Celuk Swing & Luwak Coffee, Wisata Ayunan Langit di Bali

Bali menyediakan banyak tempat wisata, yang membuat wisatawan tidak pernah bosan menikmati keindahan ketika liburan di pulau tersebut. Pulau Dewata Bali, tidak hanya sekedar pantai pasir putih Kuta, atau sawah teraseringnya tetapi juga sejumlah rekreasi menantang yang mengajak anda untuk menguji nyali. Aktivitas uji adrenalin tersebut sambil menyaksikan keindahan alam sekitarnya menjadi sebuah aktivitas menarik dan banyak diminati wisatawan, dan salah satu atraksi wisata tersebut adalah wahana ayunan atau swing.

Rekreasi berayun di alam bebas, sekarang ini seolah menjadi trend terbaru dalam menikmati  sensasi wisata petualangan di pulau Dewata Bali, dan salah satunya adalah Gunung Sari Celuk Swing siap memberikan pengalaman istimewa bagi anda.

Rekreasi ayunan sekarang ini memang semakin trend saja, termasuk juga di sejumlah objek wisata sengaja menyertakan ayunan tersebut sebagai sebuah ikon untuk bisa anda mengenangnya. Ayunan tersebut banyak ditempatkan di pantai-pantai, selain untuk bermain juga sebagai ikon untuk tempat foto selfie, termasuk juga wilayah pegunungan, salah satunya ayunan yang terletak di puncak wanagiri.

Ayunan di Puncak Wanagiri tersebut bukan sebagai tempat untuk uji adrenalin atau adu nyali, tetapi lebih sebagai tempat untuk foto selfie dengan latar belakang pemandangan danau Buyan. Sedangkan Gunung Sari Celuk Swing adalah tempat dengan wahana ayunan yang akan mengajak anda untuk rekreasi pacu adrenalin, sebuah aktivitas menarik yang bisa memberikan pengalaman liburan baru bagi anda. Celuk Swing & Luwak Coffee atau agrowisata kopi luwak Gunung Sari, lokasinya memang sangat stretegis, di Jalan Jagaraga No. 40 desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Gianyar, termasuk juga berdekatan dengan kawasan pariwisata Ubud. Tempat rekreasi berayun di Celuk Gianyar ini berada pada perjalanan searah saat anda mengagendakan tour di Bali dengan tujuan ke pengrajin emas dan perak di desa Celuk, pasar seni Sukawati, Ubud ataupun Kintamani, berdekatan juga dengan kebun binatang Bali Zoo Park.

Sehingga anda yang mengagendakan tour di seputaran kawasan ini seperti juga ke arah objek wisata air terjun Tegenungan di Sukawati, maka Gunung Sari Celuk Swing ini lokasinya berdekatan, sehingga tidak perlu membuang banyak waktu di perjalanan.

Ayunan memang identik dengan permainan anak-anak, namun sekarang permainan tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah permainan yang menarik bagi orang dewasa, mereka yang menyukai tantangan dan ketinggian, bisa sebagai tempat atau ajang uji nyali.

Tapi mereka yang fobia akan ketinggian tentunya tidak cocok dengan permainan tersebut. Gunung Sari Celuk Swing di Gianyar ini juga merupakan tempat agro wisata kopi luwak populer, yang menyediakan wisata ke perkebunan kopi berikut proses pengolahan kopi sampai menjadi serbuk kopi luwak dengan cara-cara tradisional.

Gunung Sari Celuk Swing di Gianyar ini terus berbenah tidak hanya menyediakan agrowisata kopi luwak saja tetapi melengkapi agro wisata tersebut dengan wahana ayunan yang sekarang trend dan bisa menjadi rekreasi terbaru di wilayah Gianyar Bali. Tempat rekreasi menantang ini berada di jalur wisata dan berdekatan dengan pusat pariwisata di wilayah Bali Selatan seperti Kuta, Nusa Dua dan Canggu, berdekatan juga dengan pusat kota Denpasar, sehingga menjadi tujuan tour yang cukup populer.

 

Wahana ayunan yang ditawarkan di Gunung Sari memang tergolong baru dan mulai dibuka sekitar bulan Pebruari 2018. Sebagai tempat wisata agro kopi tentunya wahana ayunan yang ditawarkan akan menjadi daya tarik tersendiri. Selain menikmati perkebunan kopi, aktivitas hewan luwak, serta proses pengolahan sampai menjadi kopi serbuk, anda juga bisa menikmati wahana menantang seperti ayunan.

Memang sekarang ini, agrowisata yang bergerak dalam perkebunan kopi luwak, mengemas sedemikian rupa tempatnya, agar membuat wisatawan betah berlama-lama, bahkan pengunjung bisa mencicipi gratis, contoh-contoh produk yang dihasilkan oleh agrowisata tersebut.

Termasuk juga keberadaan Gunung Sari Celuk Swing, pengunjung akan diantar oleh seorang guide atau pemandu untuk tour keliling perkebunan dan mengenalkan proses pengolahan kopi luwak tersebut. Kemudian jika anda mau menikmati sensasi berayun, maka anda bisa mencobanya, merasakan berayun dan menikmati ketinggian di atas lembah.

Gunung Sari Celuk Swing di Gianyar ini terdapat dua buah ayunan yang bisa memanjakan keinginan anda untuk berayun di atas lembah sungai. Sambil berayun, anda menikmati pemandangan lembah hijau yang dipenuhi pepohonan tropis dan pohon kelapa dari atas ayunan menjadi sensasi tersendiri. Merasakan sensasi terlempar dan terayun ke udara, tubuh terasa melayang mendekati langit, kemudian berayun lagi ke belakang, dengan perasaan ngeri dan fun bercampur aduk, siap memacu adrenalin anda. Ukuran tempat duduk dan tinggi ayunan bisa diatur sesuai panjang kaki orang dewasa.

Sensasi melayang di atas ketinggian dan berada di atas lembah sungai dengan kedalam 15 meter tersebut, akan memberikan pengalaman wisata petualangan seru. Selain itu di Gunung Sari Celuk Swing disediakan juga tempat foto selfie dengan pemandangan alam cantik, termasuk juga tempat untuk mengambil foto bagi mereka yang sedang bermain ayunan. Rekreasi ekstrim di desa Celuk Gianyar ini sekarang sudah mulai dikenal warga dan wisatawan, sehingga setiap harinya selalu dikunjungi wisatawan, ini membuktikan apa yang ditawarkan di sini memiliki kelebihan tersendiri. Termasuk juga mereka tour guide dan supir wisata memang cukup merekomendasikan Gunung Sari Celuk Swing ini karena lokasinya strategis dan harganya lebih murah dibandingkan atraksi swing di kawasan pariwisata Ubud lainnya.




















Bermain di ketinggian, tentu faktor keselamatan sangat diperhatikan, peralatan disesuaikan dengan keamanan standar, setiap pemain dipasangi harnes untuk keamanan, tali yang digunakan untuk ayunan tersebut mampu menahan beban sampai 200kg. Walaupun menantang tetapi rekreasi ini tidak menakutkan, sangat fun dan sanggup memberikan pengalaman liburan dengan aktivitas petualangan yang wajib dinikmati dan dikenang. Sebuah tempat yang ideal untuk melepas penat setelah seharian beraktifitas. Celuk swing buka dari pukul 09.00 – 18.00 wita. Tiket untuk permainan ayunan di Gunung Sari Celuk Swing dan Luwak Coffee ini Rp 150.000/orang untuk wisatawan dan Rp 50.000/warga lokal (KTP Bali) sudah termasuk icicp-icip kopi gratis produk agro wisata tersebut.[bp]