10 Tempat Wisata Di Mamuju dan Sekitarnya

10 Tempat Wisata Di Mamuju dan Sekitarnya – Sahabat Travelers, pada kesempatan kali ini berakhir pekan akan share artikel mengenai 10 tempat wisata di Mamuju dan sekitarnya. Kota Mamuju merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Barat dan menjadi bagian dari Kabupaten Mamuju yang diapit pantai dan perbukitan. Kota ini menjadi cermin kehidupan Kota Palu dan Kota Makassar karena letaknya yang berada di antara kedua kota tersebut dengan mayoritas penduduk Kota Mamuju adalah Suku Mandar dengan beberapa sub-suku, diantaranya Suku Bugis, Makassar, Toraja dan Jawa. Alam di Bumi Manakarra ini pun menyajikan keindahan yang tak kalah menarik dengan daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Barat.
1.Pantai Manakarra

Taken By@meyvkesiwabessy
Pantai ManakarraMamuju merupakan sebuah kota yang bisa dikatakan memiliki banyak sekali destinasi wisata pantai. Hal tersebut merupakan sebuah hal yang sangat wajar, karena Mamuju sendiri merupakan sebuah kota yang memiliki garis pantai terpanjang di Sulawesi Barat. Salah satu pantai yang cukup terkenal di Mamuju adalah pantai Manakarra. Pantai yang terletak di Jl. Yos Sudarso, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat , ini memang merupakan sebuah kawasan yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari pantai ini adalah, kawasan pantai ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset terindah di Indonesia. Jika kita berkunjung ke pantai yang satu ini, maka pemandangan matahari terbenamnya tak bisa kita lewatkan begitu saja. Maka tak mengherankan jika kawasan pantai yang satu ini merupakan salah satu pantai terindah di Indonesia. Keindahan pantai yang satu ini bisa disejajarkan dengan keindahan pantai Losari yang terkenal sebagai tempat wisata di Sulawesi Selatan. Selain menawarkan keindahan pantainya yang menakjubkan, kawasan ini juga merupakan salah satu pusat jajanan yang cukup terkenal di Mamuju. Siapa yang dapat menolak sebuah tempat yang menawarkan pemandangan yang cantik dan makanan yang bisa kita pilih sembari menikmati pemandangan yang ada.
2.Pantai Lombang-Lombang

Taken By @jihanalenol09
Pantai Lombang-LombangSebagai salah satu destinasi tempat wisata bahari di Indonesia, memang tak mengherankan jika kawasan Mamuju memiliki sebuah destinasi wisata bahari yang sangat cantik. Salah satu destinasi tempat wisata di Mamuju yang bernama  Pantai Lombang-Lombang adalah sebuah wisata pantai yang wajib kita datangi. Keindahan pantai yang satu ini memang sudah sangat terkenal di kawasan Mamuju. Bahkan, mereka yang datang ke pantai ini untuk menikmati keindahan alamnya juga berasal dari luar daerah. Pantai yang berada di Kelurahaan Sinyonyoi, Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, ini memiliki jarak kurang lebih 30 km dari pusat kota mamuju. Kita bisa menempuh jarak ini menggunakan kendaraan pribadi atau dapat juga melakukan penyewaan terhadap beberapa kendaraan. Waktu tempuh untuk dapat mencapai kawasan ini sendiri tergolong sangat singkat, kurang dari 1 jam kalian akan bisa menikmati keindahan pantai yang satu ini. Pantai lombang-lombang ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai utama yang ada di Mamuju. Pantai ini sendiri memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 5 km, dengan garis pantai yang panjang tersebut wisatawan dapat dengan bebas bermain menyusuri garis pantai tersebut. Selain itu kawasan yang satu ini juga memiliki pemandangan yang sangat manis. Pasirnya yang putih akan menggoda untuk bermain, serta ombaknya yang tidak terlalu besar akan mengajak kita untuk berenang. Selain keindahan alamnya yang mempesona, kawasan pantai ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Jika berlibur ke Mamuju pastikan lokasi ini menjadi salah satu destinasi utama kalian.
3.Pulau Karampuang

Taken By @nherdananto
Pulau KarampuangLokasi tempat wisata di Mamuju yang satu sudah sangat dijamin akan kecantikan dan keindahannya. Selain itu akan sangat dijamin bahwa kalian akan langsung jatuh cinta jika berkunjung ke lokasi ini. Pulau Karampuang merupakan salah  satu kawasan wisata Mamuju yang sangat diunggulkan. Pulau yang berada di Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, ini memang sudah sangat terkenal. Bahkan nama Pulau ini tak hanya terkenal di kawasan Mamuju saja, namun juga sudah terkenal hingga ke wilayah lain. Nama Karampuang sendiri dalam bahasa daerah berarti Rembulan atau Bulan Purnama. Penamaan tersebut memang sangat pas untuk menggambarkan keindahan dan kecantikan pulau yang satu ini. Sebagai salah satu tempat scuba diving di Indonesia, kawasan wisata yang satu ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat Menakjubkan. Jika kalian datang berkunjung maka kalian akan dapat melihat deretan batuan karang yang cantik , serta hewan-hewan yang hidup di dalamnya. Keberadaan pulau ini merupakan salah satu bukti Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki wisata alam terbaik dunia. Jika kalian akan datang ke mamuju, pastikan terlebih dahulu nama Pulau karampuang sudah masuk kedalam daftar tempat wisata yang akan kalian datangi.
4.Wisata Mangrove Bebanga

Taken By @nira_winda
Wisata Mangrove BebangaBeberapa tahun terakhir ini mulai bermunculan sebuah kawasan wisata baru yang banyak kita temui. Penambahan fungsi hutan mangrove di Indonesia yang dari awalnya adalah sebuah kawasan konservasi, ditambah menjadi sebuah kawasan wisata yang ramah lingkungan dan edukasi. Kota mamuju sendiri memiliki destinasi wisata hutan mangrove yang cukup menarik untuk di kunjungi. hutan mangrove yang berada di Bebanga, Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, ini makan menawarkan pengalaman tersendiri pada kita. Selain kita menikmati keindahan alamnya yang mempesona, kita juga bisa menikmati suasana yang tenang dan damai dari kawasan wisata yang satu ini. Tempat ini akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi istirahat ditengah-tengah wisata kita. Tempat yang sangat pas untuk memberikan warna baru dalam liburan kita. Selain itu sedikit banyak dengan mengunjungi kawasan wisata ini kita bisa belajar mengenai beberapa fungsi dan manfaat dari kawasan hutan wisata mangrove Bebanga ini. Kita bisa berjalan menyusuri jalanan yang terbuat dari kayu membelah hutan mangrove ini. Melihat keindahan dan sedikit banyak menenangkan pikiran. Setelah dari sini maka kalian bisa berpelancong lagi mengunjungi beragama lokasi wisata yang lain.

5.Wisata Pantai Anggaleha Beach
Ya, tempat satu ini merupakan hasil Inisiasi usaha Duta pemuda Indonesia Sulawesi Barat bersama pemuda di Desa Salubarana, sehingga terbentuk tempat wisata. Kategori tempat wisata tersebut adalah Pantai, juga Indah dan bersih. Di sana juga terdapat tempat peristirahatan, Seperti Gazebo, Ayunan tempat bersantai menikmati keindahan alam, bola api Pantai. Letak tempat wisata ini berada di desa Lara Dusun Anggaleha, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah. Disana juga terdapat pepohonan Kelapa, yang dengan kapan saja anda akan bisa berteduh dari panasnya terik matahari, selain itu bisa berkeliling melihat pemandangan sekitar, dan memanjakan mata anda. Gagasan pemuda dalam menggerakan Pariwisata di Mamuju Tengah memang tak hentinya-hentinya. Terbukti dengan adanya pariwisata di Desa Salubarana, dusun Anggaleha, Kecamatan Karossa telah dikunjungi oleh wisatawann lokal yang berada di daerah tersebut.
6. Wisata Pantai Batu Meana

Salah satu dari banyaknya pantai yang paling banyak dikunjungi di Mamuju Tengah adalah Pantai Batumeana. Ini merupakan salah satu rekomendasi dari banyak pantai yang dapat anda kunjungi ketika berada di Mateng, Sulawesi Barat. Pantai tersebut  terletak kurang lebih 7 Km dari Kecamatan Topoyo, berada dalam daerah administrasi desa Tumbu,  kecamatan Topoyo. Pantai dengan garis pesisir panjang dan ditumbuhi oleh bakau (mangrove) ini sering dijadikan sebagai lokasi peribadatan bagi warga Mateng yang beragama Hindu. Seperti diketahui kabupaten Mamuju Tengah memiliki sejumlah atau sekian persen warganya beragama Hindu, mayoritas berasal dari suku Bali, dan juga dalam kegiatan-kegiatan ritual,  seperti halnya yang mereka laksanakan di daerah asal, yaitu Bali. Keramaian tempat ini juga ditandai dengan warga dari umat Hindu dalam memperingati hari-hari besar keagamaan seperti pada saat hari raya Galungan, hari-hari besar umat Hindu Bali menjadi pusat kegiatan peribadatan yang cukup ramai didatangi. Hal serupa sangat mirip seperti  di Bali contoh tanah Lot,  saat-saat ibadah dilakukan di daerah-daerah mendekati pesisir.
7. Wisata Pantai Kambunong

Taken By@mila.hariyanti68
Apabila orang mendengar kata kambonung maka semua akan berfikir pantai yang aneh. Kenapa dikatakan aneh karena pantai ini selain memiliki batu karang dia juga memiliki bebatuan yang sejenis dengan batu gunung. Tapi ketika ketika kita datang kepantai tersebut keanehan itu akan berlalu begitu saja karna kita akan terbius dengan keindahan yang ada dihadapan kita. Jadi buat anda yang penasaran dengan keindahan itu silahkan datang ke Desa Kambunong yang ada di Mamuju Tengah. Jika anda melihat tempat ini, maka di benak anda pasti ada sesuatu yang aneh dengan tempat tersebut. Kenapa demikian? Ya karena tempat tersebut memiliki bebatuan sejenis batu gunung. Keanehan itu juga akan terjawab jika sekiranya mengunjungi wisata pantai Kambunong, dengan alamnya yang indah. Pantai kambunong terletak di desa kambunong, kecamatan karossa. pantai kambunung memiliki keindahan tersendiri selain pantai pasir yang panjang juga yang menjadi daya tarik ialah bongkahan bebatuan besar yang menarik di pesisir dengan terlindungi oleh pepohonan sehingga bagi wisatawan yang berkunjung terhindar dari terik panas matahari.
Tempat tersebut juga termasuk dalam daerah Kecamatan Karossa, dengan daya tariknya yang khas pantai pesisir sangat panjang, menjadi daya tarik tersendiri. Daya tarik tersebut seperti, bongkahan bebatuan yang sangat besar, dan yang terakhir yang paling menarik adalah dilindungi pepohonan sehingga bagi mereka yang berwisata disana akan terlindungi oleh teriknya panas matahari.
8.Wisata Pantai Karossa

Taken By@kabayan___
Karossa merupakan daerah kecamatan yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), mencakup wilayah desa Kambunong hingga Benggaulu. Dan tentu tepatnya pantai karossa disebut oleh masyarakat disana dengan nama Karossa Pantai, letaknya di Kilometer 1 Kecamatan Karossa Induk. Di sana anda dapat menikmati keindahan alam pasir putih, dan angin sepoi-sepoi.
9.Pantai Rangas

Taken By@rezaldisafitri
Siapa yang tak kenal dengan Pantai ini?. Bahkan, siapapun yang datang akan enggan untuk meninggalkan Pantai nan Indah ini. Sebut saja “Pantai Rangas Mamuju”. Kemolekan Pantai ini dapat terlihat dengan adanya hamparan nyiur pohon kelapanya yang rindang, serta pepohonan palem hingga gazebo – gazebo cantik yang berbaris indah, Seakan menunggu siapapun untuk tinggal di dalamnya. Tak hanya itu, salah satu Wisata Pantai hits di Mamuju ini terletak di Area perbukitan, dan lokasinya yang tak jauh dari Pantai Karampuang. Bagaimana? tertarik untuk mengunjunginya?
10.Pantai Dato

Taken By@dilla_nadillah
Bagi siapapaun yang melihatnya, tentu tak kan bisa tenang melihat keindahan pantai satu ini. Pasalnya tak hanya memiliki air laut yang jernih serta tebing karang setinggi 25 meter  yang indah. Faktanya pantai ini juga memiliki pasir putih yang bersih, dengan pemandangan bawah lautnya yang sangat indah, karena banyaknya terumbu karang dan biota lut yang masih terjaga ekosistemnta. Pantai ini bernuansa pantai tropis dan keasriannya masih terjaga dengan baik. Tak sampai disitu, nantinya kalian dapat menyaksikan sunset yang sangat indah di ats puncak tebing. Untuk naik ke atas batu karang atau tebing sendiri, pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas tangga u tuk naik.
Demikianlah artikel mengenai, semoga artikel dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[bp]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel