Mendaki Gunung Bulu Saukang, Gunung Terdekat dari Kota Makassar

Mendaki Gunung Bulu Saukang, Gunung Terdekat dari Kota Makassar - Pendakian umumnya merujuk pada perjalanan panjang dan penuh semangat yang biasanya melewati jalan kecil di area pedalaman. Di Indonesia, pendakian ini identik dengan perjalanan menuju puncak gunung. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh klub-klub pecinta alam. Ada kalanya dalam pendakian perjalanan harus melalui hutan lebat, dan harus memotong semak-semak untuk membuat jalur yang bisa dilewati. Pendakian ini bisa menghabiskan waktu lebih dari 1 hari perjalanan. 

Peralatan yang dibutuhkan dalam pendakian sebenarnya bergantung pada tingkat kesulitan medan dan estimasi waktu pendakian yang diperlukan. Tetapi setidaknya bagi pendaki harian harus membawa setidaknya air minum, makanan, map dan perlengkapan untuk melindungi dari hujan. Biasanya, sepatu yang digunakan untuk mendaki gunung adalah sepatu boot dan tas ransel sebagai perlindungan untuk melewati wilayah bebatuan serta baik untuk membantu menjaga keseimbangan. Beberapa peralatan lain yang penting bagi pendaki adalah kompas, kacamata hitam, baju hangat, topi, sarung tangan, tongkat untuk mendaki, senter, peralatan P3K, pemantik api dan sebuah pisau. Peta atau peralatan GPS juga merupakan peralatan penting yang harus dibawa sebagai panduan perjalanan.
Bulu Saukang adalah salah satu gunung di Sulawesi Selatan yang menjadi simbol perbatasan kabupaten Gowa, Makassar dan Maros. Di Puncak gunung, terdapat tugu batas wilayah menyerupai trianggulasi puncak seperti gunung-gunung lainya di Sulawesi Selatan. Uniknya, berada di Puncak kamu bisa memandangi landscape indah tanpa batas dengan deretan gunung penyangga langit seperti Bawakaraeng, Lompobattang hingga Bulusaraung. Bila kamu memalingkan muka ke sisi lainnya, terhampar kota Makassar dengan bias-bias biru lautan lepas. Berfoto di sini akan menghasilkan capture yang instagramable. Lokasi: Benteng Gajah, Kecamatan Tompo Bulu, Kebupaten Maros, Sulawesi Selatan.

















Bulu Saukang, dalam bahasa Bugis, Bulu berarti gunung,  sedangkan Saukang dalam bahasa Bugis identik dengan tempat pemujaaan atau tempat untuk berdoa, mungkin istilah ini digunakan pada kepercayaan masa lampau. Tapi memang benar, tempat ini wajib banget mengingatkan kita akan kebesaran Tuhan, viewnya superindah, perjalanan mendaki tadi, ngos-ngosan, terbayar ketika tiba di puncak dengan view sekitar Bulu Saukang.
Lokasi Gunung Bulu Saukang Maros
Video Gunung Bulu Saukang Maros

Posting Komentar

0 Komentar