18 Tempat Wisata Maros Terkeren dan Kekinian

18 Tempat Wisata Maros Terkeren dan Kekinian – Sahabat seklaian pada kesempatan kali ini Kita akan berbagai artikel menenai tempat wisata di Kabupaten Maros Saat ini. Liburan sudah  jadi kebutuhan manusia. Selain memanjakan mata, liburan juga bisa jadi obat stres lho. Apalagi bagi kamu yang punya segudang aktivitas melelahkan, wajib deh untuk liburan. Nah, buat kamu yang pengen liburan dengan suasana alam yang menyegarkan,  cobain deh main ke Kabupaten Maros. Yups, di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ini punya objek wisata alam yang kece badai. Dijamin deh liburan kamu pasti gak terlupakan.

18 Tempat Wisata di maros Terkeren dan kekinian

1. Puncak Makkaroewa

Objek wisata pertama yang patut untuk kamu kunjungi di Maros adalah Puncak Makkaroewa. Dari tempat ini, kamu bisa melihat pemandangan hutan pinus dan lembah hijau yang kece dari atas ketinggian lho. Pasti indah banget deh menyaksikan percikan kembang api dari tempat ini. Gak cuma itu, di objek wisata ini juga banyak spot foto ala instagramable gitu. Di tempat ini kamu juga bisa berkemah. Pas banget deh untuk kamu datangi bareng keluarga ataupun sahabat kamu. Udaranya yang sejuk dan segar, dijamin deh bakal buat kamu adem dan gak mau pulang. Lokasi objek wisata ini ada di Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan

2. Kawasan Karst Maros

Mengunjungi tempat wisata ini membuat para wisatawan merasa begitu tenang dan senang. Sebab, keindahannya akan terasa begitu indah jika melihat gunung kapur dari dekat. Pegunungan ini juga bisa menjadi sebuah hal yang memberi kepuasan tersendiri jika sudah sampai di lokasi. Karya dan potret keindahan alam yang patut untuk disyukuri. Berfoto di tempat ini akan memberi pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Lokasi Kawasan Karst Maros berada di Desa Salenrang. Tempatnya juga tak jauh dari kampung Rammang-Rammang yang secara administrasi juga ada di Desa Salenrang, tak jauh dari jalan raya lintas provinsi.

3. Wisata Alam Kampung Rammang-Rammang

Keindahan alam yang ada di Rammang-Rammang ini tak bisa diragukan lagi. Sebab, tempat ini menawarkan latar belakang pemandangna gunung-gunung karst dan juga hamparan sawah serta sungai yang eksotis. Pengunjung bisa merasakan sensasi liburan romantis dengan menaiki perahu atau rakit yang ada di sungai Pute. Ada satu yang paling menarik perhatian yakni adanya kabut di pagi hari yang membuatnya makin cantik. Area Wisata Alam Kampung Rammang-rammang ini berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa. Tepatnya ada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan dimana pengunjung juga tak akan kesulitan karena tempatnya tak jauh dari jalan raya lintas provinsi.

4. Bulu Tombolo

Bisa dibilang jika Bulu Tombolo merupakan destinasi wisata terbaru di Maros, yang menyuguhkan pemandangan alam terbuka dari atas ketinggian. Berada di kawasan Taman Nasional Bantimurung, objek wisata ini memanjakan para pengunjungnya dengan panorama alam yang sangat menakjubkan. Namun untuk bisa mencapainya, Anda perlu mengeluarkan usaha yang cukup keras. Meski begitu, ketika sampai di puncak Bulu Tombolo, hamparan sawah serta barisan pegunungan siap menyambut kedatangan pengunjung. Bahkan terdapat beberapa spot foto yang sengaja dibangun oleh pihak pengelola untuk para pengunjungnya. Sehingga Anda bisa mengabadikan momen terbaik sepuasnya dari atas ketinggian dengan background alam terbuka yang menakjubkan.

5. Taman Kupu-Kupu Bantimurung

Mendengar nama tempat ini mungkin tak akan asing lagi. Namanya adalah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Tempat wisata di Maros yang terekspos indah dan memiliki luas sekitar 43.000 hektare dan menyimpan potret keindahan alam yang tak biasa. Tempat ini teerkenal dengan kemegahan karsnya dan ada banyak jenis kupu-kuppu sehingga sering disebut kerajaan kupu-kupu. Disinilah ada sebuah taman yang yang mana kita bsia berdiri di sebuah jembatang gantung untuk mengamatinya.

6. Sungai Pute

Ketika pengunjung datang dan menjelajah menggunakan rakit menyusuri sungai pute maka ada sensasi dan rasa senang tersendiri. Sungai ini menyajikan pemandangan alam yang tak biasa. Pengunjung bisa menyusuri sungai dari dermaga perintis Rammang-Rammang dan menyewa perahu disana. Harga sewa perahu juga beragam tergantung muatan penumpang yakni mulai dari Rp. 200.000 hingga Rp. 350.000. Sebaiknya tak lupa menyiapkan sun block dan makanan selama perjalanan diatas perahu.

7. Leang Petta

Selama perjalanan menuju Leang Petta, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah dan tak kalah dengan lainnya. Pemandangan alam menuju gua memberi kesejukan untuk mata. Sementara di dalam gua terdapat lukisan dinding yang merupakan lukisan dari prasejarah masa lalu. Lukisan dinding ini disekat dengan pintu dan dikunci agar terhindar dari tangan jahil yang merusaknya. Keindahan dari gua bisa memberi pengalaman berbeda karena bentuk guanya juga unik dibanding gua lainnya. Leang Petta berada di dekat Air Terjun Bantimurung. Gua ini diperkirakan ada di tahun 1500 sebelum masehi dan disebut gua karena memang Leang memiliki arti Gua dalam bahasa Maros.

8. Desa Tompobalang

Penduduk lokal di daerah Maros seringkali mendapat para pengunjung dari luar daerah. Terutama mereka yang penasaran dengan keindahan yang dimiliki Desa Tompobalang. Wisata desa ini merupakan objek wisata yang terkenal di kota Maros dan sekitarnya. Selain kebiasaan para warga yang unik, pengunjung juga bisa menikmati udara pagi yang masih begitu alami dan terasa sejuk.

9. Bukit Kanari Cenrana

Konon ceritanya, Bukit Kanari Cenrana ini dikenal sebagai tempat untuk mencari jodoh. Pasalnya, tidak sedikit para pengunjung yang sengaja datang tanpa membawa teman atau memiliki pasangan. Mereka bertujuan agar nantinya setelah pulang dari Bukit Kanari bisa sekaligus membawa gandengan. Mitos semacam inilah yang membuat tempat ini populer di kalangan wisatawan. Ketika berada di destinasi wisata ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan menawan serta memukau. Hal ini disebabkan Bukit Kanari Cenrana berlokasikan di daerah yang masih asri dan sejuk. Lokasi yang sejuk dan asri tersebutlah, menjadi salah satu alasan paling kuat para pengunjung menghabiskan waktunya untuk bersantai sembari menyaksikan keindahan ciptaan sang Maha Kuasa.

10. Air Terjun Lacolla

Tidak hanya Air Terjun Bantimurung tetapi ari terjun Lacolla juga memiliki keindahan tersendiri. Objek wisata ini memang belum teerkspos di media online. Tatapi pengunjung tak akan rugi untuk melihat langsung bagaimana keindahannya. Sebab jarak dari kampung terakhir dengan air terjun kurang lebih 2 km dan dilanjutkan dengan jala kaki menuruni bukit agar sampai sungai sejauh 300 meter. Alamat air terjun lacolla ini berada di Dusun Malaka, Cenrana Baru. Tepatnya di Kabupaten Maros yang mana pengunjung harus menyiapkan kekuatan dan kesehatan fisik agar bisa menuruni 1000 anak tangga dari bukit.

11. Wisata Bulu Saukang

Bulu Saukang merupakan salah satu gunung yang berada di Sulawesi Selatan. Dianggap sebagai simbol perbatasan antara Kabupaten Gowa, Makassar, dan Maros, destinasi wisata ini suguhkan pemandangan alam yang begitu luar biasa. Dari puncak gunungnya, Anda akan menjumpai sebuah tugu batas wilayah yang menyerupai triangulasi puncak layaknya gunung lainnya. Hal unik lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika berada di puncak Bulu Saukang, yakni menyaksikan lanskap beberapa kota yang sangat indah tanpa batas. Selain itu, terdapat pula deretan gunung penyangga langit seperti Bawakaraeng, Lompobattang, dan Bulusaraung yang melengkapi keindahan panoramanya. Jadi jangan heran jika tempat ini selalu dipadati oleh para wisatawan.

12. Leang-Leang

Leang-leang merupakan wisata taman prasejarah yang memberikan wisata sejarah peradaban purbakala. Pengunjung bisa melihat tapak kehidupan sejarah purba dan bisa menemukan berbagai lukisan telapak tangan manusia dan hewan yang ada di dinding dan gua. Ada juga beragam artega yang menjadi bukti dari prasejarah purbakala. Di tempat ini ada begitu banyak bebatuan yang berjejer secara alamiah serta tumbuhan hijau yang terlihat begitu indah dan menakjubkan.

13. Pantai Kuri Caddi

Pantai Kuri Caddi dikenal sebagai salah satu wisata bahari terindah di Matos. Ketika berada di pantai ini, Anda akan menjumpai deburan ombak yang begitu indah. Bila dilihat dari penampilannya, Pantai Kuri Caddi memang tak jauh berbeda dengan Pantai Kuri Maros. Hal ini bisa dilihat dari pasir putihnya yang sangat berkilau tatkala terkena paparan sinar matahari. Bila Anda termasuk orang yang sangat menyukai swafoto, maka tempat ini bisa dijadikan alternatif paling tepat. Pasalnya, pemandangan alamnya yang berupa hamparan pasir putih, deburan ombak yang cukup tenang, serta pepohonan rindang di sekeliling pantai kerap dimanfaatkan sebagai latar belakang yang cukup epik untuk hasil foto kekinian.

14. Air Panas Rea Toa

Nama yang unik untuk nama tempat wisata air panas. Pemandian ini memang tak banyak diketahui karena jarang terekspos. Air panas Rea Toa ini memiliki sumber yang berasal dari air terjun dan berasal dari gunung sehingga masih alami. Pemerintah Kabupaten Maros sendiri juga membangun kolam untuk menampung air panas yang mana sayangnya, tidak begitu terawat. Ada dua kran yang digunakan dengan suhu air yang berbeda yaitu air panas dan air sangat dingin.

15. Danau Kassi Kebo

Wisatawan yang ingin mendapat tempat wisata berbeda juga bisa datang ke Danau Kassi Kebo. Pengunjung memang harus menempuh jarak kurang lebih 800 meter dari Air Terjun Bantimurung. Ada jalan setapak dan ratusan anak tangga kemudian ada pepohonan rindang di pinggirnya dan udara yang masih begitu sejuk. Disamping ada jalan setapak, pengunjung juga bisa melihat adanya aliran sungai yang berwarna hijau tosca dan inilah aliran daari Danau Kassi Kebo. Letak Danau Kassi Kebo ini berada di dalam Taman Nasional Bantimurung, Bulusaurung. Peringatan yang harus diperhatikan adalah tidak mandi atau berenang pada danau ini karena pusaran air di dalamnya yang kuat dan menelan banyak korban.

16. Bukit Tamangura

Tenarnya tempat wisata yang diekspos ke mancanegara memang menarik minat mereka untuk berkunjung. Banyak pelancong dari penjuru dunia untuk bisa menyempatkan diri mencicipi tempat wisata ini. Seperti bukit tamangura yang mana pengunjung bisa menemukan bukit hijau, kars yang menjulang tinggi dan menghasilkan lorong batu yang indah serta batu yang berbentuk hewan. Pengunjung juga bisa datang untuk bermalam dan menikmati keindahan alam yang ada di malam hari.

17. Air Terjun Bantimurung

Destinasi wisata terakhir yang bisa digunakan sebagai alternatif dikala musim liburan tiba yakni Air Terjun Bantimurung. Berlokasikan tidak jauh dari pusat Kota Maros, wisata alam satu ini memang kerap dijadikan sebagai tujuan liburan bersama anggota keluarga. Gemuruh air terjunnya serta pemandangan alam yang sungguh indah, menyatu menjadi perpaduan yang sungguh sempurna. Debit air terjun yang begitu besar, nampak sangat mengagumkan dengan suasana alami di sekitarnya. Ketika berada disini, Anda akan merasakan bagaimana sejuknya percikan air yang terbawa oleh angin serta hawa yang begitu menyejukkan. Terlebih adanya bebatuan pada beberapa sudutnya membuat suasana air terjun sangat nyaman untuk berlama lama disini.

18. Hutan Pinus Tala-Tala

Jika Anda berkunjung di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan, sangat banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi, diantaranya Hutan Pinus Tala-Tala. Belum banyak diketahui oleh wisatawan jika di Maros, memiliki hutan pinus yang masih asri dan sejuk. Hutan pinus di Maros merupakan Kawasan hutan nasional dengan luas kurang lebih 50 hektare, terletak di Dusun Tala-Tala, Kecamatan Tompobulu. Meski pernah terbakar pada tahun 2016 lalu dan membuat beberapa pohon pinus menghitam, namun keindahan hutan pinus di sana masih memberikan keindahan dan kesejukan. Di balik bencana kebakaran yang terjadi di masa lampau, kini hutan pinus Tala-Tala memiliki wajah baru.[bp]