Breaking

Jumat, 10 Januari 2020

Memilih Investasi Terbaik? Kenali Dulu Apa Itu Reksadana

Pernah mendengar mengenai reksadana? Reksadana disebut-sebut sebagai salah satu jenis investasi terbaik. Terutama untuk para pemilik modal kecil. Namun tentunya, sebelum menggali lebih jauh mengenai cara memilih reksadana, berkenalan dengan salah satu jenis investasi ini sangat penting. Untuk itu, sebelum membahas lebih jauh mengenai seluk beluk reksadana dan juga bentuk investasi lain, mari berkenalan dengan dekat lebih dulu.

Saat berbicara mengenai reksadana, memang mau tak mau terpikirkan tentang produk asuransi terbaik. Padahal asuransi bukanlah reksadana, dan reksadana tentunya juga bukan merupakan salah satu produk asuransi. Pengertian beberapa orang yang menganggap reksadana sebagai saham pun bisa dikatakan tak sepenuhnya benar. Hingga akhirnya banyak yang melakukan kesalahan dalam cara memilih reksadana yang tepat.

Untuk itu, mari berkenalan lebih dulu mengenai apa itu reksadana?

Reksadana merupakan wadah yang nantinya akan menampung uang dari sejumlah pemodal. Uang yang terkumpul dalam reksadana ini akan diinvestasikan ke dalam portofolio efek berdasarkan dari kesepakatan para pemodal oleh manajer investasi. Portofolio efek ini bisa dalam berbagai bentuk. Mulai dari di pasar modal, saham, pendapatan tetap, sampai dengan campuran. Tentunya, mengetahui portofolio efek yang dijalankan oleh manajer investasi merupakan salah satu cara memilih reksadana yang penting untuk diperhatikan dibandingkan lainnya. Pasalnya nantinya, perbedaan investasi di portofolio akan memberikan resiko dan juga keuntungan berbeda.

Jadi, reksadana bukan merupakan saham atau pun produk asuransi terbaik. Reksadana lebih condong pada dimana pemodal memberikan uang kepada manajer investasi, untuk nantinya diinvestasikan ke dalam portofolio yang disepakati. Tentunya, keuntungan akan menjadi milik pemilik modal, dengan adanya beberapa kondisi atau pun potongan untuk manajer investasi. Bila ada kerugian dari portofolio yang dijalankan oleh manajer investasi pun akan menjadi kerugian untuk pemilik modal.

Reksadana memang bukan merupakan bentuk produk asuransi terbaik. Sebaliknya, reksadana justru menjadi salah satu bentuk investasi yang pas bagi mereka dengan pengetahuan kurang di bidang ini. Pasalnya nantinya tak akan berkecimpung secara langsung dan modal dijalankan oleh pihak profesional di bidang tersebut.