[bp]